Umum

Dahsyatnya Istighfar Bikin Semua Doa Dikabulkan Allah Ini Caranya Oleh Ustadz Adi Hidayat

×

Dahsyatnya Istighfar Bikin Semua Doa Dikabulkan Allah Ini Caranya Oleh Ustadz Adi Hidayat

Share this article

Mungkin kamu pernah mendengar bahwa istighfar adalah salah satu amalan yang sangat dianjurkan dalam Islam. Tapi, tahukah kamu bahwa istighfar juga memiliki kekuatan yang dahsyat untuk mempercepat terkabulnya doa-doa kita?

Ustadz Adi Hidayat, seorang dai kondang asal Indonesia, pernah membahas tentang keistimewaan istighfar dalam salah satu pengajian beliau. Berikut ini rangkuman dari pengajian tersebut.

Apa Itu Istighfar?

Istighfar adalah istilah dalam bahasa Arab yang berasal dari kata ghafara yang artinya menutupi atau menyembunyikan. Dalam konteks agama Islam, istighfar berarti memohon ampun kepada Allah atas segala dosa dan kesalahan yang kita perbuat.

Setiap muslim dianjurkan untuk senantiasa memohon ampun kepada Allah dengan istighfar. Bahkan, Rasulullah SAW sendiri juga sering mengucapkan istighfar dalam kehidupan sehari-harinya.

Keutamaan Istighfar

Terdapat banyak keutamaan dalam istighfar. Beberapa di antaranya adalah:

  • Menjaga hati agar tetap bersih
  • Menghindari perbuatan dosa dan kesalahan
  • Mendapatkan rahmat dan ampunan dari Allah
  • Menjaga hubungan dengan Allah tetap baik
  • Dapat mempercepat terkabulnya doa-doa kita

Keutamaan yang terakhir ini yang akan kita bahas lebih lanjut.

Pos Terkait:  Fungsi Hadis: Pengertian Bayan dan Nasakh

Bagaimana Istighfar Bisa Membuat Doa Kita Dikabulkan?

Menurut Ustadz Adi Hidayat, istighfar memiliki kekuatan untuk membuka pintu-pintu rahmat dari Allah. Dengan istighfar, hati kita menjadi lebih bersih dan terbuka untuk menerima berkah dan rahmat dari-Nya.

Ketika hati kita bersih dan terbuka, maka doa-doa kita pun akan lebih mudah terkabul. Hal ini karena Allah SWT lebih mudah mendengar doa-doa dari orang yang hatinya bersih dan terbuka.

Selain itu, istighfar juga dapat memperbaiki hubungan kita dengan Allah. Dengan senantiasa memohon ampun atas dosa dan kesalahan yang kita perbuat, kita akan merasa lebih dekat dengan Allah dan makin percaya bahwa segala sesuatu yang kita minta pasti akan dikabulkan oleh-Nya.

Bagaimana Cara Melakukan Istighfar?

Ada banyak cara yang dapat kita lakukan untuk istighfar. Beberapa di antaranya adalah:

  • Mengucapkan kalimat istighfar, misalnya “Astaghfirullahaladzim”
  • Mengingat dosa-dosa yang pernah kita perbuat dan memohon ampun kepada Allah
  • Membaca doa istighfar yang terdapat dalam Al-Quran atau hadits

Yang terpenting adalah kita melakukannya dengan tulus dan ikhlas, serta berusaha untuk tidak mengulangi dosa yang sama di kemudian hari.

Kesimpulan

Istighfar adalah salah satu amalan yang sangat dianjurkan dalam Islam. Selain memiliki banyak keutamaan, istighfar juga memiliki kekuatan yang dahsyat untuk mempercepat terkabulnya doa-doa kita.

Pos Terkait:  Pengertian Al Asmau Al Husna

Dalam pandangan Ustadz Adi Hidayat, istighfar dapat membuka pintu-pintu rahmat dari Allah dan memperbaiki hubungan kita dengan-Nya. Oleh karena itu, marilah senantiasa beristighfar agar hati kita tetap bersih dan terbuka untuk menerima berkah dan rahmat dari Allah.