Umum

Berapa Lama Manusia Akan Dihisab di Akhirat?

×

Berapa Lama Manusia Akan Dihisab di Akhirat?

Share this article

Setiap manusia pasti akan menghadapi ajal, suatu saat nanti kita akan berpulang ke hadirat-Nya. Dan setelah itu, kita akan dihisab atas segala perbuatan yang telah kita lakukan selama hidup di dunia. Namun, pertanyaannya, berapa lama manusia akan dihisab di akhirat?

Proses Hisab di Akhirat

Sebelum membahas mengenai berapa lama manusia akan dihisab di akhirat, mari kita bahas terlebih dahulu mengenai proses hisab di akhirat. Setelah seseorang meninggal dunia, rohnya akan diambil oleh Malaikat Maut dan dibawa ke hadirat-Nya. Di hadirat-Nya, roh tersebut akan menghadapi proses hisab atas segala perbuatannya selama hidup di dunia.

Proses hisab ini dilakukan dengan sangat teliti dan rinci. Setiap perbuatan yang kita lakukan selama hidup di dunia akan dicatat oleh para malaikat. Tidak ada sedikit pun yang terlewatkan dari catatan tersebut.

Perhitungan Hisab di Akhirat

Setelah proses hisab selesai dilakukan, maka manusia akan dihitung segala perbuatannya. Setiap amal baik yang dilakukan akan dihitung dengan pahala yang sesuai, begitu juga dengan amal buruk yang dilakukan akan dihitung dengan siksa yang sesuai.

Pos Terkait:  Perang di Palestina dan Tanda-Tanda Kiamat

Perhitungan hisab ini dilakukan dengan sangat adil dan objektif. Tidak ada sedikit pun yang terlewatkan dari perhitungan tersebut. Sehingga setiap manusia akan mendapatkan balasan yang sesuai dengan perbuatannya selama hidup di dunia.

Berapa Lama Manusia Akan Dihisab di Akhirat?

Sekarang kita kembali ke pertanyaan awal, berapa lama manusia akan dihisab di akhirat? Sebenarnya tidak ada yang tahu pasti berapa lama proses hisab akan berlangsung. Karena proses hisab ini sangat bergantung pada perbuatan yang telah dilakukan selama hidup di dunia.

Jika seseorang memiliki banyak amal baik dan sedikit amal buruk, maka proses hisab akan berjalan dengan cepat. Namun, jika seseorang memiliki banyak amal buruk dan sedikit amal baik, maka proses hisab akan berjalan dengan sangat lambat.

Hal ini bisa kita lihat dari firman Allah SWT dalam Surat Al-Infitar ayat 6-7 yang artinya “Hai manusia, sesungguhnya kamu menuju kepada Tuhanmu dengan berjalan kaki dan sesungguhnya Dia-lah yang akan memimpinmu. Maka mengapa kamu tidak bersyukur? Dan Dia-lah yang menciptakan kamu dari tanah kemudian dari air mani, kemudian Dia menjadikanmu berpasang-pasangan. Dan tidak ada yang memperpanjang umurmu kecuali Dia-lah yang mengatur (mewakilkan) ajalmu. Sesungguhnya Dia Maha Mengetahui lagi Maha Kuasa.”

Pos Terkait:  Gundogan, Muslim Gelandang dan Duta Olahraga Jerman yang Berdedikasi Habis

Dari ayat tersebut, kita bisa menyimpulkan bahwa panjang atau pendeknya proses hisab di akhirat tergantung pada keputusan Allah SWT. Tidak ada yang bisa menentukan berapa lama proses hisab akan berlangsung.

Akhir Kata

Demikianlah pembahasan mengenai berapa lama manusia akan dihisab di akhirat. Kita tidak bisa mengetahui pasti berapa lama proses hisab akan berlangsung, namun yang pasti, setiap manusia akan mendapatkan balasan yang sesuai dengan perbuatannya selama hidup di dunia. Oleh karena itu, mari kita selalu berusaha untuk melakukan amal baik sebanyak-banyaknya dan menghindari amal buruk sebisa mungkin. Semoga Allah SWT senantiasa memberikan kita hidayah dan kekuatan untuk selalu berbuat kebaikan.