Menu

Mode Gelap

Islam Edu

Puasa Dapat Mencegah Racun Masuk Dalam Tubuh


 Puasa Dapat Mencegah Racu Perbesar

Puasa Dapat Mencegah Racu

Advertisements

Ramadhan, iqipedia.com – Hidup sehat adalah impian setiap manusia dalam hidupnya. Bagaiman tida hidup sehat adalah kunci seseorang dapat produktif dalam melaksanakan aktifitasnya dalam keseharian. Salah satu faktor yang penyakit yang menghambat hidup sehat adalah masuknya racun kedalam tubuh manusia. Namun siapa sangka puasa dapat mengeuarkan racun dari tubuh mansia? begini penjelasannya “Puasa Dapat Mencegah Racun Masuk Dalam Tubuh”.

Mencegah Racun Masuk Dalam Tubuh Dengan Berpuasa

Sel-sel tubuh memperoleh makanan dari darah, sedangkan darah memperolehnya dari usus. Usus menyerap makanan dari setiap zat yang kita konsumsi. Jika ada racun dalam saluran usus, racun akan terserap dan ikut beredar bersama darah ke setiap sel-sel tubuh.

Racun dalam tubuh berasal dari alam (endogenus) atau dari luar (eksogenus).  Racun endogenus adalah racun yang berasal dari sisa metabolisme, radikal bebas, produksi hormon berlebihan akibat stres, gangguan fungsi hormon, dan bakteri penyakit yang sudah ada di dalam tubuh. Sementara racun eksogenus adalah polutan, obat-obatan, hormon pada ternak, produk susu, makanan yang diproses, lemak trans, dan mikroba.

Saat seseorang sedang  melaksanakan ibadah puasa, usus secara alami akan membersihkan diri dari racun yang termuat di dalamanya. Sedangkan organ tubuh lainya seperti hati dan lambung akan berstirahat karena usus yang memuat makanan sedang istirahat sebab usus tidak memuat asupan karena sedang berpuasa. Dengan seseorang yang berpuasa maka hati yang menjadi tempat menyaring segala makanan yang di konsumsi manusia akan  beristrihat sekian jam karena sedang puasa.

Advertisements

Pada bulan puasa ramadhan ini adalah kesempatan bagi setiap umat Islam untuk melaksanakan ibadah puasa yang salah satu manfaatnya dapat pembersihan rohani sekaligus jasmani. Islam yang oleh banyak sekian pengikutnya di asumsikan lebih memprioritaskan kesehatan rohani, hal tersebut sebenarnya kurang tepat.

Islam datang juga mengajarkan urgensi kesehatan jasmani. Hal ini dapa di lihat dari beberapa produk hukum seperti bagaimana Islam memperhatikan kesucian, bagaiamna mengajarkan kesunnahan mandi dan berwudhu’. Hal itu tak lain untuk mengajarkan manusia untuk hidup sehat lahir dan batin. Wallahu A’lam Bis Showab…

Begitulah penjelasan tentang “Puasa Dapat Mencegah Racun Masuk Dalam Tubuh” semoga bermanfaat.

Penulis: Abd. Muqit

Advertisements
Komentar
Advertisements

Artikel ini telah dibaca 56 kali

Baca Lainnya

Syukur : Pengertian, Macam-Macam, Hakikat dan Dalil Syukur

16 November 2022 - 22:55

Syukur : Pengertian, Macam-Macam, Hakikat dan Dalil Syukur

Sabar dan Syukur

14 November 2022 - 19:00

Sabar dan Syukur

Penaklukan Banten dan Masuknya Agama Islam Disana

2 November 2022 - 08:17

Penaklukan Banten dan Masuknya Agama Islam Disana

Pengertian dan Faktor Pemicu Radikalisme

26 Oktober 2022 - 08:28

Pengertian dan Faktor Pemicu Radikalisme

Qodha’ dan Qodar dalam Kehidupan Sehari-Hari

26 Oktober 2022 - 08:07

Qodha' dan Qodar dalam Kehidupan Sehari-Hari

Para Sahabat Penulis Wahyu

24 Oktober 2022 - 18:29

Para Sahabat Penulis Wahyu
Trending di Islam Edu