Bacaan Wirid dan Dzikir Setelah Shalat

Posted on

Shalat merupakan salah satu ibadah yang wajib dilakukan oleh setiap muslim. Setelah shalat, sebaiknya kita membaca wirid dan dzikir agar mendapatkan keberkahan dari Allah SWT. Berikut ini adalah beberapa wirid dan dzikir yang bisa dibaca setelah shalat.

1. Subhanallah, Alhamdulillah, Allahu Akbar

Wirid ini merupakan wirid yang paling mudah dan sering dibaca oleh umat muslim setelah shalat. Wirid ini terdiri dari tiga kalimat yaitu subhanallah, alhamdulillah, dan allahu akbar. Setiap kalimat dibaca sebanyak tiga kali, sehingga totalnya menjadi sembilan kali. Wirid ini sangat mudah dihafal dan bisa dilakukan kapan saja.

2. Laa ilaaha illallah

Wirid ini juga sangat mudah dihafal dan sering dibaca oleh umat muslim setelah shalat. Wirid ini terdiri dari kalimat laa ilaaha illallah yang berarti tidak ada ilah yang berhak disembah kecuali Allah. Wirid ini bisa dibaca sebanyak 100 kali atau lebih.

3. Astaghfirullah

Wirid ini merupakan wirid yang berfungsi untuk memohon ampunan kepada Allah SWT. Wirid ini terdiri dari kalimat astaghfirullah yang berarti aku memohon ampun kepada Allah. Wirid ini bisa dibaca sebanyak 100 kali atau lebih.

4. Bismillahirrahmanirrahim

Wirid ini merupakan wirid yang berfungsi untuk memulai segala aktivitas dengan menyebut nama Allah SWT. Wirid ini terdiri dari kalimat bismillahirrahmanirrahim yang berarti dengan menyebut nama Allah yang maha pengasih lagi maha penyayang. Wirid ini bisa dibaca sebanyak tiga kali atau lebih.

5. Ya Hayyu Ya Qayyum

Wirid ini merupakan wirid yang berfungsi untuk memohon kekuatan dan keberkahan dari Allah SWT. Wirid ini terdiri dari kalimat ya hayyu ya qayyum yang berarti wahai yang Maha Hidup dan Maha Berdiri Sendiri. Wirid ini bisa dibaca sebanyak 100 kali atau lebih.

Pos Terkait:  Kisah Monyet Membuang Uang Haram ke Laut

6. Subhanallahi wa bihamdihi

Wirid ini merupakan wirid yang berfungsi untuk memuji kebesaran Allah SWT. Wirid ini terdiri dari kalimat subhanallahi wa bihamdihi yang berarti maha suci Allah dan segala puji bagi-Nya. Wirid ini bisa dibaca sebanyak 100 kali atau lebih.

7. Subhanallahi wal hamdulillah

Wirid ini juga merupakan wirid yang berfungsi untuk memuji kebesaran Allah SWT. Wirid ini terdiri dari kalimat subhanallahi wal hamdulillah yang berarti maha suci Allah dan segala puji bagi-Nya. Wirid ini bisa dibaca sebanyak 100 kali atau lebih.

8. Subhanallahi wal hamdulillahi wa laa ilaaha illallahu wallahu akbar

Wirid ini merupakan wirid yang berfungsi untuk memuji kebesaran Allah SWT dan mengakui bahwa tidak ada ilah yang berhak disembah kecuali Allah. Wirid ini terdiri dari kalimat subhanallahi wal hamdulillahi wa laa ilaaha illallahu wallahu akbar yang berarti maha suci Allah dan segala puji bagi-Nya, tidak ada ilah yang berhak disembah kecuali Allah dan Allah Maha Besar. Wirid ini bisa dibaca sebanyak 100 kali atau lebih.

9. Laa haula wa laa quwwata illa billah

Wirid ini merupakan wirid yang berfungsi untuk mengakui bahwa tidak ada daya dan kekuatan kecuali dengan izin Allah. Wirid ini terdiri dari kalimat laa haula wa laa quwwata illa billah yang berarti tidak ada daya dan kekuatan kecuali dengan izin Allah. Wirid ini bisa dibaca sebanyak 100 kali atau lebih.

