Umum

Macam Puasa Sunnah dan Keutamaannya

×

Macam Puasa Sunnah dan Keutamaannya

Share this article

Puasa sunnah merupakan ibadah yang sangat dianjurkan bagi umat muslim. Terdapat beberapa macam puasa sunnah yang bisa dilakukan. Berikut ini adalah beberapa macam puasa sunnah beserta keutamaannya.

1. Puasa Senin dan Kamis

Puasa senin dan kamis adalah puasa sunnah yang dilakukan pada hari senin dan kamis. Keutamaan puasa ini adalah dapat menghapuskan dosa-dosa kecil yang dilakukan pada hari tersebut. Selain itu, puasa ini juga dapat memperkuat iman dan menambah kecintaan kepada Allah SWT.

2. Puasa Daud

Puasa Daud adalah puasa sunnah yang dilakukan dengan cara berpuasa satu hari dan berbuka puasa satu hari. Keutamaan puasa ini adalah dapat membersihkan tubuh dari racun dan memperkuat kekebalan tubuh.

3. Puasa Ayyamul Bidh

Puasa Ayyamul Bidh adalah puasa sunnah yang dilakukan pada tanggal 13, 14, dan 15 setiap bulannya. Keutamaan puasa ini adalah dapat menghapuskan dosa-dosa kecil dalam waktu sebulan.

4. Puasa Syawal

Puasa Syawal adalah puasa sunnah yang dilakukan selama 6 hari setelah hari raya Idul Fitri. Keutamaan puasa ini adalah dapat menghapuskan dosa-dosa kecil yang dilakukan pada hari raya Idul Fitri.

Pos Terkait:  Hukum Orangtua Menyakiti Hati Anaknya

5. Puasa Arafah

Puasa Arafah adalah puasa sunnah yang dilakukan pada tanggal 9 Dzulhijjah. Keutamaan puasa ini adalah dapat menghapuskan dosa-dosa kecil yang dilakukan dalam setahun sebelumnya dan setahun yang akan datang.

6. Puasa Asyura

Puasa Asyura adalah puasa sunnah yang dilakukan pada tanggal 10 Muharram. Keutamaan puasa ini adalah dapat menghapuskan dosa-dosa kecil yang dilakukan dalam setahun sebelumnya.Puasa sunnah memiliki banyak keutamaan dan manfaat bagi umat muslim. Selain itu, puasa sunnah juga dapat memperkuat iman dan meningkatkan kecintaan kepada Allah SWT. Oleh karena itu, mari kita rajin melaksanakan puasa sunnah agar mendapatkan keutamaan dan manfaat yang Allah SWT janjikan.