Menu

Mode Gelap

Islam Edu

Sejarah Agama Nasrani


 Sejarah Agama Nasrani Perbesar

Sejarah Agama Nasrani

Advertisements

Iqipedia.com – Agama kristen adalah salah satu agama terbesar di dunia yang di anut oleh umat manusia. Di lansir dari halaman wikipedia agama ini di ikuti oleh 2,5 miliyar manusia, atau sekitar 33,5% dari jumlah penduduk dunia.

Di atas penganut agama Islam, yang hanya di ikuti 1,8 miliyar, atau sekitar 22,3% dari jumlah penduduk dunia.

Agama ini berbeda pandangan dengan agama Islam. Agama ini mengajarkan bahwa tuhan yang maha esa adalah tuhan bapa, tuhan anak, dan tuhan roh kudus. Agama ini mengklaim  Isa al-Masih adalah anak tuhan. Berbeda dengan Islam, dalam Islam Tuhan hanyalah Allah Swt. sedangkan Isa al-Masih hanyalah nabi utusan Allah Swt.

Lalu bagaimana sebenarnya ajaran yang di sampaikan nabi Isa kepada umatnya?  Sejak kapan ajaran agama trinitas kristen muncul? Berikut ini penjelasannya!!!

Advertisements
Ajaran Agama Kristen

Secara garis besar, inti kepercayaan umat Kristen adalah tritunggal, kepercayaan bahwa Allah itu adalah tiga pribadi yang satu. Yaitu  Allah Bapa, Allah Anak, dan Allah Roh Kudus. Sebellius yang meninggal pada tahun 215, mengajarkan bahwa Tuhan Allah adalah Esa, Bapa, Anak dan Roh Kudus adalah modalitas atau cara menampakkan diri Tuhan Allah Yang Esa itu. dalam Perjanjian Lama Tuhan Allah menampakkan diri-Nya di dalam wajah atau modus Bapa, yaitu sebagai pencipta dan pemberi hukum. Sesudah itu Tuhan Allah menampakkan dirinya di dalam wajah Anak, yaitu Isa sebagai juru Selamat yang melepaskan umat-Nya dari dosa. Tuhan Allah sejak hari pentekusta menampakkan diri-Nya di dalam wajah Roh Kudus.

Agama Kristen Bukan Ajaran nabi Isa

Al-Quran membantah dan mengecam ajaran trinitas yang di usung oleh umat kristiani.  Allah berfirman:

لَقَدْ كَفَرَ الَّذِيْنَ قَالُوْا اِنَّ اللّٰهَ ثَالِثُ ثَلٰثَةٍ  وَمَا مِنْ اِلٰهٍ اِلَّا اِلٰهٌ وَّاحِدٌ وَاِنْ لَّمْ ينتهُوْا عَمَّا يقُوْلُوْنَ لَيَمَسَّنَّ الَّذِيْنَ كَفَرُوْا مِنهُمْ عَذَابٌ اَلِيْمٌ 

“Sungguh telah kafir orang-orang yang mengatakan bahwa Allah adalah salah satu dari yang tiga. tidak ada tuhan yang berhak disembah selain Tuhan Yang Esa. Jika mereka tidak berhenti dari apa yang mereka katakan, pasti orang-orang yang kafir di antara mereka akan ditimpa azab yang pedih. (Surah Al-Ma’idah ayat 73)

Advertisements

Dalam pandangan Islam Ajaran trinitas ini bukan ajaran yang di ajarkan nabi Isa. Nabi  Isa mengajarkan mengesakan Allah Swt.  bukan mengajakan trinitas, tuhan bapa, tuhan anak dan roh kudus sebagaimana ajaran agama kristen.

Dalam pandangan Islam, nabi Isa hnayalah nabi yang di utus Allah yang di utus untuk menyampaikan agama Allah yaitu Islam.

