Doa

Doa Membaca Al-Qur’an, Sebelum dan Sesudah Membaca

×

Doa Membaca Al-Qur’an, Sebelum dan Sesudah Membaca

Share this article
Doa Sebelum Tidur dan Sesudahnya
Doa Sebelum Tidur dan Sesudahnya

Membaca doa sebelum dan setelah membaca Al Quran ini sangatlah penting. Pasalnya, dengan membaca ini dapat memberikan kita mendapatkan keberkahan dari aktivitas mulia tersebut. Sebagai umat Islam kita diwajibkan untuk membaca, mempelajari, serta menerapkan nilai-nilai Al-Quran dalam kehidupan sehari-hari. Jadi sebaiknya kita pun perlu mengajarkan anak belajar Al-Quran sedari dini.  Al-Quran menjadi sebuah landasan bagi manusia untuk menjalani kehidupan. Segala perintah serta larangan dari Allah SWT sudah tertuang di dalamnya, yang tujuannya semata-mata untuk pedoman hidup manusia.

Berikut ini adalah doa sebelum dan setelah membaca Al Quran lengkap dengan Arab, latin, dan artinya Bahasa Indonesia, sebagai berikut:

Doa Sebelum Membaca Al-Qur’an

بِسْمِ اللّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيْمِ

اَللّٰهُمَّ افْتَحْ عَلَىَّ حِكْمَتَكَ وَانْشُرْ عَلَىَّ رَحْمَتَكَ وَذَكِّرْنِىْ مَانَسِيْتُ يَاذَاالْجَلاَلِ وَاْلاِكْرَامِ

Artinya: “Ya Allah bukakanlah padaku hikmahMu, bentangkanlah padaku rahmatMu dan ingatkanlah aku terhadap apa yang aku lupa, wahai dzat yang memiliki keagungan dan kemuliaan.”

 

Doa Setelah Membaca Al-Qur’an

بِسْمِ اللّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيْمِ

اَللّٰهُمَّ ارْحَمْنِىْ بِالْقُرْآنِ. وَاجْعَلْهُ لِىْ اِمَامًا وَنُوْرًا وَّهُدًى وَّرَحْمَةً. اَللّٰهُمَّ ذَكِّرْنِىْ مِنْهُ مَانَسِيْتُ وَعَلِّمْنِىْ مِنْهُ مَاجَهِلْتُ. وَارْزُقْنِىْ تِلاَ وَتَهُ آنَآءَ اللَّيْلِ وَاَطْرَافَ النَّهَارٍ. وَاجْعَلْهُ لِىْ حُجَّةً يَارَبَّ الْعَالَمِيْنَ

Artinya: “Ya Allah, rahmatilah aku dengan Al-Qur’an yang agung, jadikanlah Al-Qur’an bagiku cahaya petunjuk rahmat. Ya Allah, ingatkanlah apa yang telah aku lupa dan ajarkan kepadaku apa yang tidak aku ketahui darinya, anugerahkanlah padaku kesempatan membacanya pada sebagian malam dan siang, jadikanlah ia hujjah yang kuat bagiku, wahai Tuhan Penguasa jagat raya.

Adab ketika mengambil dan membawa Al-Qur’an

Dikutip dari buku Adab dan Doa Sehari-hari untuk Muslim Sejati oleh Thoriq Aziz Jayana, berikut adab membaca Al-Qur’an mulai dari mengambil, membawa, membaca, hingga meletakkan kembali Al-Qur’an ke tempat semula. Nah, berikut adab saat mengambil dan membawa Al-Qur’an.

Pos Terkait:  Doa Mohon Rizqi

Saat Mengambil Al-Qur’an

  1. Pastikan telah suci dari hadas.
  2.  Mengambil Al-Qur’an menggunakan tangan kanan.
  3.  Mendekap Al-Qur’an penuh kecintaan.
  4. Sebaiknya jangan ditenteng atau dijinjing karena hal tersebut termasuk tidak memuliakan Al-Qur’an.
  5. Ambil secara perlahan.

Saat Membawa Al-Qur’an

  1. Bawalah Al-Qur’an dengan cara didekap atau dengan cara yang dihormati.
  2. Bawalah dengan berhati-hati, tidak sambil lari.
  3. Jika Al-Qur’an diletakkan di dalam tas (untuk dibawa bepergian), sebaiknya dekap tas tersebut.

Itulah doa sebelum dan sesudah membaca Al-Qur’an yang bisa Anda hafalkan dan lakukan. Semoga dengan informasi di atas bisa membuatmu lebih paham mengenai tata cara membaca Al-Qur’an yang baik dan benar, ya!

 

 

Refrensi:

Tuntunan Ibadah & Kumpulan Doa-Doa, Karya Abd. Muqit, Moh. Sholeh.