Penjelasan Aqidah Islam: Aqidah Ahlussunnah wal Jamaah

Posted on

Pengertian Aqidah

Aqidah merupakan salah satu istilah penting dalam Islam yang merujuk pada keyakinan atau kepercayaan dasar yang harus dimiliki oleh setiap muslim. Aqidah mencakup pokok-pokok keyakinan yang berkaitan dengan Allah, Rasul-Nya, kitab-kitab-Nya, malaikat-malaikat-Nya, hari kiamat, dan takdir.

Aqidah Ahlussunnah wal Jamaah

Aqidah Ahlussunnah wal Jamaah adalah aqidah yang dianut oleh mayoritas umat Islam. Aqidah ini didasarkan pada Al-Qur’an dan hadis-hadis Rasulullah SAW serta pemahaman para sahabat beliau. Ahlussunnah wal Jamaah mengikuti jalan tengah dan menolak ekstremisme dalam beragama.

Pokok-Pokok Aqidah Ahlussunnah wal Jamaah

Aqidah Ahlussunnah wal Jamaah memiliki beberapa pokok-pokok keyakinan yang harus dipahami oleh umat Islam:

1. Keimanan kepada Allah

Ahlussunnah wal Jamaah meyakini bahwa Allah adalah satu-satunya Tuhan yang menciptakan alam semesta dan segala isinya. Allah bersifat sempurna dalam segala hal, baik dalam sifat-sifat-Nya maupun dalam perbuatan-Nya. Allah juga tidak dapat dilihat oleh manusia.

Pos Terkait:  Tahsin: Seni Membaca Al-Quran dengan Merdu dan Bersemangat

2. Keimanan kepada Rasulullah SAW

Ahlussunnah wal Jamaah meyakini bahwa Muhammad SAW adalah rasul terakhir yang diutus oleh Allah untuk menyampaikan wahyu-Nya kepada umat manusia. Muhammad SAW adalah contoh teladan dalam menjalankan ajaran Islam dan memiliki kedudukan istimewa sebagai rasul.

3. Keimanan kepada Kitab-Kitab Allah

Ahlussunnah wal Jamaah meyakini bahwa Al-Qur’an adalah kitab suci yang diturunkan oleh Allah kepada Nabi Muhammad SAW melalui wahyu. Selain Al-Qur’an, aqidah ini juga mengakui kitab-kitab suci sebelumnya, seperti Taurat, Zabur, dan Injil, meskipun dengan pengecualian bahwa kitab-kitab tersebut telah mengalami perubahan dan penyimpangan.

4. Keimanan kepada Malaikat

Ahlussunnah wal Jamaah meyakini bahwa malaikat adalah makhluk ciptaan Allah yang tidak terlihat oleh manusia. Malaikat memiliki tugas-tugas khusus yang diberikan oleh Allah, antara lain menyampaikan wahyu, menjaga manusia, dan mencatat amal perbuatan manusia.

5. Keimanan kepada Hari Kiamat

Ahlussunnah wal Jamaah meyakini bahwa hari kiamat adalah suatu kepastian yang akan terjadi di masa depan. Pada hari kiamat, semua manusia akan dihidupkan kembali dan menerima pembalasan atas amal perbuatan mereka selama di dunia.

6. Keimanan kepada Takdir

Ahlussunnah wal Jamaah meyakini bahwa segala sesuatu yang terjadi di dunia ini adalah takdir dan ketentuan Allah. Manusia memiliki kebebasan dalam memilih, namun Allah-lah yang mengetahui segala pilihan dan hasil akhirnya.

Pos Terkait:  Makna Kasih Sayang dalam Ar Rahman dan Ar Rahim

Kesimpulan

Aqidah Ahlussunnah wal Jamaah merupakan aqidah yang dipegang oleh mayoritas umat Islam. Aqidah ini mencakup keyakinan kepada Allah, Rasulullah SAW, kitab-kitab Allah, malaikat, hari kiamat, dan takdir. Dengan memahami dan mengamalkan aqidah ini, umat Islam diharapkan dapat menjalankan agama dengan seimbang dan menghindari ekstremisme.