Umum

Amarah Redam dengan Ayat Alquran Ini

×

Amarah Redam dengan Ayat Alquran Ini

Share this article

Setiap manusia pasti pernah merasakan emosi amarah. Namun, amarah yang tidak terkontrol dapat membawa dampak buruk bagi diri sendiri dan orang lain. Oleh karena itu, sebagai umat Muslim, kita diajarkan untuk meredakan amarah dengan mengambil jalan yang baik dan benar sesuai ajaran Alquran. Berikut adalah beberapa ayat Alquran yang dapat meredakan amarah:

1. Surah Al-Baqarah ayat 153

“Hai orang-orang yang beriman, mintalah pertolongan (kepada Allah) dengan sabar dan shalat; sesungguhnya Allah beserta orang-orang yang sabar.”

Ayat ini mengajarkan kita untuk selalu bersabar dalam menghadapi ujian hidup, termasuk saat merasa marah. Dalam kondisi apapun, kita harus selalu mengambil jalan yang benar dan bersabar dalam menjalankannya. Dengan bersabar dan berdoa, Allah akan membantu kita meredakan amarah dan memberikan solusi terbaik untuk masalah yang sedang dihadapi.

2. Surah Al-Imran ayat 134

“(Yaitu) orang-orang yang menafkahkan (hartanya), baik di waktu lapang maupun sempit, dan orang-orang yang menahan amarahnya dan memaafkan kesalahan orang lain. Dan Allah menyukai orang-orang yang berbuat kebajikan.”

Ayat ini mengajarkan kita untuk menahan amarah dan memaafkan kesalahan orang lain. Dalam Islam, memaafkan adalah tindakan yang sangat dianjurkan. Dengan memaafkan, kita dapat meredakan amarah dalam hati dan menjalin hubungan yang harmonis dengan orang lain.

3. Surah Al-Hujurat ayat 11

“Hai orang-orang yang beriman, janganlah suatu kaum mengolok-olok kaum yang lain (karena) boleh jadi mereka lebih baik dari mereka, dan janganlah pula wanita-wanita (mengolok-olokkan) wanita lain (karena) boleh jadi mereka lebih baik dari mereka. Janganlah kamu mencela dirimu sendiri dan janganlah saling panggil-memanggil dengan gelar yang buruk. Seburuk-buruk panggilan ialah (panggilan) yang buruk sesudah iman, dan barangsiapa yang tidak bertaubat, maka mereka itulah orang-orang yang zalim.”

Ayat ini mengajarkan kita untuk tidak mengolok-olok atau mencela orang lain. Hal ini dapat memicu amarah dan merusak hubungan dengan orang lain. Sebaliknya, kita harus saling menghormati dan menghargai sesama manusia, serta menjaga diri dari perilaku yang buruk.

Pos Terkait:  Tafsir Surat Ad-Dhuha Ayat 7: Tak Mungkin Nabi Pernah

4. Surah Ali Imran ayat 159

“Maka, disebabkan rahmat dari Allah-lah kamu berlaku lemah lembut terhadap mereka. Sekiranya kamu bersikap keras lagi berhati kasar, tentulah mereka menjauhkan diri dari sekelilingmu. Karena itu maafkanlah mereka, mohonkanlah ampun bagi mereka, dan bermusyawaratlah dengan mereka dalam urusan itu. Kemudian apabila kamu telah membulatkan tekad, maka bertawakkallah kepada Allah. Sesungguhnya Allah menyukai orang-orang yang bertawakkal kepada-Nya.”

Ayat ini mengajarkan kita untuk bersikap lemah lembut dan memaafkan orang lain. Sebagai manusia, kita tentu saja memiliki kelemahan dan kesalahan. Oleh karena itu, kita harus saling memaafkan dan bermusyawarah dalam menghadapi masalah. Dengan bersikap lemah lembut dan memaafkan, kita dapat meredakan amarah dan menyelesaikan masalah dengan baik.

