Mengenal Jin Qarin: Sosok Ghaib Pendamping Manusia

Posted on

Pengertian Jin Qarin

Jin Qarin adalah sosok ghaib yang diyakini oleh umat Islam sebagai pendamping manusia. Menurut kepercayaan Islam, setiap manusia memiliki jin qarin yang mengawasi dan mengikutinya sejak lahir hingga meninggal. Jin qarin ini diyakini berada di sebelah kiri manusia dan selalu membisikkan keburukan pada manusia.

Asal Usul Jin Qarin

Asal usul jin qarin ini berasal dari hadits yang diriwayatkan oleh Imam Muslim dan Imam Bukhari. Dalam hadits tersebut disebutkan bahwa setiap manusia memiliki jin qarin sejak lahir. Jin qarin ini akan selalu mengikutinya dan memberikan bisikan-bisikan buruk pada manusia.

Fungsi Jin Qarin

Jin qarin memiliki fungsi untuk mengikuti dan mengawasi manusia sejak lahir hingga meninggal. Jin qarin juga memberikan bisikan-bisikan buruk pada manusia. Namun, manusia bisa mencegahnya dengan melakukan hal-hal yang baik dan mengikuti ajaran agama Islam.

Ciri-ciri Jin Qarin

Ciri-ciri jin qarin adalah suara bisikan yang seringkali membuat manusia tidak nyaman dan merasa tidak tenang. Selain itu, jin qarin juga seringkali memberikan saran-saran yang tidak baik bagi manusia. Jin qarin juga bisa mempengaruhi manusia untuk melakukan perbuatan yang tidak baik.

Pos Terkait:  Pengertian Sunnah: Macam-Macam Sunnah

Bagaimana Mengatasi Jin Qarin?

Ada beberapa cara yang bisa dilakukan manusia untuk mengatasi jin qarin, di antaranya adalah:

  1. Meningkatkan keimanan dan ketaqwaan kepada Allah SWT.
  2. Melakukan shalat dan membaca al-Quran secara rutin.
  3. Melakukan amalan-amalan sunnah seperti sedekah, membantu orang lain, dan lain sebagainya.
  4. Bertobat dan memohon ampun kepada Allah SWT.

Apakah Jin Qarin Berbahaya?

Jin qarin bisa berbahaya bagi manusia jika manusia tidak mampu mengendalikan dirinya. Jin qarin bisa mempengaruhi manusia untuk melakukan perbuatan yang tidak baik. Namun, jika manusia mampu mengendalikan dirinya dan melakukan hal-hal yang baik, maka jin qarin tidak akan berbahaya bagi manusia.

Kesimpulan

Jin qarin adalah sosok ghaib yang diyakini oleh umat Islam sebagai pendamping manusia. Jin qarin ini mengawasi dan mengikutinya sejak lahir hingga meninggal. Jin qarin memberikan bisikan-bisikan buruk pada manusia, namun manusia bisa mencegahnya dengan melakukan hal-hal yang baik dan mengikuti ajaran agama Islam. Jadi, manusia harus meningkatkan keimanan dan ketaqwaan kepada Allah SWT agar bisa mengendalikan dirinya dan mengatasi pengaruh buruk dari jin qarin.

Pos Terkait:  Pengertian Rijalul Hadis: Mengenal Para Penyampai Hadis