Umum

Sujud Sahwi Dilakukan Sebelum atau Sesudah Salam?

×

Sujud Sahwi Dilakukan Sebelum atau Sesudah Salam?

Share this article

Sujud sahwi adalah sujud yang dilakukan ketika seseorang menganggap ada kesalahan dalam sholat yang dia lakukan. Sujud sahwi dilakukan setelah salam atau sebelum salam? Sebelum kita membahas tentang hal tersebut, mari kita lihat terlebih dahulu apa itu sujud sahwi dan bagaimana cara melakukannya.

Apa itu Sujud Sahwi?

Sujud sahwi adalah sujud tambahan yang dilakukan ketika seseorang merasa ada kesalahan dalam sholat yang dia lakukan. Kesalahan tersebut dapat berupa kesalahan dalam gerakan sholat, membaca doa atau dzikir, atau melakukan gerakan yang tidak sesuai dengan tata cara sholat yang benar.

Sujud sahwi dapat dilakukan setelah salam atau sebelum salam. Namun, ada perbedaan pendapat mengenai kapan sebaiknya sujud sahwi dilakukan.

Sujud Sahwi Sebelum Salam

Menurut sebagian ulama, sujud sahwi sebaiknya dilakukan sebelum salam. Hal ini karena sujud sahwi adalah sujud tambahan yang dilakukan setelah selesai melakukan gerakan sholat terakhir. Dalam hal ini, gerakan sholat terakhir adalah salam. Jadi, jika seseorang melakukan sujud sahwi setelah salam, maka gerakan sholat sudah selesai dan tidak ada lagi gerakan yang bisa dilakukan.

Pos Terkait:  Biografi Imam Malik bin Anas dan Karya

Ada juga pendapat yang mengatakan bahwa sujud sahwi sebelum salam lebih baik dilakukan jika kesalahan yang terjadi terkait dengan gerakan sholat yang dilakukan sebelum salam. Misalnya, seseorang lupa melakukan rukuk atau sujud pada saat sholat. Dalam hal ini, sujud sahwi sebelum salam dapat dilakukan untuk mengganti gerakan yang terlewatkan tersebut.

Sujud Sahwi Setelah Salam

Di sisi lain, ada juga ulama yang berpendapat bahwa sujud sahwi sebaiknya dilakukan setelah salam. Hal ini karena sujud sahwi adalah sujud tambahan yang dilakukan ketika seseorang merasa ada kesalahan dalam sholat yang dia lakukan. Jadi, jika seseorang melakukan sujud sahwi sebelum salam, maka artinya seseorang mengakui bahwa dia melakukan kesalahan dalam sholat sebelum salam.

Menurut pendapat ini, sujud sahwi sebaiknya dilakukan setelah salam untuk menghindari kesan bahwa seseorang melakukan kesalahan dalam sholat sebelum salam. Selain itu, sujud sahwi setelah salam juga dapat dianggap sebagai tanda syukur atas selesainya sholat.

Kesimpulan

Meskipun ada perbedaan pendapat mengenai kapan sebaiknya sujud sahwi dilakukan, namun yang terpenting adalah niat dan kesadaran kita dalam menjalankan sholat. Jika kita merasa ada kesalahan dalam sholat yang kita lakukan, maka sebaiknya kita melakukan sujud sahwi untuk memperbaikinya. Apakah sujud sahwi dilakukan sebelum salam atau setelah salam, itu tergantung pada masing-masing individu dan situasinya.

Pos Terkait:  Iman Kepada Kitab: Pentingnya Mempercayai Kitab Suci

Semoga artikel ini bermanfaat bagi kita semua dalam menjalankan sholat yang benar dan khusyuk. Jangan lupa untuk selalu meningkatkan kualitas sholat kita dan memperbaiki kesalahan-kesalahan yang kita lakukan. Wassalamu’alaikum.