Umum

Doa Memulai Tawaf Mengelilingi Ka’bah

×

Doa Memulai Tawaf Mengelilingi Ka’bah

Share this article

Pengenalan

Tawaf adalah salah satu rukun umrah dan haji yang harus dilakukan oleh setiap muslim yang mengunjungi Ka’bah di Masjidil Haram, Makkah. Tawaf adalah upaya untuk mengelilingi Ka’bah sebanyak tujuh putaran dalam arah searah jarum jam. Tawaf ini dimulai dan diakhiri di Hajar Aswad, yaitu batu hitam yang berada di pojokan Kabah. Sebelum memulai tawaf, ada doa tertentu yang sebaiknya dibaca untuk memohon keberkahan dan perlindungan dari Allah SWT.

Doa Sebelum Memulai Tawaf

Sebelum memulai tawaf, ada doa khusus yang bisa kita baca sebagai permohonan izin dan keberkahan kepada Allah SWT. Doa ini dapat membantu memfokuskan pikiran dan hati pada ibadah yang akan dilakukan. Berikut adalah doa yang bisa kita ucapkan sebelum memulai tawaf:

“Bismillahi, Allahumma Salli ‘ala Muhammad, Allahumma Ighfirli Warhamni, Allahumma Hadzihii Tawafuna Laka, Wa Thawafana Ma’a Syaikhatika Al Mukarromah, Allahumma J’alhaa Mabruroh, Wa J’alanii Min Atta’ifin Al Mukhlasin.”

Artinya: Dengan menyebut nama Allah, Ya Allah, limpahkanlah salam kepada Nabi Muhammad, Ya Allah, ampunilah dan sayangilah hamba-Mu ini, Ya Allah, tawaf ini kami lakukan untuk-Mu, dan berputarlah bersama kami sebagai orang-orang yang terhormat, Ya Allah, jadikanlah ibadah ini diterima dan jadikanlah kami termasuk orang-orang yang ikhlas.”

Pos Terkait:  Obat Stress Menurut Al Quran

Doa-doa di Setiap Putaran Tawaf

Setiap putaran tawaf memiliki doa tertentu yang dianjurkan untuk dibaca. Doa-doa ini membantu kita untuk memperkuat konsentrasi dan keikhlasan dalam melaksanakan ibadah tawaf. Berikut adalah doa-doa yang dapat dibaca di setiap putaran tawaf:

Putaran Pertama:

“Allahumma Bismika Tawafna Wa ‘ala Rizqika Tawafna, Allahumma Ij’alhu Hajj Mabrur Wa Sa’yamashkur Wa Amalan Mutakabbalan.”

Artinya: Ya Allah, dengan menyebut nama-Mu kami tawaf dan kami tawaf karena rezeki-Mu, Ya Allah, jadikanlah tawaf ini sebagai haji yang diterima, puasa yang diberkahi dan amal yang diterima.”

Putaran Kedua hingga Keenam:

“Allahumma Bismika Tawafna Wa ‘ala Rizqika Tawafna, Allahumma Ij’alhu Hajj Mabrur.”

Artinya: Ya Allah, dengan menyebut nama-Mu kami tawaf dan kami tawaf karena rezeki-Mu, Ya Allah, jadikanlah tawaf ini sebagai haji yang diterima.”

Putaran Ketujuh:

“Allahumma Bismika Tawafna Wa ‘ala Rizqika Tawafna, Allahumma Hada Syaikhunaa Thawafan Laka, Allahumma Ij’alhu Hajj Mabrur.”

Artinya: Ya Allah, dengan menyebut nama-Mu kami tawaf dan kami tawaf karena rezeki-Mu, Ya Allah, ini adalah putaran terakhir kami, Ya Allah, jadikanlah tawaf ini sebagai haji yang diterima.”

Doa Setelah Tawaf

Setelah selesai melakukan tawaf, ada doa yang dianjurkan untuk dibaca sebagai ungkapan syukur dan permohonan ampunan kepada Allah SWT. Berikut adalah doa yang bisa kita ucapkan setelah tawaf:

Pos Terkait:  Tata Cara Shalat Masbuk: Menjaga Kehadiran di Hadapan Allah Swt

“Allahumma Antash Shalih, Falakanil ‘Amal, Allahumma Antash Shalih, Falakanil ‘Amal, Allahumma Antash Shalih, Falakanil ‘Amal.”

Artinya: Ya Allah, Engkau Maha Baik dan hanya Engkaulah yang Maha Baik, maka jadikanlah amalan kami baik karena Engkau, Ya Allah, Engkau Maha Baik dan hanya Engkaulah yang Maha Baik, maka jadikanlah amalan kami baik karena Engkau, Ya Allah, Engkau Maha Baik dan hanya Engkaulah yang Maha Baik, maka jadikanlah amalan kami baik karena Engkau.”

Kesimpulan

Tawaf mengelilingi Ka’bah adalah salah satu ibadah yang sangat penting bagi umat Islam. Sebelum memulai tawaf, penting bagi kita untuk membaca doa permohonan izin dan keberkahan kepada Allah SWT. Selama tawaf, kita juga disarankan untuk membaca doa-doa tertentu di setiap putaran tawaf. Setelah selesai tawaf, kita dapat mengucapkan doa syukur dan permohonan ampunan kepada Allah SWT. Dengan membaca doa-doa ini, semoga kita mendapatkan keberkahan dan keikhlasan dalam melaksanakan ibadah tawaf dan mendapatkan ampunan serta ridha dari Allah SWT.