Umum

Daftar Lengkap Surat Makkiyah dan Madaniyah Riwayat Ibnu

×

Daftar Lengkap Surat Makkiyah dan Madaniyah Riwayat Ibnu

Share this article

Pengantar

Al-Quran, kitab suci umat Islam, terdiri dari 114 surat yang terbagi menjadi dua kelompok utama: Surat Makkiyah dan Surat Madaniyah. Surat Makkiyah adalah surat yang diturunkan di Makkah sebelum Nabi Muhammad hijrah ke Madinah, sedangkan Surat Madaniyah adalah surat yang diturunkan setelah hijrah. Dalam artikel ini, kita akan melihat daftar lengkap surat Makkiyah dan Madaniyah serta riwayat Ibnu mereka.

Daftar Surat Makkiyah

1. Surat Al-Fatihah

Surat Al-Fatihah adalah surat pembuka dalam Al-Quran dan merupakan surat yang diturunkan di Makkah. Surat ini terdiri dari 7 ayat dan menjadi salah satu surat yang paling sering dibaca dalam shalat.

2. Surat Al-Baqarah

Surat Al-Baqarah adalah surat terpanjang dalam Al-Quran yang terdiri dari 286 ayat. Surat ini banyak membahas tentang hukum, sejarah, dan pedoman hidup bagi umat Islam.

3. Surat Ali Imran

Surat Ali Imran adalah surat yang dinamai berdasarkan keluarga Nabi Muhammad. Surat ini terdiri dari 200 ayat dan membahas tentang keluarga Nabi, Yesus, dan pentingnya mempertahankan keimanan.

4. Surat An-Nisa

Surat An-Nisa adalah surat yang membahas tentang hukum dan etika dalam kehidupan sosial. Surat ini terdiri dari 176 ayat dan mengajarkan umat Islam tentang keadilan, pernikahan, dan waris.

5. Surat Al-Maidah

Surat Al-Maidah adalah surat yang membahas tentang hukum makanan, perjanjian, dan hubungan dengan orang non-Muslim. Surat ini terdiri dari 120 ayat dan memberikan panduan dalam berinteraksi dengan masyarakat non-Muslim.

6. Surat Al-An’am

Surat Al-An’am adalah surat yang membahas tentang kehidupan manusia, kehidupan akhirat, dan peringatan untuk menghindari penyembahan berhala. Surat ini terdiri dari 165 ayat.

7. Surat Al-A’raf

Surat Al-A’raf adalah surat yang membahas tentang kisah-kisah para nabi dan peringatan tentang hari kiamat. Surat ini terdiri dari 206 ayat dan memberikan pelajaran tentang kehidupan dunia dan akhirat.

8. Surat Al-Anfal

Surat Al-Anfal adalah surat yang membahas tentang peperangan dan harta rampasan dalam konteks perang. Surat ini terdiri dari 75 ayat dan memberikan pedoman bagi umat Islam dalam pertempuran.

Pos Terkait:  Foto Sebelum Berhijab Muslimah Berjilbab: Kenangan Berharga

9. Surat At-Tawbah

Surat At-Tawbah adalah surat yang membahas tentang penyesalan dan taubat. Surat ini terdiri dari 129 ayat dan memberikan pengajaran tentang pentingnya bertaubat kepada Allah.

10. Surat Yunus

Surat Yunus adalah surat yang membahas tentang kisah Nabi Yunus dan kisah-kisah para nabi lainnya. Surat ini terdiri dari 109 ayat dan memberikan pelajaran tentang kesabaran dan keimanan.

11. Surat Hud

Surat Hud adalah surat yang membahas tentang kisah Nabi Hud dan peringatan terhadap kaum yang mendustakan risalah Allah. Surat ini terdiri dari 123 ayat.

12. Surat Yusuf

Surat Yusuf adalah surat yang membahas tentang kisah Nabi Yusuf dan pelajaran tentang kesabaran, keadilan, dan pengampunan. Surat ini terdiri dari 111 ayat.

13. Surat Ar-Rad

Surat Ar-Rad adalah surat yang membahas tentang kekuasaan Allah dan peringatan terhadap umat manusia yang lalai. Surat ini terdiri dari 43 ayat dan memberikan pengajaran tentang pentingnya menghayati kebesaran Allah.

14. Surat Ibrahim

Surat Ibrahim adalah surat yang membahas tentang kisah Nabi Ibrahim dan pengajaran tentang keimanan, shalat, dan kehidupan akhirat. Surat ini terdiri dari 52 ayat.

15. Surat Al-Hijr

Surat Al-Hijr adalah surat yang membahas tentang kisah kaum Tsamud dan peringatan terhadap mereka yang mendustakan Allah. Surat ini terdiri dari 99 ayat.

16. Surat An-Nahl

Surat An-Nahl adalah surat yang membahas tentang keajaiban ciptaan Allah dan kekuasaan-Nya dalam menciptakan makhluk hidup. Surat ini terdiri dari 128 ayat dan memberikan pengajaran tentang pentingnya bersyukur kepada Allah.

17. Surat Al-Isra

Surat Al-Isra adalah surat yang membahas tentang perjalanan malam Nabi Muhammad dari Makkah ke Yerusalem. Surat ini terdiri dari 111 ayat dan mengajarkan umat Islam tentang kekuasaan Allah dan pentingnya menjaga shalat.

18. Surat Al-Kahfi

Surat Al-Kahfi adalah surat yang membahas tentang kisah pemuda-pemuda yang terjaga dalam gua dan pengajaran tentang keimanan, keadilan, dan akhirat. Surat ini terdiri dari 110 ayat.

