Umum

Ayat-Ayat Al Quran Tentang Anjuran

×

Ayat-Ayat Al Quran Tentang Anjuran

Share this article

Saat ini, kebanyakan orang menganggap bahwa Al Quran hanya menjadi kitab suci bagi umat Islam saja. Namun, sebenarnya Al Quran berisi banyak sekali kisah dan petunjuk yang dapat dijadikan pegangan bagi seluruh umat manusia, termasuk tentang anjuran. Di dalam Al Quran, terdapat banyak ayat yang memberikan anjuran bagi manusia untuk menjalani kehidupan yang lebih baik. Berikut adalah beberapa ayat-ayat Al Quran tentang anjuran:

1. Bersikap Sopan dan Ramah

Al Quran memberikan anjuran bagi manusia untuk selalu bersikap sopan dan ramah kepada sesama. Hal ini dapat dilihat pada Surah Al Isra ayat 53 yang berbunyi:

“Katakanlah kepada hamba-hamba-Ku, bahwa mereka hendaklah mengucapkan kalimah yang lebih baik (yaitu) di antara yang satu dengan yang lain, karena setan itu benar-benar menimbulkan perselisihan di antara mereka. Sesungguhnya setan itu adalah musuh yang nyata bagi manusia.”

Artinya, seseorang harus selalu berbicara dengan bahasa yang baik dan sopan kepada orang lain. Dengan demikian, tidak akan timbul perselisihan dan setan pun tidak akan bisa memanfaatkan keadaan tersebut.

2. Menjaga Kesehatan

Al Quran juga memberikan anjuran kepada manusia untuk menjaga kesehatan tubuh. Hal ini dapat dilihat pada Surah Al Baqarah ayat 195 yang berbunyi:

“Dan janganlah kamu membunuh dirimu. Sesungguhnya Allah adalah Maha Penyayang kepadamu.”

Artinya, manusia harus menjaga diri agar tidak melakukan tindakan yang merugikan kesehatan tubuhnya, seperti merokok, minum alkohol, dan sebagainya.

Pos Terkait:  Faktor Penyebab Kemunduran Kerajaan

3. Menjaga Lingkungan

Al Quran juga memberikan anjuran kepada manusia untuk menjaga lingkungan sekitarnya. Hal ini dapat dilihat pada Surah Al A’raf ayat 56 yang berbunyi:

“Dan janganlah kamu berbuat kerusakan di muka bumi sesudah Allah menjadikannya rata (dan indah). Dan janganlah kamu berbuat onar.”

Artinya, manusia harus menjaga lingkungan sekitar agar tidak merusaknya. Manusia juga harus mempertahankan keindahan alam yang telah diciptakan oleh Allah SWT.

4. Menjaga Kebersihan

Al Quran juga memberikan anjuran kepada manusia untuk menjaga kebersihan tubuh dan lingkungan sekitar. Hal ini dapat dilihat pada Surah Al Ma’idah ayat 6 yang berbunyi:

“Hai orang-orang yang beriman, apabila kamu hendak mengerjakan shalat, maka basuhlah mukamu dan tanganmu sampai dengan siku, serta sapulah kepalamu dan (basuh) kaki-kakimu sampai dengan kedua mata kaki. Dan jika kamu junub, maka mandilah.”

Artinya, manusia harus menjaga kebersihan tubuh agar terhindar dari penyakit. Selain itu, manusia juga harus menjaga kebersihan lingkungan sekitar agar terhindar dari penyakit dan kotoran yang dapat merugikan kesehatan.

5. Menjaga Kejujuran

Al Quran juga memberikan anjuran kepada manusia untuk selalu jujur dalam segala hal. Hal ini dapat dilihat pada Surah Al Baqarah ayat 42 yang berbunyi:

“Dan janganlah kamu campur adukkan yang benar dengan yang salah, dan janganlah kamu sembunyikan yang benar, sedang kamu mengetahui.”

Artinya, manusia harus selalu jujur dan tidak boleh menyembunyikan kebenaran. Dengan demikian, manusia dapat terhindar dari segala tindakan yang merugikan diri sendiri dan orang lain.

