Menu

Mode Gelap

Islam Edu

Nama-Nama Surga, Tingkatan, Penghuninya, Menurut Al-Quran


 Nama surga Perbesar

Nama surga

Advertisements

Iqipedia.com – Surga adalah tempat di akhirat yang di penuhi dengan keniktan dan bidadari. Nama-nama surga sudah di jelaskan dalam Al-Quran dan hadis. Walaupun Surga di ciptakan untuk balasan bagi orang-orang yang  taat kepada Allah Swt. dan selalu menjahui larangan Allah Swt. Tetapi Surga tetap mejadi impian semua orang, tak terkecuali orang baik, sholeh atau orang jahat dan dhalim. Dari beberapa literatur keislaman, surga memiliki derajat, yang satu dengan lainnya tidak sama. Berikut ini akan kami ulas tingkatan-tengkatan surga yang ada di akhirat.

Nama Surga Pertama, Surga Firdaus

Surga firdaus adalah surga dikelilingi dan diliputi oleh banyak pohon, yang kebanyakan adalah pohon anggur. Disebut dengan “firdaus” karena dikelilingi dan diliputi oleh banyak pohon, yang kebanyakan adalah pohon anggur. Ada pula yang mengatakan, firdaus artinya lembah-lembah yang ditumbuhi berbagai macam tumbuhan.

Siapa pun yang berada di dalamnya akan kekal, tidak akan merasa jenuh atau bosan, layaknya para penghuni dunia. Tatkala mendapat satu nikmat, mereka ingin beralih kepada nikmat lain yang lebih besar. Layaknya manusia di dunia, yang menginginkan banyak kenikmatan. Apa pun yang di inginkan penghuni surga ini, pasti akan tersaji dan sudah disiapkan.

Surga firdaus adalah surga tertinggi. Dalam sebuah hadis riwayat ‘Ubadah ibn al-Shamit rasulullah Saw. bersabda, “Sesungguhnya surga itu memiliki seratus derajat. Satu derajat dengan derajat lainnya laksana antara langit dan bumi. Surga Firdaus adalah derajat yang tertinggi. Darinya memancar sungai-sungai surga yang empat. Jika kalian memohon surga, maka mohonlah surga Firdaus”.

Advertisements

Surga ini di siapkan bagi orang-orang yang khusyuk dan memelihara shalatnya, yang menjauhkan diri dari perbuatan yang tidak berfaidah, menunaikan zakat, menjaga kemaluannya, menjaga amanah dan janji. Allah Swt. Berfirman:

الَّذِيۡنَ هُمۡ لِاَمٰنٰتِهِمۡ وَعَهۡدِهِمۡ رَاعُوۡنَوَالَّذِيۡنَ هُمۡ عَلٰى صَلَوٰتِهِمۡ يُحَافِظُوۡنَ‌ۘ اُولٰٓٮِٕكَ هُمُ الْوٰرِثُوْن الَّذِيۡنَ يَرِثُوۡنَ الۡفِرۡدَوۡسَؕ هُمۡ فِيۡهَا خٰلِدُوۡنَ

Artinya: “orang-orang yang memelihara amanat-amanat (yang dipikulnya) dan janjinya. Dan orang-orang yang memelihara sholatnya. Mereka itulah orang-orang yang akan mewarisi. (Yakni) yang akan mewarisi surga Firdaus. Mereka kekal di dalamnya” (QS. Al Mu’minun:1-11)

Nama Surga Kedua, Surga ‘Adn

surga ‘Adn adalah sebuah surga yang terbuat dari permata putih yang menyilaukan mata. Surga ini belum pernah diperlihatkan kepada seorang pun walaupun nabi atau malaikat.  Surga ini dijanjikan Allah untuk para nabi ulul ‘azmi, para syuhada, para pemimpin yang adil, dan para mujahidin.

Advertisements

Mereka memperoleh tempat sedemikian baikknya, karena mereka adalah orang-orang yang unggul dalam perbuatannya,  oleh karena itu maka sudah selayaknya di beri balasan pahala yang tertinggi sebagai balasan amalnya selama hidupnya. Dalam sebuah hadis qudsi, Allah berfirman kepada surga ini, “masuklah dan Berbahagialah”.

Imam al-Mawardi dalam Tafsirnya menjelaskan lebih detail lagi tentang gambaran surga ini:

surga ‘Adn adalah surga keabadian dan tempat kediaman;

surga ‘Adn adalah taman-taman yang penuh dengan pohon delima dan anggur, sebagaimana riwayat Ibn ‘Abbas;

Advertisements

‘Adn sendiri adalah sebuah nama yang ada di tengah-tengah surga, sebagaimana riwayat ‘Abdullah ibn Mas‘ud;

nama ‘Adn sendiri adalah sebuah nama istana di surga, sebagaimana riwayat ‘Amr ibn al-Ash dan al-Hasan;

surga ‘Adn surga yang berada di langit tertinggi, tidak ada yang memasukinya kecuali para nabi, orang-orang shiddiq, para syuhada, dan para pemimpin yang adil.

