Islam Edu

Tiga Golongan Manusia di Akhirat dalam Surah Al-Waqi’ah

×

Tiga Golongan Manusia di Akhirat dalam Surah Al-Waqi’ah

Share this article
Nama surga
Nama surga

Teologi, iqipedia.com  Surah al-Waqi’ah yang di kenal sebagai surat al-Quran yang dapat melanlancarkan rizki dan menghindarkan pembacanya dari kemiskinan, tetapi dari segi artinya surah ini tidak menyinggung permasalahan rizki. Tetapi, surah ini menceritakan kehidupan seseorang di akhirat. Pada awal Surah menceritakan tentang hari kiamat. Selanjutnya, surah yang populer dengan surah penarik rizki ini mengkisahkan tiga golongan manusia di akhirat. Dari golongan yang tertinggi hingga golongan yang terendah. Dari yang menempati surga tertinggi hingga orang yang menempati neraka. Golongan-golongan tersebut akan kami ulas berikut ini:

1. Ashhabul maymanah

Golongan manusia dalam surah al-Waqi’ah yang pertama di sebut Ashhabul maymanah. Ashhabul maymanah adalah golongan manusia yang di beri catatan amalnya dengan tangan kanan. Golongan ini akan di masukkan kedalam surga setelah amalnya di hisab pada yaumul hisab. Di surga ia akan mendapatkan kebahagian dan kemuliaan layaknya orang-orang yang masuk surga lainnya. Golongan ini tidak semerta-merta mereka dapatkan. Semua manusia akan di balas sesuai dengan perbuatannya di dunia. Dalam berbagai literatur keislam di jelaskan bahwa seseorang bisa selamat dari neraka jika perbuatan baiknya di dunia mengungguli amal buruknya. Allahumma ij’alna min dzalik

2. Ashhabul masy amah

Golongan kedua di sebut Ashhabul masy amah. Golongan ini adalah manusia yang di beri buku catan amalnya dengan tangan kiri. Golongan ini di akhirat akan di masukkan kedalam neraka, karena perbuatan mereka di dunia lebih banyak yang buruk dari pada yang amal baiknya. Di neraka mereka akan di siksa dengan siksaan yang pedih lagi amat menyakitkan. Na’udzu billahi mindzalik

3. Assabiqunas sabiqun

Golongan manusia di akhirat yang ketiga yang di abadikan dalam surah al-Waqi’ah adalah golongan Assabiqunas sabiqun. Assabiqunas sabiqun adalan golongan nmanusia yang di masukkan ke dalam surag tanpa di hisab. tidak hanya itu, mereka juga akan  menempati surga yang  tertinggi, yaitu surga illiyin. Oleh karena itu, mereka di sebut sebagai golongan manusia yang terbaik di antara golongan manuisia lanya. Syekh nawawi al-Bantani menulis dalam kitabnya moroh labid, bahwa golongan ini adalah segolongan manusia yang pada masa hidupnya terkenal dengan perbuatan-perbuatan amal yang baiknya. Mereka adalah sekelompok orang pilihan terdahulu yang mulai nabi adam hingga nabi muhammmad AS. Mereka juga sebut assabiqunas sabiqun, karena mereka selalu terlebih dahulu dalm berbuat baik dan di masukkan ke dalam surga terlebih dahulu.

Pos Terkait:  Pembelajaran Baca Tulis Al-Qur’an pada Anak Usia Dini

Perbedaannya golongan ini dengan golongan yang pertama, yaitu golongan ini masuk terlebih dadahulu tanpa hisab dan menepati surga tertinggi. Sedangkan golongan yang pertama masuk ke dalam surga masih di hisab terlebih dahulu dan tidak menempati surga tertinggi. Allahummaj’alna min.

Demikian kisah tiga golongan amnusia di akhirat.

Penulis: Muqit