Suami Tidak Shalat, Istri Jadi Enggan Diajak Berhubungan: Apa Hukumnya?

Posted on

Shalat merupakan salah satu kewajiban bagi umat Islam. Meski demikian, tidak jarang masih banyak orang yang enggan melaksanakan kewajiban ini. Salah satu contohnya adalah suami yang tidak shalat. Apa yang terjadi jika suami tidak shalat dan istri menjadi enggan diajak berhubungan? Apa hukumnya dalam Islam? Simak penjelasan berikut ini.

1. Suami yang Tidak Shalat

Sebelum membahas lebih jauh tentang hukumnya, mari kita bahas terlebih dahulu mengenai suami yang tidak shalat. Seperti yang kita ketahui, shalat merupakan salah satu rukun Islam yang lima. Melaksanakan shalat merupakan kewajiban bagi setiap muslim yang sudah baligh.

Meski demikian, masih banyak orang yang enggan melaksanakan kewajiban ini. Bisa jadi karena sibuk dengan pekerjaan atau karena malas. Namun, bagi seorang suami yang tidak shalat, hal ini tentu sangat mempengaruhi kehidupan rumah tangganya.

2. Dampak Suami yang Tidak Shalat pada Istri

Salah satu dampak dari suami yang tidak shalat adalah istri menjadi enggan diajak berhubungan. Hal ini bisa terjadi karena istri merasa bahwa suami tidak menjalankan kewajibannya sebagai seorang muslim. Sehingga, istri merasa tidak nyaman saat berhubungan dengan suaminya.

Pos Terkait:  Dosa Zina dan Dampak Buruknya

Tidak hanya itu, suami yang tidak shalat juga bisa membuat istri merasa tidak dihargai. Sebab, suami tidak memberikan contoh yang baik untuk anak-anaknya. Sehingga, anak-anak juga bisa mengikuti perilaku suami yang tidak shalat.

3. Hukum Suami yang Tidak Shalat dalam Islam

Sebagai seorang muslim, tentu kita harus memahami bahwa Islam mengajarkan kita untuk menjalankan kewajiban-kewajiban yang telah ditentukan. Salah satunya adalah shalat. Jika seseorang tidak melaksanakan kewajiban ini, maka dia akan mendapatkan dosa.

Hal ini juga berlaku bagi suami yang tidak shalat. Menurut ulama, suami yang tidak shalat dianggap melakukan dosa besar dalam Islam. Sebab, shalat merupakan kewajiban yang harus dilaksanakan oleh setiap muslim yang sudah baligh.

Oleh karena itu, seorang suami yang tidak shalat harus segera bertaubat dan memperbaiki diri. Sebagai istri, kita juga bisa mengajak suami untuk kembali menjalankan kewajibannya sebagai seorang muslim. Kita bisa memberikan motivasi dan dukungan kepada suami untuk memperbaiki diri.

4. Penutup

Dalam Islam, shalat merupakan salah satu kewajiban yang harus dilaksanakan oleh setiap muslim. Jika seseorang tidak melaksanakan kewajiban ini, maka dia akan mendapatkan dosa. Hal ini juga berlaku bagi suami yang tidak shalat.

Pos Terkait:  Hukum Pakai Parfum Beralkohol saat Terkena Air

Sebagai istri, kita harus memberikan dukungan dan motivasi kepada suami untuk kembali menjalankan kewajibannya sebagai seorang muslim. Sebab, jika suami terus enggan melaksanakan shalat, hal ini bisa mempengaruhi kehidupan rumah tangga dan membuat istri menjadi enggan diajak berhubungan.

Dalam hal ini, kita juga harus selalu berdoa kepada Allah SWT agar suami kita bisa kembali menjalankan kewajibannya sebagai seorang muslim. Semoga artikel ini bisa bermanfaat bagi kita semua. Aamiin.