Ini Doa Qunut Nazilah – Memperkuat Iman dan Mendekatkan Diri kepada Allah

Posted on

Doa Qunut Nazilah adalah salah satu doa yang diajarkan Rasulullah SAW kepada umat Islam. Doa ini sangat dianjurkan untuk dibaca ketika umat Islam sedang menghadapi bencana, musibah, atau ketika umat Islam dihinggapi rasa takut akan datangnya malapetaka. Dalam artikel ini, kita akan membahas secara lengkap mengenai doa Qunut Nazilah dan keutamaannya dalam memperkuat iman serta mendekatkan diri kepada Allah SWT.

1. Pengertian Doa Qunut Nazilah

Doa Qunut Nazilah adalah doa yang dibaca dalam shalat ketika umat Islam sedang menghadapi bencana, musibah, atau ancaman bahaya lainnya. Doa ini merupakan suatu bentuk permohonan kepada Allah SWT untuk melindungi dan memberikan pertolongan kepada umat-Nya yang sedang dalam kesulitan. Doa ini juga sebagai bentuk pengakuan atas kelemahan dan ketergantungan manusia kepada-Nya.

2. Keutamaan Membaca Doa Qunut Nazilah

Membaca doa Qunut Nazilah memiliki banyak keutamaan yang sangat penting bagi umat Islam. Beberapa keutamaan tersebut antara lain:

a. Membantu umat Islam menghadapi bencana dan musibah dengan ketenangan hati.

Pos Terkait:  Ilmuwan Muslim: Inovasi dan Kontribusi Mereka dalam Dunia Sains

b. Memperkuat iman dan kepasrahan umat Islam kepada Allah SWT.

c. Mengingatkan umat Islam akan kebesaran dan kekuasaan Allah SWT.

d. Mendekatkan diri kepada Allah SWT dan merasakan kehadiran-Nya dalam setiap aspek kehidupan.

e. Mendapatkan perlindungan dan pertolongan dari Allah SWT dalam menghadapi segala kesulitan.

3. Tata Cara Membaca Doa Qunut Nazilah

Berikut ini adalah tata cara membaca doa Qunut Nazilah dalam shalat:

1. Doa Qunut Nazilah dibaca setelah rukuk kedua dalam shalat.

2. Membaca doa Qunut Nazilah dilakukan dengan mengangkat tangan sebagaimana tata cara membaca doa Qunut pada umumnya.

3. Doa Qunut Nazilah dapat dibaca dengan menggunakan doa yang telah diajarkan Rasulullah SAW atau dengan menggunakan doa pribadi sesuai dengan kondisi dan kebutuhan yang sedang dialami umat Islam.

4. Setelah membaca doa Qunut Nazilah, dilanjutkan dengan melanjutkan shalat seperti biasa yaitu dengan melakukan sujud, duduk di antara dua sujud, dan membaca salam.

4. Contoh Doa Qunut Nazilah

Berikut ini adalah contoh doa Qunut Nazilah yang dapat dibaca dalam shalat:

اللَّهُمَّ إِنَّا نَسْتَعِينُكَ وَنَسْتَغْفِرُكَ وَنُؤْمِنُ بِكَ وَنَتَوَكَّلُ عَلَيْكَ وَنُثْنِي عَلَيْكَ الْخَيْرَ وَنَشْكُرُكَ وَلَا نَكْفُرُكَ وَنَخْلَعُ وَنَتْرُكُ مَنْ يَفْجُرُكَ اللَّهُمَّ إِيَّاكَ نَعْبُدُ وَلَكَ نُصَلِّي وَنَسْجُدُ وَإِلَيْكَ نَسْعَى وَنَحْفِدُ وَنَرْجُو رَحْمَتَكَ وَنَخْشَى عَذَابَكَ إِنَّ عَذَابَكَ بِالْكُفَّارِ مُلْحِقٌ

Pos Terkait:  Sejarah Perkembangan Ilmu Kalam

Artinya: “Ya Allah, kami memohon pertolongan kepada-Mu, kami memohon ampunan kepada-Mu, kami beriman kepada-Mu, kami bertawakal kepada-Mu, kami memuji-Mu atas segala kebaikan, kami bersyukur kepada-Mu, kami tidak mengingkari-Mu, kami meninggalkan dan membuang orang yang membangkang kepada-Mu. Ya Allah, hanya kepada-Mu kami beribadah, hanya kepada-Mu kami bersujud, hanya kepada-Mu kami berikhtiar, hanya kepada-Mu kami berusaha, hanya kepada-Mu kami berharap rahmat-Mu, dan hanya kepada-Mu kami takut akan siksa-Mu. Sesungguhnya siksa-Mu akan menimpa orang-orang yang kafir.”

5. Kesimpulan

Doa Qunut Nazilah adalah doa yang sangat penting dalam memperkuat iman dan mendekatkan diri kepada Allah SWT. Dengan membaca doa ini, umat Islam akan merasakan kehadiran dan perlindungan-Nya dalam menghadapi bencana, musibah, dan ancaman bahaya lainnya. Oleh karena itu, marilah kita selalu mengingatkan diri untuk membaca doa Qunut Nazilah dalam shalat agar kita senantiasa mendapatkan pertolongan dan keberkahan dari Allah SWT. Semoga artikel ini bermanfaat bagi kita semua. Aamiin.