Umum

Nama Lain Hari Kiamat

×

Nama Lain Hari Kiamat

Share this article

Apakah Anda tahu nama-nama lain dari Hari Kiamat? Hari Kiamat adalah hari terakhir dunia sebelum akhirat. Menurut agama Islam, pada hari itu, semua manusia akan dibangkitkan dari kubur dan dihisab atas segala perbuatan yang pernah dilakukan selama hidup di dunia ini.

1. Yaumul Hisab

Yaumul Hisab adalah nama lain untuk Hari Kiamat. Dalam bahasa Arab, yaumul artinya hari, dan hisab artinya perhitungan atau hisab. Jadi, Yaumul Hisab berarti hari perhitungan. Pada hari itu, semua orang akan dihisab dan diberikan balasan atas perbuatannya.

2. Yaumul Qiyamah

Yaumul Qiyamah juga merupakan nama lain untuk Hari Kiamat. Dalam bahasa Arab, qiyamah artinya kebangkitan atau kebangkitan dari kematian. Pada hari itu, semua orang akan bangkit dari kubur dan dibangkitkan untuk dihisab atas perbuatan mereka selama hidup di dunia ini.

3. As-Sa’ah

As-Sa’ah artinya saat atau waktu dalam bahasa Arab. As-Sa’ah juga digunakan sebagai nama lain untuk Hari Kiamat. Pada hari itu, akan ada saat atau waktu di mana semua manusia akan dihisab dan mendapat balasan atas perbuatannya.

4. Al-Qariah

Al-Qariah juga merupakan nama lain untuk Hari Kiamat. Dalam bahasa Arab, al-qariah artinya kehancuran atau bencana besar. Pada hari itu, akan terjadi kehancuran besar di dunia ini sebelum akhirat dimulai.

5. Al-Haqqah

Al-Haqqah artinya kenyataan atau kebenaran dalam bahasa Arab. Al-Haqqah juga digunakan sebagai nama lain untuk Hari Kiamat. Pada hari itu, semua manusia akan menyadari kebenaran dan kenyataan tentang hidup di dunia ini dan akhirat yang akan datang.

6. At-Tammah

At-Tammah artinya kehancuran yang sempurna atau akhir yang pasti dalam bahasa Arab. At-Tammah juga digunakan sebagai nama lain untuk Hari Kiamat. Pada hari itu, akan terjadi kehancuran yang sempurna dan akhir yang pasti bagi dunia ini.

Pos Terkait:  Seluas Apa Surga Ini Kata Nabi: Menjelajahi Keindahan Surga dalam Islam

7. Al-Qiyamah

Al-Qiyamah juga merupakan nama lain untuk Hari Kiamat. Dalam bahasa Arab, al-qiyamah artinya kebangkitan atau kebangkitan dari kematian. Pada hari itu, semua orang akan bangkit dari kubur dan dihisab atas perbuatannya selama hidup di dunia ini.

8. Al-Hisab

Al-Hisab artinya perhitungan dalam bahasa Arab. Al-Hisab juga digunakan sebagai nama lain untuk Hari Kiamat. Pada hari itu, semua manusia akan dihisab dan diberikan balasan atas perbuatan mereka selama hidup di dunia ini.

9. Al-Haqq

Al-Haqq artinya kebenaran dalam bahasa Arab. Al-Haqq juga digunakan sebagai nama lain untuk Hari Kiamat. Pada hari itu, semua manusia akan menyadari kebenaran tentang hidup di dunia ini dan akhirat yang akan datang.

10. Al-Khuruj

Al-Khuruj artinya keluar atau bangkit dalam bahasa Arab. Al-Khuruj juga digunakan sebagai nama lain untuk Hari Kiamat. Pada hari itu, semua manusia akan keluar dari kubur dan bangkit untuk dihisab atas perbuatan mereka selama hidup di dunia ini.

11. Ar-Raj’ah

Ar-Raj’ah artinya kembali dalam bahasa Arab. Ar-Raj’ah juga digunakan sebagai nama lain untuk Hari Kiamat. Pada hari itu, semua orang akan kembali ke dunia ini untuk diberikan kesempatan untuk memperbaiki perbuatannya selama hidup di dunia ini.

12. Al-Harith

Al-Harith artinya pembawa berita dalam bahasa Arab. Al-Harith juga digunakan sebagai nama lain untuk Hari Kiamat. Pada hari itu, semua manusia akan mendapat berita tentang akhirat dan balasan atas perbuatannya selama hidup di dunia ini.

13. An-Nashr

An-Nashr artinya kemenangan dalam bahasa Arab. An-Nashr juga digunakan sebagai nama lain untuk Hari Kiamat. Pada hari itu, akan terjadi kemenangan bagi orang-orang yang beriman dan beramal shaleh.

14. Al-Waqi’ah

Al-Waqi’ah artinya peristiwa yang pasti terjadi dalam bahasa Arab. Al-Waqi’ah juga digunakan sebagai nama lain untuk Hari Kiamat. Pada hari itu, akan terjadi peristiwa yang pasti terjadi bagi semua manusia di dunia ini.

15. Al-Mash’ar

Al-Mash’ar artinya tempat berkumpul dalam bahasa Arab. Al-Mash’ar juga digunakan sebagai nama lain untuk Hari Kiamat. Pada hari itu, semua manusia akan berkumpul di satu tempat untuk dihisab dan diberikan balasan atas perbuatan mereka selama hidup di dunia ini.

