Menu

Mode Gelap

Hikmah

Hikmah Puasa Untuk Kesehatan Dapat menyembuhkan Penyakit


 Hikmah Puasa Untuk Kesehatan Dapat menyembuhkan Penyakit Perbesar

Advertisements

Iqipedia.com – Tujuan syariat Islam adalah memberi kemaslahatan untuk manusia. Salah satu hikmah puasa untuk kesehatan dapat menyembuhkan penyakit. Dalam tafsir maqasidi di jelaskan bahwa ajaran-ajaran yang di bawa Islam memiliki tujuan mendatangkan manfaat dan menghilangkan madarot, namun kebanyakan umat Islam tidak mengetahuinya.

Karena hal ini harus di dukung oleh penjelsan penelitian ilmiah terutama laboratorium, untuk menguji dan menjelaskan manfaat yang di kandung ajaran Islam tersebut. Hal-hal semacam ini mencakup semua aspek ajaran syariat  yang di bawa Rasulullah Saw. seperti wudu’, sholat, zakat, dan puasa.

Sebuah jurnal yang di tulis oleh Anita Widiasari Partini dan Agus Fakhruddin menjelaskan manfaat puasa dalam sains yang dapat menyembuhkan penyakit yang sedang di alami manusia. Berikut ini hasil  penelitian manfaat puasa dalam sains yang lakukan oleh Anita Widiasari Partini dan Agus Fakhruddin:

1. Puasa Dapat Mengobati Obesitas

Hikmah puasa untuk kesehatan yang pertama adalah dapat menyembuhkan penyakit obesitas. Puasa dalam sains menjelaskan bahwa puasa dapat menyebuhkan penyakit  obsitas. Obesitas adalah bertambahnya berat badan melebihi batas normal yang disebabkan oleh penumpukan lemak. Jika seseorang yang obesitas dapat mengurangi kandungan kalori hingga mencapai 1.200 kalori setiap harinya, maka ia dapat mengurangi berat badannya sebanyak 5 kg selama menjalankan puasa.

Advertisements

sebuah penelitian menjelaskan bahwa dengan puasa dapat mengurangi berat badan. Penelitian ini menggunakan sampel kelompok responden yang melakukan puasa Ramadhan sebanyak 60 orang dan yang tidak melakukan puasa sebanyak 58 orang. Orang yang melakukan puasa Ramadhan selama minimal 24 hari dapat menurunkan berat badan sebesar 3,06 kg sedangkan yang tidak melakukan puasa mengalami kenaikan berat badan sebesar 0,1 kg.

Baca juga: 3 Tingkatan Derajat Puasa. Kita Berada di Derajat Yang Mana? Yuk Cek!!!

2. Puasa Dapat Mengobati Penyakit Gula

Hikmah puasa untuk kesehatan yang kedua  adalah dapat menyembuhkan penyakit Gula. Puasa dalam sains menjelaskan  bahwa puasa dapat menyembuhkan penyakit gula. Glukosa adalah zat gula yang ada di dalam darah dan merupakan sumber energi utama bagi seluruh jaringan tubuh. Jumlah kadar normal glukosa di dalam darah berkisar antara 70-110 mg/100 ml darah yaitu pada saat manusia tidak makan apa-apa selama 8-12 jam.

Kadar normal glukosa di dalam darah berkisar antara 70-110 mg/100 ml darah yaitu pada saat manusia tidak makan apa-apa selama 8-12 jam. Kadar ini akan mengalami peningkatan sampai 120-150 mg/100 ml darah setelah manusia mengkonsumsi karbohidrat. Kemudian 2-3 jam setelah mengkomsumsi makanan, kadar yang tinggi ini pun akan kembali normal. Pada saat berpuasa selama 12-18 jam, kadar gula dalam darah ini akan mengalami penurunan sampai ke titik 60- 70 mg/100 ml darah.

Advertisements

Kadar glukosa dalam darah bisa distabilkan dengan adanya keseimbangan antara fungsi hormon insulin dan hormon-hormon anti insulin. Hormon insulin bekerja untuk menurunkan kadar gula dalam darah, sedangkan anti insulin berfungi sebaliknya, yaitu untuk memicu peningkatan gula dalam darah.

Penelitian di jerman menjelaskan bahwa puasa dapat menurunkan kadar gula darah pada penderita Diabetes Melitus tipe II. Jumlah responden yang di ambil dalam penelitian yakni 18 responden dalam masing-masing kelompok intervensi (menjalani puasa ramadhan) dan kelompok kontol (tidak berpuasa hanya menjalani terapi perawatan standar). Pada penelitian menunjukan bahwa nilai rata-rata kadar glukosa darah responden sebelum dan sesudah melakukan puasa Ramadhan sebesar 157,44 mg/dL menjadi 114,11 mg/dL.

3. Puasa Dapat Mengobati penyakit lambung

Hikmah puasa untuk kesehatan yang ketiga  adalah dapat menyembuhkan penyakit lambung. Puasa dalam sains menjelaskan bahwa puasa dapat menyebuhkan penyakit lambung. Beberapa studi dan percobaan yang dilakukan para peneliti muslim, mengisyaratkan bahwa puasa sangat berguna untuk menyembuhkan radang lambung. Dalam ha ini puasa berperan menormalkan kadar asam dalam lambung yang diyakini sebagai sebab utama terjadinya asam lambung, juga mengatur pengeluaran zat-zat asam yang mencerna di dalamnya.

Kesimpulan

Dari uraian di atas dapat di simpulkan bahwa hikmah puasa untuk kesehatan dapat menyembuhkan penyakit berikut ini:

Advertisements
  • Pertama adalah dapat menyembuhkan penyakit obesitas.
  • Kedua  adalah dapat menyembuhkan penyakit Gula.
  • Ketiga  adalah dapat menyembuhkan penyakit lambung.

Demikian penejelasan tentang hikmah puasa untuk kesehatan  dapat menyembuhkan penyakit. Semoga bermanfaat.

Jurnal lengkap klik disini: Manfaat Puasa Dalam Sains

Editor: Abhan.

Komentar
Advertisements

Advertisements
Artikel ini telah dibaca 177 kali

Baca Lainnya

Syukur : Pengertian, Macam-Macam, Hakikat dan Dalil Syukur

16 November 2022 - 22:55

Syukur : Pengertian, Macam-Macam, Hakikat dan Dalil Syukur

Sabar dan Syukur

14 November 2022 - 19:00

Sabar dan Syukur

Penaklukan Banten dan Masuknya Agama Islam Disana

2 November 2022 - 08:17

Penaklukan Banten dan Masuknya Agama Islam Disana

Pengertian dan Faktor Pemicu Radikalisme

26 Oktober 2022 - 08:28

Pengertian dan Faktor Pemicu Radikalisme

Qodha’ dan Qodar dalam Kehidupan Sehari-Hari

26 Oktober 2022 - 08:07

Qodha' dan Qodar dalam Kehidupan Sehari-Hari

Para Sahabat Penulis Wahyu

24 Oktober 2022 - 18:29

Para Sahabat Penulis Wahyu
Trending di Islam Edu