Pos Terkait:  KALENDER HIJRIYAH: Mengenal Penanggalan Islam yang Digunakan oleh Umat Muslim

6. Menjaga Kesabaran

Al Quran juga memberikan anjuran kepada manusia untuk selalu bersabar dalam menghadapi segala hal. Hal ini dapat dilihat pada Surah Al Baqarah ayat 153 yang berbunyi:

“Hai orang-orang yang beriman, mintalah pertolongan (kepada Allah) dengan sabar dan shalat. Sungguh, Allah beserta orang-orang yang sabar.”

Artinya, manusia harus selalu bersabar dalam menghadapi segala macam ujian dan cobaan yang datang. Dengan kesabaran, manusia akan mendapatkan kekuatan dan keberanian untuk menghadapi segala hal.

7. Menjaga Keikhlasan

Al Quran juga memberikan anjuran kepada manusia untuk selalu berbuat dengan ikhlas. Hal ini dapat dilihat pada Surah Al Kahf ayat 110 yang berbunyi:

“Barangsiapa mengharapkan perjumpaan dengan Allah, maka hendaklah ia beramal saleh dan janganlah ia mempersekutukan seorangpun dalam beribadah kepada Allah.”

Artinya, manusia harus selalu berbuat dengan ikhlas karena hanya Allah SWT yang dapat memberikan ganjaran atas segala amal kebaikan yang dilakukan.

8. Menjaga Keadilan

Al Quran juga memberikan anjuran kepada manusia untuk selalu berbuat adil dalam segala hal. Hal ini dapat dilihat pada Surah An Nahl ayat 90 yang berbunyi:

“Sesungguhnya Allah menyuruh berlaku adil, berbuat kebajikan, dan memberi kepada kaum kerabat, dan Allah melarang dari perbuatan keji dan mungkar dan permusuhan. Dia memberi pengajaran kepadamu agar kamu dapat mengambil pelajaran.”

Artinya, manusia harus selalu berbuat adil dalam menyelesaikan segala macam masalah dan konflik. Dengan keadilan, manusia akan mendapatkan ketentraman dan kedamaian di dalam kehidupannya.

9. Menjaga Kepedulian

Al Quran juga memberikan anjuran kepada manusia untuk selalu peduli terhadap sesama. Hal ini dapat dilihat pada Surah Al Hujurat ayat 10 yang berbunyi:

Pos Terkait:  Pengertian Haram Muharram Macam Macam - Semua yang Perlu Kamu Ketahui

“Sesungguhnya orang yang paling mulia di antara kamu di sisi Allah ialah orang yang paling bertakwa di antara kamu. Sesungguhnya Allah Maha Mengetahui lagi Maha Mengenal.”

Artinya, manusia harus selalu peduli terhadap sesama manusia. Dengan peduli, manusia akan mendapatkan kasih sayang dan kebaikan dari orang lain.

10. Menjaga Kehidupan Berkeluarga

Al Quran juga memberikan anjuran kepada manusia untuk menjaga kehidupan berkeluarga. Hal ini dapat dilihat pada Surah Ar Rum ayat 21 yang berbunyi:

“Dan di antara tanda-tanda kekuasaan-Nya ialah Dia menciptakan untukmu istri-istri dari jenismu sendiri, supaya kamu merasa ketenangan dan ketentraman hatimu, dan dijadikan-Nya di antaramu rasa kasih sayang. Sungguh, pada yang demikian itu benar-benar terdapat tanda-tanda kebesaran Allah bagi orang-orang yang berfikir.”

Artinya, manusia harus menjaga kehidupan berkeluarga agar tercipta ketenangan dan kebahagiaan di dalam rumah tangga. Dengan demikian, manusia akan mendapatkan keberkahan dan kebahagiaan dalam kehidupannya.

Kesimpulan

Dari beberapa ayat-ayat Al Quran tentang anjuran yang telah disebutkan di atas, dapat disimpulkan bahwa Al Quran memberikan banyak sekali petunjuk dan anjuran bagi manusia untuk menjalani kehidupan yang lebih baik. Manusia harus selalu mengikuti petunjuk dan anjuran yang terdapat di dalam Al Quran agar dapat hidup dengan lebih baik dan lebih bermakna. Dengan menjalani kehidupan yang sesuai dengan ajaran Al Quran, manusia akan mendapatkan kebahagiaan dan keberkahan di dalam kehidupannya.