10. Allahumma antassalam wa minkassalam

Wirid ini merupakan wirid yang berfungsi untuk memohon keselamatan dari Allah SWT. Wirid ini terdiri dari kalimat allahumma antassalam wa minkassalam yang berarti ya Allah, Engkau adalah sumber keselamatan dan keselamatan berasal dari-Mu. Wirid ini bisa dibaca sebanyak tiga kali atau lebih.

11. Allahumma inni a’udzubika min ‘adzabil qabar

Wirid ini merupakan wirid yang berfungsi untuk memohon perlindungan dari siksa kubur. Wirid ini terdiri dari kalimat allahumma inni a’udzubika min ‘adzabil qabar yang berarti ya Allah, aku berlindung kepada-Mu dari siksa kubur. Wirid ini bisa dibaca sebanyak tiga kali atau lebih.

12. Hasbiyallahu laa ilaaha illa huwa ‘alaihi tawakkaltu wahuwa rabbul ‘arsyil ‘adzim

Wirid ini merupakan wirid yang berfungsi untuk mengakui bahwa Allah SWT sudah cukup sebagai pelindung dan penolong. Wirid ini terdiri dari kalimat hasbiyallahu laa ilaaha illa huwa ‘alaihi tawakkaltu wahuwa rabbul ‘arsyil ‘adzim yang berarti cukuplah Allah sebagai pelindungku, tidak ada ilah yang berhak disembah kecuali Dia, hanya kepada-Nya aku bertawakkal, dan Dia adalah Tuhan yang Maha Besar. Wirid ini bisa dibaca sebanyak tiga kali atau lebih.

Pos Terkait:  Kenali 7 Komponen Utama Tarekat

13. Subhanallahil ‘adzim wa bihamdihi

Wirid ini merupakan wirid yang berfungsi untuk memuji kebesaran Allah SWT. Wirid ini terdiri dari kalimat subhanallahil ‘adzim wa bihamdihi yang berarti maha suci Allah yang Maha Agung, segala puji bagi-Nya. Wirid ini bisa dibaca sebanyak 100 kali atau lebih.

14. Subhanallahi wa bihamdihi, subhanallahil ‘adzim

Wirid ini juga merupakan wirid yang berfungsi untuk memuji kebesaran Allah SWT. Wirid ini terdiri dari kalimat subhanallahi wa bihamdihi, subhanallahil ‘adzim yang berarti maha suci Allah dan segala puji bagi-Nya, maha suci Allah yang Maha Agung. Wirid ini bisa dibaca sebanyak 100 kali atau lebih.

15. Allohu akbar

Wirid ini merupakan wirid yang berfungsi untuk mengakui kebesaran Allah SWT. Wirid ini terdiri dari kalimat allohu akbar yang berarti Allah Maha Besar. Wirid ini bisa dibaca sebanyak 100 kali atau lebih.

16. Alhamdulillah

Wirid ini merupakan wirid yang berfungsi untuk mengucapkan puji syukur kepada Allah SWT. Wirid ini terdiri dari kalimat alhamdulillah yang berarti segala puji bagi Allah. Wirid ini bisa dibaca sebanyak 100 kali atau lebih.

17. Ashhadu alla ilaha illallah, wa ashhadu anna Muhammadan rasulullah

Wirid ini merupakan wirid yang berfungsi untuk mengakui bahwa tidak ada ilah yang berhak disembah kecuali Allah dan Muhammad adalah utusan Allah. Wirid ini terdiri dari kalimat ashhadu alla ilaha illallah, wa ashhadu anna Muhammadan rasulullah yang berarti aku bersaksi bahwa tidak ada ilah yang berhak disembah kecuali Allah dan aku bersaksi bahwa Muhammad adalah utusan Allah. Wirid ini bisa dibaca sebanyak tiga kali atau lebih.