19. Surat Maryam

Pos Terkait:  Tips Memilih Gamis yang Tepat dan Nyaman untuk Dipakai

Surat Maryam adalah surat yang membahas tentang kisah Maryam, ibu Nabi Isa, dan pengajaran tentang keimanan, keluarga, dan hari kiamat. Surat ini terdiri dari 98 ayat.

20. Surat Ta Ha

Surat Ta Ha adalah surat yang membahas tentang kisah Nabi Musa dan pengajaran tentang keimanan, hukum, dan kehidupan akhirat. Surat ini terdiri dari 135 ayat.

21. Surat Al-Anbiya

Surat Al-Anbiya adalah surat yang membahas tentang kisah-kisah para nabi dan peringatan untuk mengikuti petunjuk Allah. Surat ini terdiri dari 112 ayat dan memberikan pengajaran tentang keimanan dan kehidupan akhirat.

22. Surat Al-Hajj

Surat Al-Hajj adalah surat yang membahas tentang ibadah haji dan pentingnya mengikuti perintah Allah. Surat ini terdiri dari 78 ayat dan memberikan panduan bagi umat Islam dalam menjalankan ibadah haji.

23. Surat Al-Mu’minun

Surat Al-Mu’minun adalah surat yang membahas tentang sifat-sifat orang-orang beriman dan pengajaran tentang kehidupan akhirat. Surat ini terdiri dari 118 ayat.

24. Surat An-Nur

Surat An-Nur adalah surat yang membahas tentang hukum-hukum sosial, keadilan, dan etika dalam kehidupan sehari-hari. Surat ini terdiri dari 64 ayat.

25. Surat Al-Furqan

Surat Al-Furqan adalah surat yang membahas tentang perbedaan antara kebenaran dan kebatilan. Surat ini terdiri dari 77 ayat dan memberikan pengajaran tentang pentingnya membedakan yang baik dan buruk.

26. Surat Asy-Syu’ara

Surat Asy-Syu’ara adalah surat yang membahas tentang kisah-kisah para nabi dan peringatan terhadap kaum musyrik. Surat ini terdiri dari 227 ayat.

27. Surat An-Naml

Surat An-Naml adalah surat yang membahas tentang kisah Nabi Sulaiman dan keajaiban ciptaan Allah. Surat ini terdiri dari 93 ayat dan memberikan pengajaran tentang pentingnya menghormati kekuasaan Allah.

28. Surat Al-Qasas

Surat Al-Qasas adalah surat yang membahas tentang kisah Nabi Musa dan pengajaran tentang keimanan, keadilan, dan akhirat. Surat ini terdiri dari 88 ayat.

29. Surat Al-Ankabut

Surat Al-Ankabut adalah surat yang membahas tentang ujian dan cobaan dalam kehidupan dunia serta kebesaran Allah. Surat ini terdiri dari 69 ayat dan memberikan pengajaran tentang keimanan dan kehidupan akhirat.

Pos Terkait:  Hafizh Paling Menginspirasi: Kisah Perjuangan Juara Dunia Moto2

30. Surat Ar-Rum

Surat Ar-Rum adalah surat yang membahas tentang tanda-tanda kebesaran Allah dan peringatan terhadap umat manusia yang lalai. Surat ini terdiri dari 60 ayat.

Daftar Surat Madaniyah

1. Surat Al-Baqarah

Surat Al-Baqarah adalah surat yang juga termasuk dalam surat Makkiyah, namun sebagian ayatnya diturunkan setelah hijrah Nabi Muhammad ke Madinah. Ayat-ayat ini membahas tentang hukum-hukum sosial dan politik.

2. Surat Al-Imran

Surat Al-Imran juga termasuk dalam surat Makkiyah, namun sebagian ayatnya diturunkan setelah hijrah. Ayat-ayat ini membahas tentang hubungan antara umat Islam dan umat Yahudi di Madinah.

3. Surat An-Nisa

Surat An-Nisa juga termasuk dalam surat Makkiyah, namun sebagian ayatnya diturunkan setelah hijrah. Ayat-ayat ini membahas tentang hukum-hukum pernikahan dan waris di Madinah.

4. Surat Al-Ma’idah

Surat Al-Ma’idah adalah surat yang diturunkan di Madinah dan membahas tentang hukum makanan, perjanjian, dan hubungan dengan orang non-Muslim.

5. Surat Al-Anfal

Surat Al-Anfal juga termasuk dalam surat Makkiyah, namun sebagian ayatnya diturunkan setelah hijrah. Ayat-ayat ini membahas tentang peperangan dan harta rampasan dalam konteks perang.

6. Surat At-Tawbah

Surat At-Tawbah juga termasuk dalam surat Makkiyah, namun sebagian ayatnya diturunkan setelah hijrah. Ayat-ayat ini membahas tentang penyesalan dan taubat.

7. Surat Al-Mumtahanah

Surat Al-Mumtahanah adalah surat yang diturunkan di Madinah dan membahas tentang hubungan antara umat Islam dan umat non-Muslim.

8. Surat As-Saff

Surat As-Saff adalah surat yang diturunkan di Madinah dan membahas tentang pentingnya berjihad dan mempertahankan agama Islam.

9. Surat Al-Jumu’ah

Surat Al-Jumu’ah adalah surat yang diturunkan di Madinah dan membahas tentang ibadah shalat Jumat.

10. Surat Al-Munafiqun

Surat Al-Munafiqun adalah surat yang diturunkan di Madinah dan membahas tentang sifat-sifat orang munafik.

11. Surat At-Taghabun

Surat At-Taghabun adalah surat yang diturunkan di Madinah dan membahas tentang hari kiamat dan peringatan terhadap orang yang lalai.

12. Surat At-Talaq

Surat At-Talaq adalah surat yang diturunkan di Madinah dan membahas tentang hukum perceraian.

13. Sur