Umum

Ini Dia Doa yang Dibaca Ketika Sujud dalam Shalat

×

Ini Dia Doa yang Dibaca Ketika Sujud dalam Shalat

Share this article

Shalat merupakan salah satu kewajiban yang harus dilakukan oleh umat muslim. Dalam menjalankan shalat, terdapat banyak gerakan yang dilakukan, salah satunya adalah sujud. Pada saat sujud, kita harus membaca doa sujud.

Doa Sujud Pertama

Subhanallah walhamdulillah wa la ilaha illallah wallahu akbar. Artinya, ” Maha suci Allah, segala puji hanya milik Allah, tidak ada Tuhan selain Allah, Allah Mahabesar.”

Doa sujud pertama ini dilakukan ketika kita sedang sujud pertama. Kita membaca doa ini tiga kali.

Doa Sujud Kedua

Allahumma ighfirli warhamni wajburni warfa’ni wahdini wa ‘afini. Artinya, ” Ya Allah, ampunilah dosaku, sayangilah aku, penuhilah kebutuhanku, tinggikanlah derajatku, berilah petunjuk kepadaku, dan lindungilah aku dari segala macam keburukan.”

Doa sujud kedua ini dilakukan ketika kita sedang sujud kedua. Kita membaca doa ini tiga kali.

Keutamaan Membaca Doa Sujud

Membaca doa sujud merupakan suatu amalan yang sangat dianjurkan dalam shalat. Dalam hadis riwayat Muslim, Rasulullah SAW bersabda, “Ketika seorang hamba sujud, maka dia berada dalam keadaan yang paling dekat dengan Tuhannya, maka perbanyaklah berdoa ketika sujud.”

Pos Terkait:  Wujud Cinta Sungguhan kepada Allah Menurut Ibnu Athaillah

Dalam hadis yang lain, Rasulullah SAW bersabda, “Perbanyaklah sujudmu karena setiap kali engkau sujud, maka engkau akan diangkat derajatmu dan dihapuskan dosamu.”

Dari hadis-hadis tersebut, kita dapat menyimpulkan bahwa membaca doa sujud merupakan suatu amalan yang sangat dianjurkan dalam shalat.

Kesimpulan

Sebagai umat muslim, kita harus selalu berusaha untuk memperbaiki kualitas shalat kita. Salah satu cara untuk memperbaikinya adalah dengan membaca doa sujud dengan khusyuk dan penuh makna. Dengan begitu, kita akan mendapatkan keberkahan dan keutamaan yang lebih besar dari Allah SWT.