Doa

Doa Saat Bersin dan Mendengar Orang Lain Bersin

×

Doa Saat Bersin dan Mendengar Orang Lain Bersin

Share this article
Doa Terhindar dari Godaan Syaiton
Doa Terhindar dari Godaan Syaiton

Doa ketika bersin penting untuk dibaca oleh umat Islam. Sebab, doa dan adab bersin sudah diterangkan dalam hadist Rasulullah SAW. Bacalah doa saat bersin dan mendengar orang lain bersin seperti yang diajarkan dalam agama Islam.

Bersin sendiri merupakan salah satu respons tubuh yang bisa dialami oleh siapa saja dan kapan saja. Bersin atau yang juga disebut sebagai sternutasi adalah cara tubuh menghilangkan iritasi dari hidung. Dalam Islam, bersin merupakan sebagian nikmat dari Allah SWT agar terhindar dari dampak bibit penyakit. Dengan bersin racun atau virus yang masuk ke tubuh keluar bersamaan dengan partikel-partikel kecil lainnya.

Doa Saat Bersin dan Mendengar Orang Lain Bersin

Begitu pula saat kita Bersin. Ada adab saat kita Bersin sehingga udara yang keluar dari mulut dan hidung kita tidak tersebar dengan menutup mulut dan hidung menggunakan tisu, tangan atau sapu tangan.

Tak hanya itu saat bersin kita disunnahkan untuk berdoa. Karena bersin merupakan salah nikmat Allah SWT agar terhindar dari bibit penyakit. Setelah bersin, dianjurkan untuk membaca hamdalah (doa saat bersin) dengan suara yang cukup keras agar didengar oleh orang lain.

Pos Terkait:  Doa Pergi ke Masjid

Doa Saat Bersin

Sebagaimana sabda Rasulullah SAW yang artinya: “Apabila seorang di antara kalian bersin maka ucapkanlah Alhamdulillah, dan hendaklah orang yang mendengarnya menjawab dengan yarhamukallah, dan bila dijawab demikian maka balaslah dengan ucapan yahdikumullah wa yuslihubaalakum” (HR. Bukhari).

بِسْمِ اللّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيْمِ

اَلْحَمْدُ ِللهِ

Artinya: “sеmоgа allah memberi rahmat kepadamu”.

Doa Saat Orang Lain Bersin

Orang yang mendengarkan orang bersin, hendaknya membaca doa berikut ini:

يَهْدِيْكُمُ اللهُ وَيَصْلِحُ بَالَكُمً

Aгtіnуа: “sеmоgа Allah memberi petunjuk kepadamu dan membaguskan kеаԁааnmu”.

Dengan istiqomah berdoa semoga hidup saudara lebih baik. Pastikan Saudar mendaraskan doa saat bersin dan juga ketika mendengar orang lain bersin. Terimakasih.

Baca juga: Doa Saat Mendapatkan Mimpi Indah dan Buruk