Nama Surga Ketiga, Surga Ma’wa

Surga ma’wa  adalah Surga diciptakan oleh Allah swt dari zamrud hijau.

Advertisements

Menurut  Ibn ‘Abbas, al-Thabari,  surga ini berada di dekat Sidratul Muntaha, tepatnya di sebelah kanan ‘Arasy (QS : 15).

Surga ma’wa adalah tempat untuk bagi orang-orang beriman, beramal sholeh, takut kepada kepada Allah, dan senantiasa menjaga dari hawa nafsunya.  Hal ini difirmankan allah dalam al-Quran:

اَمَّا الَّذِيۡنَ اٰمَنُوۡا وَعَمِلُوا الصّٰلِحٰتِ فَلَهُمۡ جَنّٰتُ الۡمَاۡوٰى نُزُلًاۢ بِمَا كَانُوۡا يَعۡمَلُوۡنَ

Artinya: “Adapun orang-orang yang beriman dan mengerjakan amal-amal saleh, maka bagi mereka surga-surga tempat kediaman, sebagai pahala terhadap apa yang telah mereka kerjakan.” (QS. As-Sajdah:19).

Advertisements

وَاَمَّا مَنۡ خَافَ مَقَامَ رَبِّهٖ وَ نَهَى النَّفۡسَ عَنِ الۡهَوٰىۙ فَاِنَّ الۡجَـنَّةَ هِىَ الۡمَاۡوٰىؕ

Artinya: “Dan adapun orang-orang yang takut kepada kebesaran Tuhannya dan menahan diri dari keinginan hawa nafsunya. maka sesungguhnya syurgalah tempat tinggalnya”. (QS. An-Nazi’at:40-41)

Dalam  hadis riwayat  al-Hakam ibn ‘Umair, Rasulullah saw. bersabda:

“Malulah kalian kepada Allah, peliharalah kepala dan anggota tubuh di dalamnya, peliharalah perut dan isinya, ingatlah kalian kepada kematian dan kehancuran. Siapa saja yang melakukan semua itu, maka balasannya adalah surga Ma’wa.” (H.R. al-Thabrani).

Advertisements
Nama Surga Keempat, Surga Na‘im

Surga naim dalah surga yang diciptakan oleh Allah swt dari perak putih. Surga ini berada di antara surga Firdaus dan surga ‘Adn. Adapun para penghuninya disebutkan oleh Allah dalam sebuah hadis qudsi, Allah Swt. berfirman:

“Orang-orang yang berbuat kemaksiatan. Namun, tatkala ingat kepada keagungan-Ku, mereka kemudian merasa diawasi-Ku. Tulang-tulang mereka seperti langsung mengerut karena takut kepada-Ku dan kemuliaan-Ku. Aku yang semula ingin menimpakan azab kepada para penghuni bumi, tatkala melihat orang-orang haus dan lapar (puasa) karena takut kepada-Ku, akhirnya memalingkan azab itu dari mereka.”

Dalam al-Quran di jelaskan bahwa surga naim di peruntukkan untuk orang yang takwa, beriman dan beramal sholih. Allah swt. Berfirman:

اِنَّ لِلۡمُتَّقِيۡنَ عِنۡدَ رَبِّهِمۡ جَنّٰتِ النَّعِيۡمِ

Advertisements

Artinya: “Sesungguhnya bagi orang-orang yang bertakwa (disediakan) surga-surga yang penuh kenikmatan di sisi Tuhannya.” (QS. Surat Al-Qalam: 34)

اِنَّ الَّذِيۡنَ اٰمَنُوا وَعَمِلُوۡا الصّٰلِحٰتِ لَهُمۡ جَنّٰتُ النَّعِيۡمِۙ

Artinya: “Sesungguhnya orang-orang yang beriman dan mengerjakan amal-amal saleh, bagi mereka surga-surga yang penuh kenikmatan” (QS. Surat Luqman :8)

Menurt Muqatil, maksud orang-orang beriman di sana adalah orang-orang yang percaya kepada  Allah, menunaikan amalan-amalan yang saleh, dan kewajiban-kewajiban dari-Nya. Berkat keimanan mereka, Allah melimpahkan petunjuk kepada mereka dan memberikan balasan surga, dimana di bawah istana-istana mereka ada cahaya dari cahaya istana permata dan yaqut yang mereka tempati.

Advertisements
Nama Surga Kelima, Surga Darussalam

Surga Darussalam adalah surga yang diciptakan oleh Allah swt dari yakut merah.

Penghuni surga ini adalah orang-orang yang kuat iman dan Islamnya, mengamalkannya ayat-ayat Alquran dalam kehidupannya serta mengerjakan amal saleh karena Allah Swt.