Pos Terkait:  Ciri-Ciri Orang Berilmu dan Perilaku

16. Al-Haqqul Mubin

Al-Haqqul Mubin artinya kebenaran yang nyata dalam bahasa Arab. Al-Haqqul Mubin juga digunakan sebagai nama lain untuk Hari Kiamat. Pada hari itu, semua manusia akan menyadari kebenaran tentang hidup di dunia ini dan akhirat yang akan datang.

17. Al-Yawm Al-Akhir

Al-Yawm Al-Akhir artinya hari terakhir dalam bahasa Arab. Al-Yawm Al-Akhir juga digunakan sebagai nama lain untuk Hari Kiamat. Pada hari itu, akan terjadi hari terakhir bagi dunia ini sebelum akhirat dimulai.

18. Al-Fath

Al-Fath artinya kemenangan dalam bahasa Arab. Al-Fath juga digunakan sebagai nama lain untuk Hari Kiamat. Pada hari itu, akan terjadi kemenangan bagi orang-orang yang beriman dan beramal shaleh.

19. Al-Jazaa’

Al-Jazaa’ artinya balasan dalam bahasa Arab. Al-Jazaa’ juga digunakan sebagai nama lain untuk Hari Kiamat. Pada hari itu, semua manusia akan diberikan balasan atas perbuatannya selama hidup di dunia ini.

20. Al-Ghashiyah

Al-Ghashiyah artinya kegelapan atau kesedihan dalam bahasa Arab. Al-Ghashiyah juga digunakan sebagai nama lain untuk Hari Kiamat. Pada hari itu, akan terjadi kegelapan dan kesedihan bagi orang-orang yang tidak beriman dan tidak beramal shaleh.

21. Al-Quboor

Al-Quboor artinya kuburan dalam bahasa Arab. Al-Quboor juga digunakan sebagai nama lain untuk Hari Kiamat. Pada hari itu, semua orang akan keluar dari kubur dan bangkit untuk dihisab atas perbuatan mereka selama hidup di dunia ini.

22. Al-Jam’iah

Al-Jam’iah artinya pengumpulan dalam bahasa Arab. Al-Jam’iah juga digunakan sebagai nama lain untuk Hari Kiamat. Pada hari itu, semua manusia akan dikumpulkan untuk dihisab dan diberikan balasan atas perbuatannya selama hidup di dunia ini.

23. Al-Majmu’ah

Al-Majmu’ah artinya yang dikumpulkan atau yang terkumpul dalam bahasa Arab. Al-Majmu’ah juga digunakan sebagai nama lain untuk Hari Kiamat. Pada hari itu, semua manusia akan dikumpulkan atau terkumpul untuk dihisab dan diberikan balasan atas perbuatannya selama hidup di dunia ini.

Pos Terkait:  Keutamaan Mendoakan Orang Lain dengan Tulus dan Ikhlas

24. Al-Ma’arij

Al-Ma’arij artinya tempat naik atau tangga dalam bahasa Arab. Al-Ma’arij juga digunakan sebagai nama lain untuk Hari Kiamat. Pada hari itu, semua manusia akan naik ke tempat yang tinggi untuk dihisab dan diberikan balasan atas perbuatannya selama hidup di dunia ini.

25. Al-Qasas

Al-Qasas artinya cerita atau kisah dalam bahasa Arab. Al-Qasas juga digunakan sebagai nama lain untuk Hari Kiamat. Pada hari itu, semua manusia akan mengetahui cerita atau kisah tentang hidup di dunia ini dan akhirat yang akan datang.

26. Al-Hashr

Al-Hashr artinya pengusiran atau penghalauan dalam bahasa Arab. Al-Hashr juga digunakan sebagai nama lain untuk Hari Kiamat. Pada hari itu, semua orang akan diusir atau dihalau dari tempat mereka masing-masing untuk dihisab dan diberikan balasan atas perbuatannya selama hidup di dunia ini.

27. Al-Haqqul Yaqin

Al-Haqqul Yaqin artinya kebenaran yang pasti dalam bahasa Arab. Al-Haqqul Yaqin juga digunakan sebagai nama lain untuk Hari Kiamat. Pada hari itu, semua manusia akan menyadari kebenaran tentang hidup di dunia ini dan akhirat yang akan datang dengan pasti.

28. Ad-Dukhan

Ad-Dukhan artinya asap dalam bahasa Arab. Ad-Dukhan juga digunakan sebagai nama lain untuk Hari Kiamat. Pada hari itu, akan terjadi asap dan kabut yang menutupi langit sebelum akhirat dimulai.

29. Al-Malakiyah

Al-Malakiyah artinya kerajaan atau kekuasaan dalam bahasa Arab. Al-Malakiyah juga digunakan sebagai nama lain untuk Hari Kiamat. Pada hari itu, akan terjadi kerajaan atau kekuasaan Allah yang mutlak di atas segala sesuatu.

30. Al-Adzab

Al-Adzab artinya siksa atau hukuman dalam bahasa Arab. Al-Adzab juga digunakan sebagai nama lain untuk Hari Kiamat. Pada hari itu, semua manusia akan mendapat siksa atau hukuman atas perbuatannya selama hidup di dunia ini.

Itulah beberapa nama lain dari Hari Kiamat. Semoga artikel ini dapat memberikan informasi dan pengetahuan baru bagi Anda. Ingatlah bahwa kematian dan akhirat adalah hal yang pasti terjadi, oleh karena itu, persiapkanlah diri Anda dengan baik untuk menghadapinya.

Salam,

Penulis