Umum

Ayat-Ayat Al Quran Tentang Perintah

×

Ayat-Ayat Al Quran Tentang Perintah

Share this article

Al Quran merupakan kitab suci umat Muslim yang menjadi pedoman dalam kehidupan sehari-hari. Salah satu tema yang sering dibahas dalam Al Quran adalah perintah. Setiap manusia harus patuh pada perintah Allah, yang tercantum dalam Al Quran. Dalam artikel ini, kita akan membahas beberapa ayat Al Quran tentang perintah.

Ayat Al Quran Tentang Perintah Ibadah

Salah satu perintah Allah yang sangat penting adalah ibadah. Ibadah merupakan kewajiban bagi setiap Muslim. Ada banyak ayat dalam Al Quran yang membahas tentang perintah ibadah. Salah satunya adalah surat Al Baqarah ayat 21:

“Hai manusia, sembahlah Tuhanmu yang telah menciptakan kamu dan orang-orang yang sebelum kamu, agar kamu bertakwa.”

Perintah untuk beribadah kepada Allah juga tercantum dalam surat Al Jumu’ah ayat 11:

“Hai orang-orang yang beriman, apabila diseru untuk menunaikan shalat pada hari Jum’at, maka bersegeralah kamu kepada mengingat Allah dan tinggalkanlah jual beli.”

Perintah untuk menunaikan zakat juga dijelaskan dalam Al Quran. Surat Al Baqarah ayat 43 menjelaskan tentang pentingnya menunaikan zakat:

“Dan dirikanlah shalat dan berikanlah zakat dan ruku’lah beserta orang-orang yang ruku’.”

Ayat Al Quran Tentang Perintah Berbuat Baik

Allah juga memerintahkan manusia untuk berbuat baik kepada sesama. Ini tercantum dalam surat Al Baqarah ayat 83:

“Dan (ingatlah) ketika Kami mengambil janji dari Bani Israil (untuk mengikuti) tidak menyembah selain Allah, berbuat baik kepada kedua orang tua, kerabat, anak-anak yatim, dan orang-orang miskin, serta ucapkanlah kata-kata yang baik kepada manusia, dirikanlah shalat dan tunaikanlah zakat.”

Perintah untuk berbuat baik juga tercantum dalam surat An Nahl ayat 90:

“Sesungguhnya Allah menyuruh kamu berlaku adil dan berbuat kebajikan, memberi kepada kaum kerabat, dan Allah melarang dari perbuatan keji, kemungkaran dan permusuhan. Dia memberi pengajaran kepadamu agar kamu dapat memahaminya.”

Ayat Al Quran Tentang Perintah Berpuasa

Puasa merupakan ibadah yang sangat penting dalam Islam. Perintah untuk berpuasa dijelaskan dalam surat Al Baqarah ayat 183:

“Hai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kamu agar kamu bertakwa.”

Perintah untuk berpuasa juga tercantum dalam surat Al Baqarah ayat 196:

“Dan sempurnakanlah ibadah haji dan umrah karena Allah. Jika kamu terhalang, maka (lakukanlah) korban yang mudah. Dan janganlah mencukur rambutmu sebelum korban sampai ke tempatnya. Barangsiapa di antara kamu sakit atau dalam keadaan sakit kepala karena rambutnya, maka hendaklah ia membayar fidyah atau bersedekah atau berbuat kebajikan. Setelah melakukan ibadah haji dan umrah, maka sempurnakanlah puasamu. Dan janganlah kamu berhubungan seksual dengan istri-istri kamu selama kamu masih berihram. Jika kamu berbuat demikian, maka (lakukanlah) korban yang mudah. Dan janganlah kamu berdebat tentang haji dan umrah dan janganlah kamu bertengkar pada waktu melaksanakannya. Kebaikan yang kamu lakukan adalah yang terbaik. Dan ketahuilah bahwa Allah Maha Mengetahui apa yang kamu kerjakan.”

Ayat Al Quran Tentang Perintah Berbicara Baik

Berbicara baik dan sopan merupakan perintah Allah yang sangat penting. Allah memerintahkan manusia untuk berbicara dengan baik dan sopan, seperti dijelaskan dalam surat Al Isra ayat 53:

“Katakanlah kepada hamba-hamba-Ku bahwa mereka harus mengucapkan perkataan yang baik. Setan ingin menimbulkan permusuhan di antara mereka. Sesungguhnya setan adalah musuh yang nyata bagi manusia.”

Perintah untuk berbicara dengan baik juga tercantum dalam surat Al Baqarah ayat 83:

“Dan (ingatlah) ketika Kami mengambil janji dari Bani Israil (untuk mengikuti) tidak menyembah selain Allah, berbuat baik kepada kedua orang tua, kerabat, anak-anak yatim, dan orang-orang miskin, serta ucapkanlah kata-kata yang baik kepada manusia, dirikanlah shalat dan tunaikanlah zakat.”

Ayat Al Quran Tentang Perintah Bertawakal Pada Allah

Salah satu perintah Allah yang sangat penting adalah untuk bertawakal pada Allah. Allah memerintahkan manusia untuk selalu bertawakal pada-Nya, seperti dijelaskan dalam surat Ali Imran ayat 159:

“Maka disebabkan rahmat dari Allah-lah kamu berlaku lemah lembut terhadap mereka. Sekiranya kamu bersikap keras lagi berhati kasar, tentulah mereka menjauhkan diri dari sekelilingmu. Karena itu maafkanlah mereka, mohonkanlah ampun bagi mereka, dan bermusyawaratlah dengan mereka dalam urusan (yang baik). Kemudian apabila kamu telah membulatkan tekad, maka bertawakallah kepada Allah. Sesungguhnya Allah menyukai orang-orang yang bertawakal kepada-Nya.”

Perintah untuk bertawakal pada Allah juga tercantum dalam surat An Nahl ayat 43:

“Dan barangsiapa yang bertawakal kepada Allah, niscaya Allah akan mencukupkan (keperluan)-nya. Sesungguhnya Allah melaksanakan urusan yang (dikehendaki)-Nya. Sesungguhnya Allah telah mengadakan ketentuan bagi tiap-tiap sesuatu.”

Ayat Al Quran Tentang Perintah Membaca Al Quran

Salah satu perintah Allah yang sangat penting adalah untuk membaca Al Quran. Allah memerintahkan manusia untuk membaca Al Quran, seperti dijelaskan dalam surat Al Muzammil ayat 4:

“Dan bacalah Al Quran dengan tartil (perlahan dan merdu) dan tadabburlah (hayati dan memaknai) dengan hati yang tenang.”

Perintah untuk membaca Al Quran juga tercantum dalam surat Al Baqarah ayat 121:

“Orang-orang yang Kami berikan Al Quran kepadanya, lalu ia membacanya dengan sebaik-baiknya, mereka itulah yang beriman kepadanya. Dan barangsiapa yang tidak beriman kepada Al Quran, maka Allah tidak akan memandangnya sebagai orang-orang yang beriman.”

Kesimpulan

Ada banyak ayat Al Quran yang membahas tentang perintah, seperti perintah untuk beribadah, berbuat baik, berpuasa, berbicara baik, bertawakal pada Allah, dan membaca Al Quran. Semua perintah ini sangat penting bagi setiap Muslim. Kita harus selalu patuh pada perintah Allah yang tercantum dalam Al Quran untuk memperoleh kebahagiaan di dunia dan akhirat.

Pos Terkait:  Cara yang Benar dalam Menentukan Masa Iddah Janda