Inilah Manfaat Berzikir dalam Islam

Posted on

Berzikir adalah salah satu aktivitas yang sangat penting dalam Islam. Berzikir dilakukan dengan mengingat, memuji, dan mengagungkan Allah SWT dengan lafadz-lafadz tertentu. Berzikir bukan hanya sekedar ritual, tetapi memiliki banyak manfaat bagi kehidupan seorang Muslim. Berikut adalah beberapa manfaat berzikir dalam Islam.

Meningkatkan Kualitas Iman

Berzikir dapat membantu meningkatkan kualitas iman seseorang. Dengan berzikir, seseorang akan lebih dekat dengan Allah SWT dan semakin merasa berserah diri kepada-Nya. Dalam Al-Quran, Allah SWT berfirman, “Hai orang-orang yang beriman, bersabarlah kamu dan kuatkanlah kesabaranmu dan tetaplah bersiap siaga (di perbatasan negerimu) dan bertakwalah kepada Allah supaya kamu beruntung.” (QS. Ali Imran: 200)

Menenangkan Hati dan Pikiran

Berzikir juga dapat membantu menenangkan hati dan pikiran seseorang. Dalam kehidupan sehari-hari, banyak sekali hal-hal yang menyebabkan stres dan kegelisahan. Dengan berzikir, seseorang dapat merasa lebih tenang dan damai karena merasa dekat dengan Allah SWT. Dalam Al-Quran, Allah SWT berfirman, “Ingatlah hanya dengan mengingat Allah-lah hati menjadi tenteram.” (QS. Ar-Ra’d: 28)

Membantu Menghindari Dosa

Berzikir juga dapat membantu seseorang menghindari perbuatan dosa. Dalam Al-Quran, Allah SWT berfirman, “Dan sesungguhnya telah Kami berikan kepada kamu tuntunan (yang benar); maka siapa yang diberi petunjuk, ia hanya diberi petunjuk untuk dirinya sendiri; dan siapa yang sesat, maka sesungguhnya ia sesat untuk (kerugian) dirinya sendiri. Dan satu orang yang berdosa tidak akan memikul dosa orang lain. Dan Kami tidak akan mengazab (seseorang) sebelum Kami mengutus seorang rasul.” (QS. Al-Isra: 15)

Pos Terkait:  Sifat Wajib Nabi - Mengenal Sifat-Sifat Mustahil Bagi Rasulullah SAW

Meningkatkan Kualitas Doa

Berzikir juga dapat membantu meningkatkan kualitas doa seseorang. Dalam Al-Quran, Allah SWT berfirman, “Dan Tuhanmu berfirman, ‘Berdoalah kepada-Ku, niscaya akan Kuperkenankan bagimu. Sesungguhnya orang-orang yang menyombongkan diri dari menyembah-Ku akan masuk neraka Jahannam dalam keadaan hina dina.'” (QS. Ghafir: 60)

Meningkatkan Kualitas Kehidupan

Berzikir juga dapat membantu meningkatkan kualitas kehidupan seseorang. Dalam Al-Quran, Allah SWT berfirman, “Maka sesungguhnya bersama kesulitan ada kemudahan. Sesungguhnya bersama kesulitan ada kemudahan. Maka apabila kamu telah selesai (dari sesuatu urusan), kerjakanlah dengan sungguh-sungguh (urusan) yang lain.” (QS. Al-Insyirah: 5-7)

Menjaga Kesehatan Jiwa

Berzikir juga dapat membantu menjaga kesehatan jiwa seseorang. Dalam Al-Quran, Allah SWT berfirman, “Dan orang-orang yang beriman dan hati mereka manjadi tenteram dengan berzikir kepada Allah. Ingatlah, hanya dengan berzikir-lah hati menjadi tenteram.” (QS. Ar-Ra’d: 28)

Merasakan Keindahan Beribadah

Berzikir juga dapat membantu seseorang merasakan keindahan beribadah. Dalam Al-Quran, Allah SWT berfirman, “Sesungguhnya dalam penciptaan langit dan bumi, dan silih bergantinya malam dan siang terdapat tanda-tanda (kebesaran Allah) bagi orang yang berakal.” (QS. Ali Imran: 190)