5. Surah Al-Fussilat ayat 34

“Dan tidaklah sama kebaikan dan kejahatan. Tolong-menolonglah kamu dalam (mengerjakan) kebaikan dan takwa, dan jangan tolong-menolong dalam berbuat dosa dan pelanggaran. Dan bertakwalah kepada Allah, sesungguhnya Allah sangat berat siksa-Nya.”

Ayat ini mengajarkan kita untuk selalu melakukan kebaikan dan menjauhi perbuatan dosa. Dalam menjalankan kebaikan, kita harus saling tolong-menolong dan saling mendukung satu sama lain. Dengan cara ini, kita dapat membangun hubungan yang harmonis dan meredakan amarah dalam hati.

6. Surah Al-Hujurat ayat 12

“Hai orang-orang yang beriman, jauhilah kebanyakan prasangka, sesungguhnya sebagian prasangka itu dosa. Dan janganlah kamu mencari-cari kesalahan orang lain dan janganlah menggunjingkan satu sama lain. Sukakah seorang di antara kamu memakan daging saudaranya yang sudah mati? Maka tentulah kamu merasa jijik kepadanya. Dan bertakwalah kepada Allah. Sesungguhnya Allah Maha Penerima taubat lagi Maha Penyayang.”

Ayat ini mengajarkan kita untuk menjauhi prasangka buruk dan menghindari menggunjingkan orang lain. Prasangka buruk dan gosip hanya akan memicu amarah dan merusak hubungan dengan orang lain. Sebaliknya, kita harus saling menghargai dan menghormati, serta menjaga diri dari perilaku yang buruk.

7. Surah Al-Baqarah ayat 263

“Katakanlah: Hai orang-orang yang beriman, berinfa’atullah (bersikaplah) kepada orang lain dengan cara yang benar. Dan janganlah kekikiran memakan harta di antara kamu dengan cara yang batil, dan janganlah kamu menyerahkan dirimu kepada kebinasaan; dan berbuatlah kebajikan. Sesungguhnya Allah menyukai orang-orang yang berbuat kebajikan.”

Pos Terkait:  Berdoa atau Berharap agar Mimpi Basah? Begini Etikanya

Ayat ini mengajarkan kita untuk selalu berbuat kebajikan dan saling membantu dalam cara yang benar. Dalam berbuat kebajikan, kita harus menjaga diri dari sikap yang egois dan tidak bermanfaat, serta menjauhi perilaku yang dapat merusak diri sendiri maupun orang lain. Dengan bersikap baik dan saling membantu, kita dapat meredakan amarah dan membangun hubungan yang harmonis dengan orang lain.

8. Surah Al-Maidah ayat 8

“Hai orang-orang yang beriman, hendaklah kamu jadi orang-orang yang selalu menegakkan keadilan, menjadi saksi karena Allah, sekalipun terhadap dirimu sendiri, atau ibu-bapak dan kaum kerabatmu. Jika ia kaya atau miskin, maka Allah lebih tahu kemaslahatannya. Maka janganlah kamu mengikuti hawa nafsu, agar kamu tidak menyimpang dari kebenaran. Dan jika kamu memutarbalikkan (kata-kata) atau enggan memberikan kesaksian, maka sesungguhnya Allah Maha Mengetahui apa yang kamu kerjakan.”

Ayat ini mengajarkan kita untuk selalu menegakkan keadilan dan tidak terpengaruh oleh hawa nafsu. Dalam menjalankan keadilan, kita harus bersikap objektif dan tidak memihak kepada pihak tertentu. Dengan bersikap adil, kita dapat meredakan amarah dan membangun hubungan yang harmonis dengan orang lain.

9. Surah Al-Anfal ayat 46

“Dan taatlah kamu kepada Allah dan Rasul-Nya dan janganlah kamu berbantah-bantahan, sehingga kamu menjadi gentar dan hilang kekuatanmu, dan sabarlah. Sesungguhnya Allah beserta orang-orang yang sabar.”

Ayat ini mengajarkan kita untuk selalu taat kepada perintah Allah dan Rasul-Nya. Dalam menjalankan perintah Allah, kita harus bersabar dan tidak terpancing oleh emosi amarah. Dengan bersabar dan taat pada perintah Allah, kita dapat meredakan amarah dan menjalankan kehidupan yang lebih baik.

