Sifat-sifat Tuhan Menurut Aliran Kalam

Posted on

Tuhan adalah sesuatu yang sangat kompleks dan sulit untuk dipahami oleh manusia. Oleh karena itu, aliran kalam hadir sebagai aliran pemikiran yang mencoba untuk memahami sifat-sifat Tuhan. Aliran kalam sendiri berasal dari kata Yunani “kalam” yang berarti “kata”. Aliran ini mencoba untuk memahami Tuhan melalui penggunaan kata-kata dan logika. Berikut ini adalah sifat-sifat Tuhan menurut aliran kalam.

1. Wahdaniyah

Sifat pertama dari Tuhan menurut aliran kalam adalah wahdaniyah. Wahdaniyah berarti keesaan Tuhan. Tuhan adalah satu dan tidak ada yang setara dengan-Nya. Konsep ini sangat penting dalam agama Islam dan merupakan salah satu dari enam rukun iman. Tuhan tidak dapat dibagi-bagi atau dipecah-pecahkan menjadi bagian-bagian. Tuhan adalah satu dan tidak ada yang setara dengan-Nya.

2. Qidam

Sifat kedua dari Tuhan menurut aliran kalam adalah qidam. Qidam berarti keabadian Tuhan. Tuhan tidak memiliki awal atau akhir. Dia selalu ada dan tidak pernah berubah. Konsep ini sangat penting karena Tuhan merupakan sumber segala sesuatu. Jika Tuhan berubah atau tidak ada, maka segala sesuatu juga akan berubah atau tidak ada.

3. Baqa’

Sifat ketiga dari Tuhan menurut aliran kalam adalah baqa’. Baqa’ berarti kekekalan Tuhan. Tuhan tidak hanya abadi, tapi juga kekal. Tuhan tidak dapat dihancurkan atau dimusnahkan. Konsep ini sangat penting karena Tuhan merupakan sumber kekuatan dan kekuasaan. Jika Tuhan tidak kekal, maka kekuatan dan kekuasaan-Nya juga akan hilang.

4. Murakkab

Sifat keempat dari Tuhan menurut aliran kalam adalah murakkab. Murakkab berarti kompleksitas Tuhan. Tuhan memiliki banyak sifat dan asma’ul husna. Konsep ini sangat penting karena Tuhan memiliki banyak sifat yang saling berkaitan dan saling melengkapi. Tanpa salah satu sifat tersebut, Tuhan tidak akan menjadi Tuhan yang sempurna.

5. Muhdats

Sifat kelima dari Tuhan menurut aliran kalam adalah muhdats. Muhdats berarti penciptaan Tuhan. Tuhan adalah pencipta segala sesuatu. Konsep ini sangat penting karena Tuhan adalah sumber kehidupan dan keberadaan. Tanpa Tuhan, segala sesuatu tidak akan ada.

Pos Terkait:  Ini Pengertian Wudhu Secara Syar'i dan Harfiah

6. Qudrah

Sifat keenam dari Tuhan menurut aliran kalam adalah qudrah. Qudrah berarti kekuasaan Tuhan. Tuhan memiliki kekuasaan yang tidak terbatas. Tuhan dapat melakukan segala sesuatu yang Dia kehendaki. Konsep ini sangat penting karena Tuhan adalah sumber kekuatan dan kekuasaan. Segala sesuatu di dunia ini terjadi karena kekuasaan Tuhan.

7. ‘Ilm

Sifat ketujuh dari Tuhan menurut aliran kalam adalah ‘ilm. ‘Ilm berarti pengetahuan Tuhan yang tidak terbatas. Tuhan mengetahui segala sesuatu yang ada di dunia ini. Konsep ini sangat penting karena Tuhan adalah sumber pengetahuan dan kebijaksanaan. Tanpa pengetahuan Tuhan, manusia tidak akan dapat memahami dunia ini.

8. Iradah

Sifat kedelapan dari Tuhan menurut aliran kalam adalah iradah. Iradah berarti kehendak Tuhan yang tidak terbatas. Tuhan memiliki kehendak yang tidak terbatas dan tidak dapat ditentang. Konsep ini sangat penting karena Tuhan adalah sumber kehendak dan kehendak-Nya harus dihormati dan diikuti oleh manusia.

