Umum

Dalil dan Keutamaan Shalat Tarawih

×

Dalil dan Keutamaan Shalat Tarawih

Share this article

Pengertian Shalat Tarawih

Shalat Tarawih adalah salah satu ibadah sunnah yang dilakukan pada bulan Ramadan setelah shalat Isya. Ibadah ini dilakukan dengan melaksanakan shalat berjamaah dan membaca Al-Quran secara berurutan dari awal hingga akhir. Shalat Tarawih memiliki keutamaan tersendiri bagi umat Muslim, karena dilakukan pada malam bulan Ramadan yang penuh berkah.

Dalil-dalil Pelaksanaan Shalat Tarawih

Ada beberapa dalil yang menjelaskan tentang pelaksanaan shalat Tarawih. Salah satu dalilnya adalah hadis riwayat Aisyah ra, yang menceritakan bahwa Rasulullah SAW pernah melaksanakan shalat Tarawih secara berjamaah. Selain itu, juga terdapat hadis riwayat Abu Hurairah ra, yang mengatakan bahwa Rasulullah SAW menganjurkan umat Muslim untuk melaksanakan shalat Tarawih.

Keutamaan Shalat Tarawih

Shalat Tarawih memiliki banyak keutamaan yang dapat diraih oleh umat Muslim yang melaksanakannya. Beberapa keutamaan tersebut antara lain:

1. Pahala yang besar: Melakukan shalat Tarawih pada bulan Ramadan akan mendapatkan pahala yang besar dari Allah SWT. Setiap rakaat shalat Tarawih akan dihitung seperti melaksanakan shalat malam selama seribu bulan.

Pos Terkait:  Penjelasan soal Jual Beli dengan Akad Salam

2. Membersihkan jiwa: Shalat Tarawih juga dapat membersihkan jiwa dan hati dari dosa-dosa yang telah dilakukan. Dengan melaksanakan shalat Tarawih, umat Muslim dapat memperbaiki diri dan mendekatkan diri kepada Allah SWT.

3. Menambah keimanan: Shalat Tarawih juga dapat meningkatkan keimanan dan ketakwaan seseorang. Dengan melaksanakan ibadah ini secara khusyuk, umat Muslim akan merasakan kedekatan dengan Allah SWT dan semakin menguatkan iman dalam hati.

Cara Melaksanakan Shalat Tarawih

Untuk melaksanakan shalat Tarawih, berikut adalah langkah-langkah yang harus diikuti:

1. Mempersiapkan tempat: Pilihlah tempat yang tenang dan nyaman untuk melaksanakan shalat Tarawih. Pastikan tempat tersebut bebas dari gangguan dan dapat memberikan kenyamanan dalam beribadah.

2. Berwudhu: Sebelum melaksanakan shalat Tarawih, lakukanlah wudhu sesuai dengan tata cara yang benar. Bersihkan diri dari hadas besar dan hadas kecil untuk menjaga kesucian ibadah.

3. Memilih imam: Tentukan seseorang yang akan menjadi imam dalam shalat Tarawih. Pilihlah orang yang mampu membaca Al-Quran dengan baik dan memiliki pemahaman yang baik tentang tata cara shalat Tarawih.

4. Membaca Al-Quran: Selama melaksanakan shalat Tarawih, bacalah Al-Quran secara berurutan. Mulai dari awal hingga akhir, sehingga dapat menyelesaikan bacaan Al-Quran dalam satu bulan penuh.

Pos Terkait:  Memahami Makna Sujud

Keutamaan Malam Lailatul Qadar dalam Shalat Tarawih

Malam Lailatul Qadar merupakan malam yang sangat istimewa dalam bulan Ramadan. Pada malam tersebut, pahala ibadah yang dilakukan akan dilipatgandakan. Oleh karena itu, banyak umat Muslim yang berusaha semaksimal mungkin untuk mendapatkan malam Lailatul Qadar dengan melaksanakan shalat Tarawih secara khusyuk dan penuh keikhlasan.

Kesimpulan

Shalat Tarawih adalah ibadah sunnah yang dilakukan pada bulan Ramadan setelah shalat Isya. Ibadah ini memiliki banyak keutamaan, seperti mendapatkan pahala yang besar, membersihkan jiwa, dan menambah keimanan. Melaksanakan shalat Tarawih juga memerlukan persiapan yang matang, seperti memilih tempat yang tenang, berwudhu dengan benar, memilih imam yang baik, dan membaca Al-Quran secara berurutan. Selain itu, malam Lailatul Qadar juga sangat istimewa dalam pelaksanaan shalat Tarawih, karena pahala ibadah akan dilipatgandakan. Dengan melaksanakan shalat Tarawih dengan penuh keikhlasan, umat Muslim dapat meraih keberkahan bulan Ramadan dan mendekatkan diri kepada Allah SWT.