Umum

Rukun Shalat Jenazah dan Penjelasannya

×

Rukun Shalat Jenazah dan Penjelasannya

Share this article

Pengertian Shalat Jenazah

Shalat jenazah merupakan salah satu ibadah dalam agama Islam yang dilakukan sebagai bentuk penghormatan terakhir kepada seseorang yang telah meninggal dunia. Ibadah ini termasuk dalam kategori ibadah fardhu kifayah, yang artinya jika sudah ada sebagian umat yang melaksanakannya, maka kewajiban tersebut sudah terpenuhi bagi seluruh umat Islam. Shalat jenazah memiliki rukun-rukun yang harus dipenuhi agar sah dilaksanakan.

Rukun Shalat Jenazah

Ada empat rukun dalam shalat jenazah yang harus dipenuhi, yaitu:

Rukun Pertama: Niat

Rukun pertama dalam shalat jenazah adalah niat. Niat dalam shalat jenazah dilakukan dengan hati dan tidak diucapkan secara lisan. Niat ini haruslah ikhlas semata-mata karena Allah SWT.

Rukun Kedua: Takbir

Rukun kedua adalah takbir. Takbir ini dilakukan dengan mengucapkan “Allahu Akbar” sebanyak empat kali. Setelah takbir pertama, dilanjutkan dengan membaca surat Al-Fatihah. Takbir kedua dilakukan setelah membaca surat Al-Fatihah, kemudian dilanjutkan dengan membaca doa untuk Nabi Muhammad SAW. Takbir ketiga dilakukan setelah membaca doa untuk Nabi Muhammad SAW. Takbir keempat dilakukan setelah membaca doa untuk jenazah.

Pos Terkait:  Tradisi Menyambangi Orang Baru Pulang Haji

Rukun Ketiga: Doa untuk Jenazah

Rukun ketiga adalah doa untuk jenazah. Setelah membaca doa untuk Nabi Muhammad SAW, dilanjutkan dengan membaca doa khusus untuk jenazah yang telah meninggal dunia. Doa ini biasanya berisi permohonan ampunan, rahmat, dan tempat yang baik di sisi Allah SWT.

Rukun Keempat: Salam

Rukun keempat dalam shalat jenazah adalah salam. Setelah membaca doa untuk jenazah, dilakukan salam ke kanan dan kiri secara bergantian. Salam ini menandakan bahwa shalat jenazah telah selesai dilaksanakan.

Penjelasan Rukun Shalat Jenazah

Rukun pertama, yaitu niat, merupakan langkah awal yang harus dilakukan sebelum memulai shalat jenazah. Niat ini haruslah murni karena Allah SWT semata, tanpa ada faktor lain yang mempengaruhi niat tersebut.

Rukun kedua, takbir, dilakukan dengan mengucapkan “Allahu Akbar” sebanyak empat kali. Takbir pertama dilakukan setelah niat, takbir kedua dilakukan setelah membaca surat Al-Fatihah, takbir ketiga dilakukan setelah membaca doa untuk Nabi Muhammad SAW, dan takbir keempat dilakukan setelah membaca doa untuk jenazah. Takbir merupakan ungkapan kebesaran Allah SWT dan juga sebagai penanda perpindahan dari satu tahapan shalat jenazah ke tahapan berikutnya.

Rukun ketiga, doa untuk jenazah, dilakukan setelah membaca doa untuk Nabi Muhammad SAW. Doa ini berfungsi sebagai permohonan ampunan, rahmat, dan tempat yang baik di sisi Allah SWT bagi jenazah yang telah meninggal dunia. Doa ini juga merupakan bentuk penghormatan dan pengharapan agar jenazah diterima amal ibadahnya dan ditempatkan di surga-Nya.

Pos Terkait:  Ini 10 Hijaber yang Pernah Masuk Nominasi Wanita Tercantik Dunia versi TC Candler

Rukun keempat, salam, dilakukan setelah membaca doa untuk jenazah. Salam dilakukan dengan menggerakkan kepala ke kanan dan kiri secara bergantian. Hal ini menandakan bahwa shalat jenazah telah selesai dilaksanakan dan sebagai ungkapan akhir dalam menyampaikan penghormatan terakhir kepada jenazah.

Kesimpulan

Shalat jenazah adalah ibadah dalam agama Islam yang dilakukan sebagai bentuk penghormatan terakhir kepada seseorang yang telah meninggal dunia. Ibadah ini memiliki empat rukun, yaitu niat, takbir, doa untuk jenazah, dan salam. Setiap rukun memiliki tata cara dan bacaan yang harus dipenuhi agar shalat jenazah sah dilaksanakan. Dengan memahami rukun-rukun tersebut, umat Islam dapat melaksanakan shalat jenazah dengan baik dan benar sesuai dengan tuntunan agama. Semoga artikel ini bermanfaat bagi pembaca dalam mempelajari dan melaksanakan shalat jenazah.