10. Surah An-Nahl ayat 125

“Serulah (manusia) kepada jalan Tuhanmu dengan hikmah dan pelajaran yang baik, dan bantahlah mereka dengan cara yang baik. Sesungguhnya Tuhanmu Dialah yang lebih mengetahui tentang siapa yang tersesat dari jalan-Nya dan Dialah yang lebih mengetahui orang-orang yang mendapat petunjuk.”

Ayat ini mengajarkan kita untuk selalu mengajak orang lain kepada jalan Allah dengan cara yang baik dan bijaksana. Dalam mengajak orang lain, kita harus bersikap ramah dan tidak memaksakan kehendak. Dengan cara ini, kita dapat meredakan amarah dan membangun hubungan yang harmonis dengan orang lain.

11. Surah Al-A’raf ayat 199

“Ambillah maaf dan suruhlah berbuat baik (kepada orang yang memerangi kamu), sesungguhnya Allah menyukai orang-orang yang berbuat baik.”

Pos Terkait:  Khutbah Jumat: Mensyukuri Nikmat Sehat

Ayat ini mengajarkan kita untuk selalu memaafkan dan berbuat baik kepada orang yang memerangi kita. Dalam Islam, memaafkan dan berbuat baik adalah tindakan yang sangat dianjurkan. Dengan cara ini, kita dapat meredakan amarah dan membangun hubungan yang harmonis dengan orang lain.

12. Surah Al-Hujurat ayat 13

“Wahai manusia! Sesungguhnya Kami menciptakan kamu dari seorang laki-laki dan seorang perempuan dan menjadikan kamu berbangsa-bangsa dan bersuku-suku supaya kamu saling kenal mengenal. Sesungguhnya orang yang paling mulia di antara kamu di sisi Allah ialah orang yang paling bertakwa di antara kamu. Sesungguhnya Allah Maha Mengetahui lagi Maha Mengenal.”

Ayat ini mengajarkan kita untuk saling mengenal dan menghargai sesama manusia, serta menjaga diri dari sikap yang merendahkan orang lain. Dalam menjalin hubungan dengan orang lain, kita harus bersikap sopan dan menghormati perbedaan yang ada. Dengan bersikap baik dan menghargai, kita dapat meredakan amarah dan membangun hubungan yang harmonis dengan orang lain.

13. Surah Al-Ahzab ayat 70

“Hai orang-orang yang beriman, bertakwalah kepada Allah dan ucapkanlah perkataan yang benar. Allah akan memperbaiki amal-amal kalian dan mengampuni dosa-dosa kalian. Dan barangsiapa taat kepada Allah dan Rasul-Nya, maka sesungguhnya dia telah mendapat kemenangan yang besar.”

Ayat ini mengajarkan kita untuk selalu bertakwa kepada Allah dan berbicara dengan perkataan yang benar. Dalam berbicara, kita harus menjaga diri dari perkataan yang kasar dan menyakiti hati orang lain. Dengan berbicara dengan perkataan yang baik, kita dapat meredakan amarah dan membangun hubungan yang harmonis dengan orang lain.

14. Surah Al-An’am ayat 108

“Dan janganlah kamu mencela sesembahan-sembahan yang mereka sembah selain Allah, kerana mereka akan mencela Allah dengan melampaui batas tanpa ilmu pengetahuan. Demikianlah Kami jadikan setiap umat melihat perbuatan mereka masing-masing, kemudian kepada Tuhanlah tempat kembali mereka, lalu Dia memberitahukan kepada mereka apa yang telah mereka kerjakan.”

Ayat ini mengajarkan kita untuk menjaga diri dari perilaku yang merendahkan agama dan keyakinan orang lain. Dalam menjalani kehidupan, kita harus saling menghargai dan menghormati perbedaan agama dan keyakinan yang ada. Dengan cara ini, kita dapat meredakan amarah dan membangun hubungan yang harmonis dengan orang lain.

15. Surah Al-Ma’idah ayat 13

“Maka disebabkan kesalahan orang-orang Yahudi, Kami haram