9. Kalam

Sifat kesembilan dari Tuhan menurut aliran kalam adalah kalam. Kalam berarti firman Tuhan. Tuhan berbicara kepada manusia melalui kitab suci dan para nabi. Konsep ini sangat penting karena Tuhan ingin manusia memahami kehendak-Nya dan menjalankannya.

10. Sama’

Sifat kesepuluh dari Tuhan menurut aliran kalam adalah sama’. Sama’ berarti pendengaran Tuhan yang tidak terbatas. Tuhan mendengar segala sesuatu yang diucapkan oleh manusia. Konsep ini sangat penting karena Tuhan adalah sumber keadilan dan kebijaksanaan. Tuhan akan mendengarkan keluhan dan doa manusia dan memberikan keadilan kepada mereka.

11. Basar

Sifat kesebelas dari Tuhan menurut aliran kalam adalah basar. Basar berarti penglihatan Tuhan yang tidak terbatas. Tuhan melihat segala sesuatu yang ada di dunia ini. Konsep ini sangat penting karena Tuhan adalah sumber keadilan dan kebijaksanaan. Tuhan akan melihat segala sesuatu yang terjadi di dunia ini dan memberikan keadilan kepada semua makhluk-Nya.

12. Haya’

Sifat keduabelas dari Tuhan menurut aliran kalam adalah haya’. Haya’ berarti kerendahan hati Tuhan. Tuhan adalah sumber kesempurnaan dan keagungan, namun Dia juga rendah hati dan penuh kasih sayang. Konsep ini sangat penting karena Tuhan ingin manusia menjadi rendah hati dan penuh kasih sayang seperti-Nya.

Pos Terkait:  Tata Cara Shalat Masbuk: Menjaga Kehadiran di Hadapan Allah Swt

13. ‘Adalah

Sifat ketigabelas dari Tuhan menurut aliran kalam adalah ‘adalah. ‘Adalah berarti keadilan Tuhan. Tuhan adalah sumber keadilan yang tidak dapat ditandingi oleh manusia. Konsep ini sangat penting karena Tuhan ingin manusia menjadi adil dan berlaku adil dalam kehidupan mereka.

14. Mahabbah

Sifat keempatbelas dari Tuhan menurut aliran kalam adalah mahabbah. Mahabbah berarti kasih sayang Tuhan. Tuhan adalah sumber kasih sayang dan belas kasih. Konsep ini sangat penting karena Tuhan ingin manusia menjadi penuh kasih sayang dan belas kasih seperti-Nya.

15. Makr

Sifat kelimabelas dari Tuhan menurut aliran kalam adalah makr. Makr berarti rencana Tuhan yang tidak terduga. Tuhan memiliki rencana yang tidak terduga untuk kehidupan manusia. Konsep ini sangat penting karena Tuhan ingin manusia mempercayai rencana-Nya dan tidak putus asa dalam kehidupan mereka.

16. Tawakkul

Sifat keenambelas dari Tuhan menurut aliran kalam adalah tawakkul. Tawakkul berarti kepercayaan manusia kepada Tuhan. Konsep ini sangat penting karena Tuhan ingin manusia mempercayai-Nya dan bergantung kepada-Nya dalam kehidupan mereka.

17. Tauhid

Sifat ketujuhbelas dari Tuhan menurut aliran kalam adalah tauhid. Tauhid berarti keyakinan manusia kepada keesaan Tuhan. Konsep ini sangat penting dalam agama Islam dan merupakan salah satu dari enam rukun iman. Tuhan adalah satu dan tidak ada yang setara dengan-Nya.

18. Ihsan

Sifat kedelapanbelas dari Tuhan menurut aliran kalam adalah ihsan. Ihsan berarti kebaikan Tuhan yang tidak terbatas. Tuhan memberikan kebaikan kepada manusia meskipun manusia tidak layak menerimanya. Konsep ini sangat penting karena Tuhan ingin manusia menjadi penuh kebaikan dan berbuat kebaikan kepada sesama.

