Menu

Mode Gelap

Tafsir

7 Fungsi dan Manfaat Al-Qur’an Dalam Kehidupan Sehari-hari


 7 Fungsi dan Manfaat Al-Qur’an Dalam Kehidupan Sehari-hari Perbesar

7 Fungsi dan Manfaat Al-Qur’an Dalam Kehidupan Sehari-hari

Advertisements

Iqipedia.com – Al-Qur’an merupakan kalamullah terakhir yang diwahyukan Allah SWT kepada Nabi Muhammad SAW, dimana al-qur’an merupakan penyempurna bagi kitab-kitab yang diturunkan Allah SWT kepada para nabi dan rasul-Nya terdahulu seperti Taurat yang diturunkan kepada Nabi Musa, Injil diwahyukan kepada Nabi Isa, Zabur yang diberikan kepada Nabi Dawud, al-qur’an memiliki fungsi yang lebih luas daripada kitab-kitab sebelumnya. 

       Umat muslim percaya bahwa al-qur’an di firmankan langsung oleh Allah SWT kepada Nabi Muhammad SAW melalui malaikat Jibril, secara berangsur-angsur selama 23 tahun selama 2 fase, yakni 13 tahun fase sebelum nabi hijrah ke Madinah dan 10 tahun sesudah hijrahnya nabi ke Madinah. Al-qur’an terdiri dari 30 juz, 114 surat, 6.236 ayat, 74.437 kalimat, 325.345 huruf, 19/30 ( 86 surat ) untuk ayat Makkiyah dan 11/30 ( 28 ayat ) untuk ayat Madaniyyah. 

       Umat muslim menghormati al-qur’an sebagai sebuah mukjizat terbesar Nabi Muhammad SAW, sebagai salah satu tanda dari kenabian, dan merupakan puncak dari seluruh pesan suci  (wahyu) yang diturunkan oleh Allah sejak Nabi Adam dan diakhiri dengan Nabi Muhammad. Kata “ Qur’an ” disebutkan sebanyak 70 kali di dalam al-qur’an itu sendiri. 

       Al-Qur’an adalah kitab suci terakhir yang diturunkan Allah SWT kepada manusia. Fungsi al-qur’an ada beberapa macam mulai dari fungsi al-qur’an dalam agama Islam, fungsi al-qur’an dalam kehidupan sehari-harii manusia, dan fungsi al-qur’an sebagai sumber ilmu. Wahyu al-qur’an dianggap oleh umat Islam sebagai firman suci Allah SWT, yang dimaksudkan untuk memperbaiki kesalahan dalam kitab suci sebelumnya. Al-qur’an mengandung banyak pokok ajaran sehingga seluruh hidup dan kehidupan ini menjadi teratur. 

Advertisements
 Manfaat Al-Qur’an Dalam Kehidupan 

Adapun manfaat al-Qur’an dalam kehidupan manusia, antara lain : 

1. Sebagai petunjuk jalan yang lurus 

     Al-Qur’an memberikan petunjuk agar umat manusia dapat terus berjalan di jalan yang lurus. Yang di maksud adalah manusia harus hidup dengan baik dan benar atau dalam istilahnya adalah di jalan yang lurus. Di dalam al-qur’an sudah dijelaskan, mana yang salah dan mana yang benar, serta peringatan-peringatan agar terus bertakwa kepada Allah SWT. 

2. Merupakan mukjizat bagi Nabi Muhammad SAW 

     Al-Qur’an adalah mukjizat yang diberikan kepada Nabi Muhammad SAW. Berbeda dengan nabi-nabi lainnya yang diberikan mukjizat seperti dapat berbicara dengan binatang, menyembuhkan penyakit, dan lain sebagainya. Al-qur’an merupakan sumber dari segala sumber hukum dan penyempurna dari kitab-kitab yang terdahulu.

3. Menjelaskan Kepribadian Manusia 

     Fungsi al-Qur’an selanjutnya adalah menjelaskan kepribadian manusia dibandingkan dengan makhluk lainnya yang ada di muka bumi. Manusia adalah makhluk yang diberikan akal, bisa membedakan baik dan buruk, dan membuatnya berbeda dengan binatang yang sama-sama ciptaan Allah SWT. 

Advertisements
4. Merupakan Penyempurna bagi kitab-kitab sebelumnya 

     Sebelum al-Qur’an, ada beberapa kitab Allah SWT yang juga diturunkan kepada para nabi, seperti Injil, Taurat, dan Zabur. Kitab-kitab Allah SWT sebelumnya, ditujukan hanya pada umat pada zaman tersebut saja, berbeda dengan al-qur’an yang digunakan sampai akhir zaman. 

5. Tuntunan dan hukum untuk menjalani kehidupan 

     Al-Qur’an berisi tentang hukum dan juga tuntunan manusia dalam menjalani kehidupan di dunia. Di dalam al-qur’an mengatur bagaimana tentang berhubungan dengan orang lain, berdagang, warisan, zakat, dan lain sebagainya. 

6. Al-Qur’an Dapat Memperkuat Keimanan 

     Dengan membaca al-qur’an, mempelajarinya dan mengamalkannya, kitab bisa memantapkan iman kita. Isi al-qur’an akan membuat kita semakin yakin bahwa agama Islam adalah agama yang memang harus dianut. 

7. Menjelaskan masalah yang pernah diperselisihkan umat sebelumnya 

     Di dalam al-qur’an terdapat cerita-cerita dari masa lalu, berdasarkan kisah umat terdahulu, kitab bisa belajar agar tidak mengulangi kesalahan yang pernah mereka baut sebelumnya. 

Advertisements

   Jadi, itulah beberapa manfaat yang luar biasa dari kitab suci al-qur’an yang perlu kita ketahui. Dengan mengetahui manfaat apa yang terdapat dalam al-qur’an, kita sebagai seorang muslim tentu seharusnya menjadi lebih baik dalam menjalankan kehidupan di dunia ini.

Baca Juga: Dasar-Dasar Moderasi dalam Pendidikan Islam Perspektif Al-Qur’an

Penulis: Robiyatul Adawiyah

Komentar
Advertisements

Advertisements
Artikel ini telah dibaca 45 kali

Baca Lainnya

Pengertian Al-Qur’an dan Tujuan Al-Quran di Turunkan

20 Juli 2022 - 11:53

Al-Quran

Dasar-Dasar Moderasi dalam Pendidikan Islam Perspektif Al-Qur’an

20 Juli 2022 - 11:34

Moderasi Pendidikan Islam

Membangun Kerukunan Antar Umat Beragama

14 Juni 2022 - 15:38

Kerukunan antar umat beragama

Pendidikan Anak Dalam Islam

25 Mei 2022 - 00:20

Pendidikan anak dalam Islam

Syarat Poligami dalam Al-Quran

10 Mei 2022 - 17:22

poligami

Nama-Nama Surga, Tingkatan, Penghuninya, Menurut Al-Quran

9 Mei 2022 - 15:56

Nama surga
Trending di Islam Edu