Membantu Menjaga Konsentrasi

Berzikir juga dapat membantu seseorang menjaga konsentrasi dalam melakukan aktivitas sehari-hari. Dalam Al-Quran, Allah SWT berfirman, “Dan janganlah kamu termasuk orang-orang yang lalai. Dan janganlah kamu termasuk orang-orang yang mendustakan (ayat-ayat Allah) setelah datang kepadanya keterangan yang jelas, dan janganlah kamu termasuk orang-orang yang durhaka.” (QS. Al-A’raf: 205-206)

Menjaga Keseimbangan Hidup

Berzikir juga dapat membantu seseorang menjaga keseimbangan hidup. Dalam Al-Quran, Allah SWT berfirman, “Dan janganlah kamu berjalan di muka bumi ini dengan sombong. Sesungguhnya kamu sekali-kali tidak dapat menembus bumi dan sekali-kali tidak akan sampai setinggi gunung.” (QS. Al-Isra: 37)

Menjaga Keutuhan Keluarga

Berzikir juga dapat membantu menjaga keutuhan keluarga seseorang. Dalam Al-Quran, Allah SWT berfirman, “Dan jadikanlah rumahmu sebagai tempat tinggalmu dan teguhkanlah kesabaranmu. Dan janganlah kamu menunjukkan kelemahanmu kepada mereka dan janganlah kamu merasa berat hati terhadap mereka. Dan berikanlah kepada mereka nafkah dari rizki Allah yang diberikan kepadamu.” (QS. Al-Ahzab: 34-35)

Pos Terkait:  Gaya Rambut Qaza: Ini Dia Hukumnya

Mempererat Hubungan dengan Allah SWT

Berzikir juga dapat mempererat hubungan seseorang dengan Allah SWT. Dalam Al-Quran, Allah SWT berfirman, “Sesungguhnya orang-orang yang beriman dan selalu mengerjakan amal-amal saleh, sesungguhnya Kami tidak akan membiarkan sia-sia pahala mereka yang berbuat baik.” (QS. Al-Kahfi: 30)

Menjaga Kesehatan Fisik

Berzikir juga dapat membantu menjaga kesehatan fisik seseorang. Dalam Al-Quran, Allah SWT berfirman, “Dan janganlah kamu membuang dirimu ke dalam kebinasaan dengan tanganmu sendiri. Dan berbuatlah kebajikan. Sungguh, Allah menyukai orang-orang yang berbuat kebajikan.” (QS. Al-Baqarah: 195)

Memperbaiki Sikap dan Perilaku

Berzikir juga dapat membantu seseorang memperbaiki sikap dan perilaku. Dalam Al-Quran, Allah SWT berfirman, “Hai orang-orang yang beriman, janganlah suatu kaum mengolok-olok kaum yang lain (karena) boleh jadi mereka (yang diolok-olokkan) lebih baik dari mereka (yang mengolok-olokkan). Dan jangan pula wanita-wanita mengolok-olokkan wanita lain (karena) boleh jadi wanita yang diolok-olokkan itu lebih baik dari wanita yang mengolok-olokkan. Dan janganlah kamu mencela satu sama lain, dan janganlah kamu panggil-manggil dengan gelar yang buruk. Seburuk-buruk panggilan ialah (panggilan) yang buruk sesudah iman, dan barangsiapa yang tidak bertobat, maka mereka itulah orang-orang yang zalim.” (QS. Al-Hujurat: 11)

Menjaga Kesehatan Mental

Berzikir juga dapat membantu seseorang menjaga kesehatan mental. Dalam Al-Quran, Allah SWT berfirman, “Sesungguhnya dalam penciptaan langit dan bumi, dan silih bergantinya malam dan siang terdapat tanda-tanda (kebesaran Allah) bagi orang yang berakal.” (QS. Ali Imran: 190)