18. Laa ilaaha illallaahu wahdahu laa syarika lah, lahul mulku wa lahul hamdu yuhyii wa yumiitu wa huwa ‘alaa kulli syai-in qadiir

Wirid ini merupakan wirid yang berfungsi untuk mengakui bahwa tidak ada ilah yang berhak disembah kecuali Allah dan Dia Maha Kuasa atas segala sesuatu. Wirid ini terdiri dari kalimat laa ilaaha illallaahu wahdahu laa syarika lah, lahul mulku wa lahul hamdu yuhyii wa yumiitu wa huwa ‘alaa kulli syai-in qadiir yang berarti tidak ada ilah yang berhak disembah kecuali Allah yang Maha Esa, tiada sekutu bagi-Nya, milik-Nya segala kerajaan dan segala pujaan, Dia menghidupkan dan Dia mematikan, dan Dia Maha Kuasa atas segala sesuatu. Wirid ini bisa dibaca sebanyak 100 kali atau lebih.

Pos Terkait:  Masya Allah dan Subhanallah Ini Beda Makna dan Penggunaannya

19. Subhanallahil ‘azhim

Wirid ini merupakan wirid yang berfungsi untuk memuji kebesaran Allah SWT. Wirid ini terdiri dari kalimat subhanallahil ‘azhim yang berarti maha suci Allah yang Maha Agung. Wirid ini bisa dibaca sebanyak 100 kali atau lebih.

20. Laa ilaaha illallahul ‘azhimul halim, laa ilaaha illallahu rabbul ‘arsyil ‘adzim, laa ilaaha illallahu rabbus samawaati wa rabbul ardhi wa rabbul ‘arsyil kariim

Wirid ini merupakan wirid yang berfungsi untuk mengakui bahwa tidak ada ilah yang berhak disembah kecuali Allah yang Maha Agung dan Maha Penyantun. Wirid ini terdiri dari kalimat laa ilaaha illallahul ‘azhimul halim, laa ilaaha illallahu rabbul ‘arsyil ‘adzim, laa ilaaha illallahu rabbus samawaati wa rabbul ardhi wa rabbul ‘arsyil kariim yang berarti tidak ada ilah yang berhak disembah kecuali Allah yang Maha Agung dan Maha Penyantun, tidak ada ilah yang berhak disembah kecuali Allah yang Maha Besar dan Maha Penyayang, tidak ada ilah yang berhak disembah kecuali Allah yang menguasai langit dan bumi dan ‘arsy yang agung. Wirid ini bisa dibaca sebanyak 100 kali atau lebih.

21. Yaa Rabbighfirlii, yaa Rabbighfirlii, yaa Rabbighfirlii

Wirid ini merupakan wirid yang berfungsi untuk memohon ampunan kepada Allah SWT. Wirid ini terdiri dari kalimat yaa Rabbighfirlii, yaa Rabbighfirlii, yaa Rabbighfirlii yang berarti ya Allah, ampunilah aku, ya Allah, ampunilah aku, ya Allah, ampunilah aku. Wirid ini bisa dibaca sebanyak tiga kali atau lebih.

22. Ya Allah, ya Rahman, ya Rahim

Wirid ini merupakan wirid yang berfungsi untuk memohon rahmat dan keberkahan dari Allah SWT. Wirid ini terdiri dari kalimat ya Allah, ya Rahman, ya Rahim yang berarti ya Allah, ya Maha Pengasih, ya Maha Penyayang. Wirid ini bisa dibaca sebanyak tiga kali atau lebih.

23. Alhamdulillahi rabbil ‘alamin

Wirid ini merupakan wirid yang berfungsi untuk mengucapkan puji syukur kepada Allah SWT sebagai Tuhan semesta alam. Wirid ini terdiri dari kalimat alhamdulillahi rabbil ‘alamin yang berarti segala puji bagi Allah, Tuhan semesta alam. Wirid ini bisa dibaca sebanyak 100 kali atau lebih.

24. Subhanallah wa bihamdihi, subhanallahil ‘azhim

Wirid ini merupakan wirid yang berfungsi untuk memuji kebesaran Allah SWT dan mengakui segala puji bagi-Nya. Wirid ini terdiri dari kalimat subhanallah wa bihamdihi, subhanallahil ‘azhim yang berarti maha su