Allah SWT. berfirman:

لَهُمۡ دَارُ السَّلٰمِ عِنۡدَ رَبِّهِمۡ‌ وَهُوَ وَلِيُّهُمۡ بِمَا كَانُوۡا يَعۡمَلُوۡنَ

Advertisements

Artinya: “Bagi mereka (disediakan) darussalam (surga) pada sisi Tuhannya dan Dialah Pelindung mereka disebabkan amal-amal saleh yang selalu mereka kerjakan.” (QS. Al-An’am:127)

Nama Surga Keenam, Surga Darul Muqamah

Surga Darul Muqamahadalh surga yang diciptakan oleh Allah swt dari permata putih.

Surga ini akan di huni oleh orang-orang yang melakukan banyak kebaikan. Allah SWT. Berfirman:

اِنَّ رَبَّنَا لَـغَفُوۡرٌ شَكُوۡرُ اۨلَّذِىۡۤ اَحَلَّنَا دَارَ الۡمُقَامَةِ مِنۡ فَضۡلِهٖ‌ۚ لَا يَمَسُّنَا فِيۡهَا نَصَبٌ وَّلَا يَمَسُّنَا فِيۡهَا لُـغُوۡبٌ

Advertisements

Artinya: “Sesungguhnya Tuhan kami benar-benar Maha Pengampun lagi Maha Mensyukuri. Yang menempatkan kami dalam tempat yang kekal (surga) dari karunia-Nya; di dalamnya kami tiada merasa lelah dan tiada pula merasa lesu “. (QS. Fathir :34-35)

Nama Surga Ketujuh, Surga Maqam Amin

Surga Maqaamul amin adalah surga yang diciptakan oleh Allah swt dari emas. Surga ini akan di huni oleh orang-orang yang bertakwa kepada Allah SWT.  Allah Swt. Berfirman:

اِنَّ الۡمُتَّقِيۡنَ فِىۡ مَقَامٍ اَمِيۡنٍۙ

Artinya: “Sesungguhnya orang-orang yang bertaqwa berada dalam tempat yang aman.” (QS. Ad-Dukhan:51)

Advertisements
Nama Surga Kedelapan, Surga Khuldi

Surga Khuldi adalah surga yang diciptakan Allah SWT dari marjan merah dan kuning.

Penghuni surga ini tidak penjelasan detail tentangnya, namun dalam surah al-Furqan, dijelaskan bahwa surga ini akan di huni oleh  orang-orang yang taat menjalankan perintah Allah dan selalu menjauhi segala larangan-Nya. Allah SWT berfirman:

قُلۡ اَذٰ لِكَ خَيۡرٌ اَمۡ جَنَّةُ الۡخُـلۡدِ الَّتِىۡ وُعِدَ الۡمُتَّقُوۡنَ ‌ؕ كَانَتۡ لَهُمۡ جَزَآءً وَّمَصِيۡرًا لَّهُمۡ فِيۡهَا مَا يَشَآءُوۡنَ خٰلِدِيۡنَ‌ ؕ كَانَ عَلٰى رَبِّكَ وَعۡدًا مَّسۡـــُٔوۡلًا

Artinya: “Katakanlah:” Apa (azab) yang demikian itukah yang baik, atau surga yang kekal yang telah dijanjikan kepada orang-orang yang bertakwa? Dia menjadi balasan dan tempat kembali bagi mereka.” (QS. Al-Furqan:15)

Advertisements

Dari beberapa tingkatan surga tersebut, beberapa literatur keislaman berbeda-berbeda tidak semuanya sama. Tingkatan surga yang di uraikan di atas adalah tingkatan surga yang di tulis oleh Kastolani marzuki.

Demikian penejelasan singkat tentang surga semoga bermanfaat.

Penulis: Abd. Muqit

Komentar
Advertisements

Advertisements
Artikel ini telah dibaca 1,923 kali

Baca Lainnya

Syukur : Pengertian, Macam-Macam, Hakikat dan Dalil Syukur

16 November 2022 - 22:55

Syukur : Pengertian, Macam-Macam, Hakikat dan Dalil Syukur

Sabar dan Syukur

14 November 2022 - 19:00

Sabar dan Syukur

Penaklukan Banten dan Masuknya Agama Islam Disana

2 November 2022 - 08:17

Penaklukan Banten dan Masuknya Agama Islam Disana

Pengertian dan Faktor Pemicu Radikalisme

26 Oktober 2022 - 08:28

Pengertian dan Faktor Pemicu Radikalisme

Qodha’ dan Qodar dalam Kehidupan Sehari-Hari

26 Oktober 2022 - 08:07

Qodha' dan Qodar dalam Kehidupan Sehari-Hari

Para Sahabat Penulis Wahyu

24 Oktober 2022 - 18:29

Para Sahabat Penulis Wahyu
Trending di Islam Edu