Umum

Masuk WC Tapi Lupa Baca Doa Bagaimana

×

Masuk WC Tapi Lupa Baca Doa Bagaimana

Share this article

Apakah Anda pernah mengalami saat masuk kamar mandi atau WC tapi lupa membaca doa? Jangan khawatir, karena Anda tidak sendirian. Hal ini sering terjadi pada banyak orang, terutama saat mereka terburu-buru atau dalam keadaan tergesa-gesa.

Pentingnya Membaca Doa Sebelum Masuk WC

Sebelum membahas lebih lanjut tentang apa yang harus dilakukan ketika lupa membaca doa, mari kita bahas terlebih dahulu mengapa membaca doa sebelum masuk WC penting.

Membaca doa sebelum masuk WC adalah salah satu cara untuk memohon perlindungan dan meminta ampunan kepada Allah SWT. Selain itu, membaca doa juga dapat membantu kita menghindari segala macam bahaya dan kesulitan yang mungkin terjadi selama kita berada di dalam kamar mandi atau WC.

Doa sebelum masuk WC juga memiliki makna spiritual yang dalam. Dalam Islam, kamar mandi atau WC dianggap sebagai tempat yang penuh dengan najis dan tidak suci. Oleh karena itu, membaca doa sebelum masuk WC juga dapat membantu membersihkan hati dan pikiran kita sebelum memasuki tempat yang tidak suci tersebut.

Pos Terkait:  Tafsir Surat an-Nisa' Ayat 7: Membahas Hukum Waris dalam Islam

Apa yang Harus Dilakukan Ketika Lupa Membaca Doa?

Jika Anda lupa membaca doa sebelum masuk WC, jangan khawatir. Anda masih dapat memperbaikinya dengan cara berikut:

1. Membaca Doa Setelah Keluar dari WC

Jika Anda baru menyadari bahwa Anda lupa membaca doa setelah keluar dari WC, Anda masih dapat membaca doa tersebut. Anda dapat membaca doa ketika sudah keluar dari WC dan masih berada di dalam kamar mandi.

Anda dapat membaca doa “Bismillahilladzi laa ilaaha illaa huwa” atau “Allahumma inii a’udzubika minal khubutsi wal khabaaitsi” yang artinya “Ya Allah, aku berlindung kepada-Mu dari gangguan syaitan laki-laki dan syaitan perempuan”.

2. Membaca Doa di Dalam Hati

Jika Anda tidak ingin membaca doa di dalam kamar mandi atau WC, Anda masih dapat membaca doa di dalam hati. Anda dapat mengingat doa yang biasa Anda baca sebelum masuk WC dan membacanya di dalam hati.

3. Membaca Doa Setelah Selesai Mandi atau Buang Air

Jika Anda ingin membaca doa setelah selesai mandi atau buang air, Anda dapat membaca doa “Alhamdulillahilladzi a’fani mimmabtalaaka bihi wa faddalani ‘alaa katsiirim mimman khalaqa tafdilaa” yang artinya “Segala puji bagi Allah yang telah menyelamatkanku dari penyakit yang Engkau timpakan padaku dan Engkau memuliakanku dari sebagian makhluk-Mu yang banyak, Engkau memuliaku”.

Pos Terkait:  Terlanjur Makan Barang Haram, Apa yang Harus Dilakukan?

Bagaimana Cara Menghindari Lupa Membaca Doa?

Untuk menghindari lupa membaca doa ketika masuk WC, Anda dapat melakukan beberapa hal berikut:

1. Membiasakan Membaca Doa Setiap Hari

Anda dapat membiasakan diri untuk membaca doa setiap kali akan masuk WC. Dengan membiasakan membaca doa, Anda akan lebih mudah mengingatnya dan tidak lupa ketika sedang terburu-buru.

2. Menuliskan Doa di Tempat yang Mudah Dilihat

Jika Anda sering lupa membaca doa, Anda dapat menuliskan doa tersebut di tempat yang mudah dilihat, seperti di pintu kamar mandi atau WC. Dengan begitu, Anda akan lebih mudah mengingat untuk membaca doa sebelum masuk WC.

3. Berdoa dengan Ikhlas

Yang terpenting adalah berdoa dengan ikhlas dan penuh keyakinan. Doa yang dilakukan dengan ikhlas dan penuh keyakinan akan lebih bermanfaat dan lebih mudah dikabulkan oleh Allah SWT.

Kesimpulan

Membaca doa sebelum masuk WC sangat penting untuk memohon perlindungan dan membantu membersihkan hati dan pikiran kita sebelum memasuki tempat yang tidak suci tersebut. Jika Anda lupa membaca doa, Anda masih dapat memperbaikinya dengan membaca doa setelah keluar dari WC, membaca doa di dalam hati, atau membaca doa setelah selesai mandi atau buang air. Untuk menghindari lupa membaca doa, Anda dapat membiasakan membaca doa setiap hari, menuliskan doa di tempat yang mudah dilihat, dan berdoa dengan ikhlas dan penuh keyakinan.

Pos Terkait:  Macam Dosa Besar Menurut Al Quran