Umum

Jangan Berbekam Pada Hari Ini, Kenapa?

×

Jangan Berbekam Pada Hari Ini, Kenapa?

Share this article

Pengertian Bekam

Bekam merupakan salah satu metode pengobatan alternatif yang telah digunakan sejak zaman dahulu. Metode ini dilakukan dengan cara membuat sayatan kecil pada kulit dan menarik darah menggunakan alat khusus yang disebut bekam.

Manfaat Bekam

Bekam diyakini dapat membantu mengatasi berbagai masalah kesehatan, seperti sakit kepala, migrain, nyeri otot, pegal linu, dan masih banyak lagi. Bekam juga diklaim dapat membantu meningkatkan imunitas tubuh dan membantu mengurangi stres.

Tren Bekam di Indonesia

Belakangan ini, tren bekam semakin populer di Indonesia. Banyak orang yang mencoba metode ini untuk mengatasi berbagai masalah kesehatan. Namun, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan sebelum melakukan bekam.

Pos Terkait:  Pahamilah Dunia Ini Hanya Sementara

Berikut Ini Alasan Mengapa Tidak Disarankan untuk Berbekam Hari Ini:

1. Tidak Disarankan untuk Wanita Hamil

Bagi wanita hamil, sebaiknya tidak melakukan bekam. Hal ini karena bekam dapat memicu kontraksi pada rahim dan menyebabkan keguguran.

2. Tidak Disarankan untuk Orang yang Sedang Menstruasi

Bagi wanita yang sedang menstruasi, sebaiknya juga tidak melakukan bekam. Hal ini karena bekam dapat memicu perdarahan yang lebih banyak.

3. Tidak Disarankan untuk Orang yang Sedang Sakit Demam

Jika Anda sedang sakit demam, sebaiknya tidak melakukan bekam. Hal ini karena bekam dapat memperparah kondisi demam dan mengganggu proses penyembuhan.

4. Tidak Disarankan untuk Orang yang Sedang Menjalani Terapi Obat-obatan

Jika Anda sedang menjalani terapi obat-obatan, sebaiknya tidak melakukan bekam. Hal ini karena bekam dapat berinteraksi dengan obat-obatan yang sedang Anda konsumsi dan menyebabkan efek samping yang tidak diinginkan.

5. Tidak Disarankan untuk Orang yang Memiliki Penyakit Darah

Bagi orang yang memiliki penyakit darah, seperti hemofilia atau anemia, sebaiknya tidak melakukan bekam. Hal ini karena bekam dapat memperparah kondisi penyakit darah yang sedang Anda alami.

6. Tidak Disarankan untuk Orang yang Memiliki Riwayat Penyakit Jantung

Bagi orang yang memiliki riwayat penyakit jantung, sebaiknya tidak melakukan bekam. Hal ini karena bekam dapat memperparah kondisi penyakit jantung dan menyebabkan komplikasi yang lebih serius.

Pos Terkait:  Pengertian Hadanah Hak Asuh Anak Syarat

7. Tidak Disarankan untuk Orang yang Memiliki Penyakit Kulit

Bagi orang yang memiliki penyakit kulit, seperti eksim atau psoriasis, sebaiknya tidak melakukan bekam. Hal ini karena bekam dapat memperparah kondisi kulit yang sedang Anda alami.

8. Tidak Disarankan untuk Orang yang Memiliki Penyakit Ginjal

Bagi orang yang memiliki penyakit ginjal, sebaiknya tidak melakukan bekam. Hal ini karena bekam dapat memperparah kondisi ginjal dan menyebabkan komplikasi yang lebih serius.

Penutup

Jangan sembarangan melakukan bekam tanpa berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter atau terapis yang berpengalaman. Pastikan Anda memperhatikan kondisi kesehatan Anda dan tidak melakukan bekam pada hari-hari tertentu seperti yang telah disebutkan di atas. Ingat, kesehatan adalah investasi yang paling berharga dalam hidup kita.