Memberikan Ketenangan Hati

Berzikir juga dapat memberikan ketenangan hati seseorang. Dalam Al-Quran, Allah SWT berfirman, “Dan kami turunkan dari Al-Quran suatu yang menjadi penawar dan rahmat bagi orang-orang yang beriman. Dan Al-Quran itu tidaklah menambah kepada orang-orang yang zalim selain kerugian.” (QS. Al-Isra: 82)

Meningkatkan Rasa Syukur Kepada Allah SWT

Berzikir juga dapat membantu meningkatkan rasa syukur seseorang kepada Allah SWT. Dalam Al-Quran, Allah SWT berfirman, “Dan (ingatlah) ketika Tuhanmu memaklumkan: Sesungguhnya jika kamu bersyukur, niscaya akan Kuambahkan (nikmat) kepadamu, dan jika kamu mengingkari (nikmat-Ku), maka sesungguhnya azab-Ku sangatlah pedih.” (QS. Ibrahim: 7)

Pos Terkait:  Azab Bagi Manusia yang Mengambil Tanah Milik Orang Lain Secara Paksa

Meningkatkan Kualitas Hidup

Berzikir juga dapat membantu meningkatkan kualitas hidup seseorang. Dalam Al-Quran, Allah SWT berfirman, “Sesungguhnya manusia benar-benar dalam kerugian, kecuali orang-orang yang beriman dan beramal saleh dan saling menasehati untuk kebenaran dan saling menasehati untuk kesabaran.” (QS. Al-Asr: 1-3)

Memperbaiki Hubungan dengan Sesama

Berzikir juga dapat membantu seseorang memperbaiki hubungan dengan sesama. Dalam Al-Quran, Allah SWT berfirman, “Dan janganlah kamu memalingkan muka dari manusia (karena sombong) dan janganlah berjalan di bumi dengan angkuh. Sesungguhnya Allah tidak menyukai orang yang sombong lagi membangga-banggakan diri.” (QS. Luqman: 18)

Menjaga Kesehatan Spiritual

Berzikir juga dapat membantu seseorang menjaga kesehatan spiritual. Dalam Al-Quran, Allah SWT berfirman, “Dan janganlah kamu termasuk orang-orang yang lalai. Dan janganlah kamu termasuk orang-orang yang mendustakan (ayat-ayat Allah) setelah datang kepadanya keterangan yang jelas, dan janganlah kamu termasuk orang-orang yang durhaka.” (QS. Al-A’raf: 205-206)

Menjaga Kesehatan Emosional

Berzikir juga dapat membantu seseorang menjaga kesehatan emosional. Dalam Al-Quran, Allah SWT berfirman, “Dan Kami turunkan dari Al-Quran suatu yang menjadi penawar dan rahmat bagi orang-orang yang beriman. Dan Al-Quran itu tidaklah menambah kepada orang-orang yang zalim selain kerugian.” (QS. Al-Isra: 82)

Meningkatkan Kualitas Hidup Bersama

Berzikir juga dapat membantu meningkatkan kualitas hidup bersama. Dalam Al-Quran, Allah SWT berfirman, “Dan janganlah kamu termasuk orang-orang yang berbuat kerusakan di muka bumi.” (QS. Al-A’raf: 56)

Meningkatkan Rasa Percaya Diri

Berzikir juga dapat membantu meningkatkan rasa percaya diri seseorang. Dalam Al-Quran, Allah SWT berfirman, “Oleh sebab itu, janganlah kamu takut kepada manusia, tetapi takutlah kepada-Ku. Dan janganlah kamu menukar ayat-ayat-Ku dengan harga yang rendah.” (QS. Al-Ma’idah: 44)

Meningkatkan Kualitas Spiritual

Berzikir juga dapat membantu meningkatkan kualitas spiritual seseorang. Dalam Al-Quran, Allah SWT berfirman, “Dan sesungguhnya Kami telah mengutus rasul-rasul sebelum kamu dan Kami berikan kepada mereka istri-istri dan keturunan.