Bentuk Pertolongan Allah SWT di Saat Kita Membutuhkannya

Posted on

Setiap manusia pasti pernah mengalami masa-masa sulit dalam hidupnya. Ada saat-saat ketika kita merasa kehilangan arah, kecewa dengan diri sendiri, atau bahkan merasa putus asa. Namun, sebagai umat Muslim, kita selalu percaya bahwa Allah SWT selalu ada di samping kita dan akan memberikan pertolongan-Nya di saat kita membutuhkannya. Berikut adalah beberapa bentuk pertolongan Allah SWT yang bisa kita rasakan di saat-saat sulit:

1. Pertolongan melalui doa

Salah satu cara terbaik untuk meminta pertolongan dari Allah SWT adalah melalui doa. Saat kita merasa kesulitan atau membutuhkan bantuan, kita bisa berdoa dengan tulus dan ikhlas kepada Allah SWT untuk memberikan pertolongan-Nya. Dalam Al-Quran, Allah SWT berfirman:

“Dan Tuhanmu berfirman: “Berdo’alah kepada-Ku, niscaya akan Kuperkenankan bagimu. Sesungguhnya orang-orang yang menyombongkan diri dari menyembah-Ku akan masuk neraka Jahannam dalam keadaan hina dina.”

Jadi, jangan pernah ragu untuk berdoa kepada Allah SWT. Dia pasti akan mendengarkan doa kita dan memberikan pertolongan-Nya.

Pos Terkait:  Bagaimana Pandangan Islam tentang Menyebarluaskan Foto Orang Sakit di Medsos

2. Pertolongan melalui kesabaran

Ketika kita mengalami masa-masa sulit, seringkali kita merasa frustasi dan ingin segera keluar dari situasi tersebut. Namun, Allah SWT seringkali memberikan pertolongan-Nya melalui kesabaran. Dalam Al-Quran, Allah SWT berfirman:

“Dan bersabarlah kamu, karena sesungguhnya Allah tidak menyia-nyiakan pahala orang-orang yang berbuat baik.”

Jadi, jika kita sabar dan tetap berusaha menghadapi masalah tersebut, Allah SWT pasti akan memberikan pertolongan-Nya pada saat yang tepat.

3. Pertolongan melalui ujian

Seringkali, Allah SWT memberikan pertolongan-Nya melalui ujian yang Dia berikan kepada kita. Ujian tersebut bisa berupa masalah keuangan, kesehatan, atau hubungan sosial. Namun, jika kita bisa melewati ujian tersebut dengan kesabaran dan kepercayaan kepada Allah SWT, Dia pasti akan memberikan pertolongan-Nya. Dalam Al-Quran, Allah SWT berfirman:

“Dan sesungguhnya Kami akan menguji kamu dengan sedikit ketakutan, kelaparan, kekurangan harta, jiwa, dan buah-buahan. Dan berikanlah berita gembira kepada orang-orang yang sabar.”

Jadi, jangan pernah berputus asa jika kita sedang mengalami ujian dari Allah SWT. Dia pasti akan memberikan pertolongan-Nya jika kita sabar dan tetap percaya kepada-Nya.

4. Pertolongan melalui orang lain

Saat kita membutuhkan bantuan, seringkali Allah SWT memberikan pertolongan-Nya melalui orang lain. Orang tersebut bisa saja teman, keluarga, atau bahkan orang yang tidak kita kenal sebelumnya. Dalam Al-Quran, Allah SWT berfirman:

“Dan siapa yang berbuat kebajikan sekecil-kecilnya, niscaya akan dilihat oleh Kami, dan Kami akan memberi balasan yang lebih baik dari apa yang telah mereka kerjakan.”

Jadi, kita harus selalu berbuat kebaikan kepada orang lain. Siapa tahu, suatu saat kita membutuhkan pertolongan dari orang lain dan Allah SWT akan memberikannya melalui mereka.

Pos Terkait:  Khutbah Jumat: Bahaya Miras

5. Pertolongan melalui rahmat-Nya

Akhirnya, pertolongan terbesar yang bisa Allah SWT berikan adalah rahmat-Nya. Saat kita meminta pertolongan-Nya dengan tulus dan ikhlas, Allah SWT pasti akan memberikan rahmat-Nya yang tidak terhingga. Dalam Al-Quran, Allah SWT berfirman:

“Katakanlah: “Hai hamba-hamba-Ku yang melampaui batas terhadap diri mereka sendiri, janganlah kamu berputus asa dari rahmat Allah. Sesungguhnya Allah mengampuni dosa-dosa semuanya. Sesungguhnya Dialah Yang Maha Pengampun lagi Maha Penyayang.”

Jadi, jangan pernah berputus asa dan selalu berdoa kepada Allah SWT. Dia pasti akan memberikan pertolongan-Nya melalui rahmat-Nya yang tidak terhingga.

Kesimpulan

Secara keseluruhan, sebagai umat Muslim, kita selalu percaya bahwa Allah SWT selalu ada di samping kita dan akan memberikan pertolongan-Nya di saat kita membutuhkannya. Pertolongan tersebut bisa berupa doa, kesabaran, ujian, orang lain, atau rahmat-Nya yang tidak terhingga. Oleh karena itu, kita harus selalu berdoa dengan tulus dan ikhlas kepada Allah SWT dan tetap berusaha melewati masa-masa sulit dengan kesabaran dan kepercayaan kepada-Nya.