Umum

Pengertian Iffah Menjaga Kehormatan

×

Pengertian Iffah Menjaga Kehormatan

Share this article

Iffah adalah sebuah konsep dalam Islam yang mengacu pada kesucian dan kemurnian hati serta tubuh. Iffah juga berarti menjaga kehormatan diri sendiri dan orang lain. Iffah menjadi penting karena manusia sebagai makhluk sosial harus mampu menjaga diri agar tidak merugikan orang lain.

Pentingnya Iffah dalam Islam

Dalam Islam, Iffah dianggap sebagai bagian dari akhlak mulia yang harus dimiliki oleh setiap muslim. Iffah menjadi penting karena dengan memiliki iffah, seseorang dapat menghindari perbuatan zina, perilaku yang tidak senonoh, dan tindakan-tindakan yang dapat merugikan diri sendiri dan orang lain. Iffah juga menjadi salah satu cara untuk memperoleh ridha Allah SWT.

Menjaga Kehormatan Melalui Iffah

Iffah dapat diwujudkan dengan cara menjaga kehormatan diri sendiri dan orang lain. Salah satu bentuk menjaga kehormatan adalah dengan tidak melakukan perbuatan yang merugikan diri sendiri dan orang lain, seperti melakukan hubungan seksual di luar nikah atau memperlihatkan aurat kepada orang lain.

Selain itu, menjaga kehormatan juga dapat dilakukan dengan cara menghormati orang lain dan tidak melakukan tindakan yang dapat merugikan mereka. Misalnya, tidak melakukan tindakan kekerasan atau menghina orang lain.

Pos Terkait:  Penghancuran Kabah oleh Dzussuwaiqatain di Akhir Zaman

Iffah dalam Pernikahan

Iffah juga sangat penting dalam hubungan pernikahan. Seorang suami atau istri harus mampu menjaga kehormatan dirinya sendiri dan pasangan, serta tidak melakukan tindakan yang merugikan pasangan. Salah satu bentuk menjaga kehormatan dalam pernikahan adalah dengan tidak melakukan perselingkuhan atau tindakan yang dapat merusak hubungan suami istri.

Manfaat Iffah

Menjaga iffah memiliki banyak manfaat, baik bagi diri sendiri maupun orang lain. Beberapa manfaat dari menjaga iffah antara lain:

  • Memperoleh ridha Allah SWT
  • Mendapatkan kebahagiaan dalam hidup
  • Menjaga kesehatan fisik dan mental
  • Menjaga hubungan baik dengan orang lain
  • Menjaga kepercayaan diri

Kesimpulan

Secara singkat, iffah adalah konsep dalam Islam yang mengacu pada kesucian dan kemurnian hati serta tubuh. Menjaga iffah sangat penting dalam Islam karena dengan memiliki iffah, seseorang dapat menghindari perbuatan zina, perilaku yang tidak senonoh, dan tindakan-tindakan yang dapat merugikan diri sendiri dan orang lain. Menjaga iffah juga dapat membawa banyak manfaat, baik bagi diri sendiri maupun orang lain.