19. Jannah

Sifat kesembilanbelas dari Tuhan menurut aliran kalam adalah jannah. Jannah berarti surga yang merupakan tempat manusia yang beriman dan beramal saleh. Konsep ini sangat penting dalam agama Islam karena Tuhan ingin manusia berusaha untuk meraih surga sebagai tempat beristirahat setelah mengalami hidup yang sulit di dunia ini.

20. Jahannam

Sifat kedua puluh dari Tuhan menurut aliran kalam adalah jahannam. Jahannam berarti neraka yang merupakan tempat manusia yang durhaka kepada Tuhan. Konsep ini sangat penting dalam agama Islam karena Tuhan ingin manusia menjauhi perbuatan yang durhaka dan dapat menyebabkan mereka masuk ke dalam neraka.

21. Fitrah

Sifat kedua puluh satu dari Tuhan menurut aliran kalam adalah fitrah. Fitrah berarti keadaan asli manusia yang suci dan bersih. Konsep ini sangat penting dalam agama Islam karena Tuhan ingin manusia mengembalikan diri mereka ke keadaan fitrah yang suci dan bersih.

Pos Terkait:  Musafir yang Bebas Shalat Jumat

22. Hikmah

Sifat kedua puluh dua dari Tuhan menurut aliran kalam adalah hikmah. Hikmah berarti kebijaksanaan Tuhan yang tidak terbatas. Konsep ini sangat penting karena Tuhan adalah sumber kebijaksanaan dan pengetahuan. Manusia harus belajar dari hikmah Tuhan untuk menjadi bijaksana dalam menjalani kehidupan mereka.

23. Sunnah

Sifat kedua puluh tiga dari Tuhan menurut aliran kalam adalah sunnah. Sunnah berarti cara Tuhan dalam menjalankan kehidupan. Konsep ini sangat penting dalam agama Islam karena Tuhan ingin manusia mengikuti cara hidup-Nya untuk mencapai kesuksesan dan kebahagiaan di dunia dan akhirat.

24. Rahmah

Sifat kedua puluh empat dari Tuhan menurut aliran kalam adalah rahmah. Rahmah berarti kasih sayang Tuhan yang tidak terbatas. Konsep ini sangat penting karena Tuhan ingin manusia menjadi penuh kasih sayang dan belas kasih seperti-Nya.

25. ‘Adzab

Sifat kedua puluh lima dari Tuhan menurut aliran kalam adalah ‘adzab. ‘Adzab berarti hukuman Tuhan kepada manusia yang berbuat dosa. Konsep ini sangat penting dalam agama Islam karena Tuhan ingin manusia menjauhi perbuatan dosa dan tidak melanggar perintah-Nya.

26. Sifat Wajib

Sifat kedua puluh enam dari Tuhan menurut aliran kalam adalah sifat wajib. Sifat wajib adalah sifat yang harus dimiliki oleh Tuhan. Sifat-sifat wajib ini sudah dijelaskan di atas.

27. Sifat Mustahil

Sifat kedua puluh tujuh dari Tuhan menurut aliran kalam adalah sifat mustahil. Sifat mustahil adalah sifat yang tidak mungkin dimiliki oleh Tuhan. Contohnya adalah Tuhan tidak mungkin mati atau tidak memiliki pengetahuan dan kekuasaan.

28. Sifat Ja’iz

Sifat kedua puluh delapan dari Tuhan menurut aliran kalam adalah sifat ja’iz. Sifat ja’iz adalah sifat yang mungkin dimiliki oleh Tuhan, namun dapat juga tidak dimiliki. Contohnya adalah Tuhan mungkin memiliki sifat keindahan atau kebahagiaan.

29. Sifat Mubah

Sifat kedua puluh sembilan dari Tuhan menurut aliran kalam adalah sifat mubah. Sifat mubah adalah sifat yang netral dan tidak diperbolehkan atau dilarang oleh agama. Contohnya adalah Tuhan mungkin memiliki sifat tertawa atau senang.