Dalam Al-Quran di jelaskan secara tegas bahwa Nabi Isa mengajarkan ajaran tauhid.. Allah berfirman:

“Sesungguhnya Al-Masih, Isa putra Maryam hanyalah utusan Allah dan firman-Nya. Allah menaruh ruh kedalam maryam, maka berimanlah kepada Allah dan para utusan-Nya”

Advertisements

Di kutip dari kitab jawahirul kalamiyah bahwa ajaran pokok Nabi Isa, yaitu  pertama menjelaskan tentang hakikat, atau dalam penjelasan kitsb lainnya, Nabi Nabi Isa banyak mengajarkan tentang ajaran tasawuf. Kedua, mengajarkan tentang akidah, ajaran akidah nnabi isa ini yaitu mengajarkan tentang keesaan Allah Swt. ketiga, mengajarkan syariat. Dalam ajaran syariat nabi Isa masih mengikuti syariat nabi musa As. meski demikian, syariat nabi musa terdapat beberupa ssyariat yang di rubah atau di nasekh sesuai tuntunan yang ada dalam injil. Keempat yaitu menjelaskan bahwa kelak akan datang nabi pada akhir zaman, yaitu Nabi Muhammad Saw.

Awal Mula Munculnya Ajaran trinitas

Agama kristen meyakini tuhan yang maha esa, adalah tiga pribadi yang satu. Yaitu  Allah Bapa, Allah Anak, dan Allah Roh Kudus.

Ajaran ini bila di telusuri bukanlah ajaran nabi isa.  Ajaran ini di gagas oleh para pengikut nabi isa, yang mereka menyebutnya sebagai rusul, dan nabi Isa sebagai anak tuhan yang menyelamatkan manusia. Di kutip dari jurnal yang di tulis oleh syafeh, bahwa ajaran ini muncul pada abat ke 2 M. Sejarah ini semakin menguatkan bahwa ajaran trinitas bukan ajaran nabi isa karena munculnya ajaran ini berbeda dengan masa nabi Isa yang hidup pada ke 1 M.

Prof. M. Quraish Sihab menulis dalam bukunya siroh nabawi, bahwa ini ajaran trinitas muncul pada tahun 352 M. Hal ini terjadi pada Konsili Nukia I yang di prakarsai oleh Kaisar Kostantinus, konsili ini di adakan bertujuan untuk menyelesaikan perselisihan antar umat kristiani.

Advertisements

Pakar tafsir ini menjelaskan, bahwa ajaran tirinitas ini tidak jelas dan rancau dalam memahaminya, tidak ada satupun seseorang yang dapat memahaminya. Bagaimana dapat jelas, mereka mengklaim tuhan yang maha esa, tetapi mereka meyakini terdapat tiga pribada dalam kesaan itu, hal itu jelas bertolak belakang dengan logika manusia. Walapun  Umat kristiani sendiri sependapat dengan konsep ketuhanan trinitas tetapi secara subtansi mereka berbeda dalam memahami hakikat dari trinitas itu.

Dari sini dapat di pahami, kerancauan teologi agama nasrani terjadi karena penyesatan oleh pengikut nabi isa yang mengklaim dirinya sebagai rusul, mereka mengajarkan trinitas, ajaran yang menyekutukan tuhan itu sendiri. Walaupun mereka mengklaim ajaran itu adalah ajaran ketuhanan yang maha esa tetapi sejati ajaran itu adalah ajaran kemusyrikan yang tidak pernah di ajaran nabi Isa yang mengajarkan tauhid, ajaran tentang ke-Esaan Tuhan dan memerintahkan menjauhkan diri dari kemusyrikan.

Itulah sekelumit sejarah agama nasrani,

Semoga menambah wawasan anda.

Advertisements

Penulis: Abd. Muqit

Baca Juga: Sejarah Agama Hindu, Mulai Lahir Hingga di Indonesia

Komentar
Advertisements

Artikel ini telah dibaca 780 kali

Baca Lainnya

Syukur : Pengertian, Macam-Macam, Hakikat dan Dalil Syukur

16 November 2022 - 22:55

Syukur : Pengertian, Macam-Macam, Hakikat dan Dalil Syukur

Sabar dan Syukur

14 November 2022 - 19:00

Sabar dan Syukur

Penaklukan Banten dan Masuknya Agama Islam Disana

2 November 2022 - 08:17

Penaklukan Banten dan Masuknya Agama Islam Disana

Pengertian dan Faktor Pemicu Radikalisme

26 Oktober 2022 - 08:28

Pengertian dan Faktor Pemicu Radikalisme

Qodha’ dan Qodar dalam Kehidupan Sehari-Hari

26 Oktober 2022 - 08:07

Qodha' dan Qodar dalam Kehidupan Sehari-Hari

Para Sahabat Penulis Wahyu

24 Oktober 2022 - 18:29

Para Sahabat Penulis Wahyu
Trending di Islam Edu