Umum

Bang Haji Rhoma Irama: Legenda Dangdut Indonesia

×

Bang Haji Rhoma Irama: Legenda Dangdut Indonesia

Share this article

Pendahuluan

Bang Haji Rhoma Irama, atau yang juga dikenal sebagai Raja Dangdut, adalah seorang musisi dan penyanyi legendaris Indonesia. Ia dikenal sebagai sosok yang telah mengubah wajah musik dangdut di Indonesia. Rhoma Irama juga dikenal sebagai Bung Karno Dangdut dan pelopor aliran musik Dangdut Koplo.

Kehidupan Awal

Rhoma Irama lahir di Tasikmalaya, Jawa Barat pada tanggal 11 Desember 1946. Ia adalah anak keempat dari delapan bersaudara. Ayah Rhoma, Burhan Irama, adalah seorang guru agama di sebuah pesantren. Sedangkan ibunya, Okiyah, adalah seorang ibu rumah tangga.

Karir Musik

Rhoma Irama memulai karir musiknya pada era 60-an dengan bergabung dengan Orkes Melayu Purnama. Pada tahun 1973, ia membentuk grup musik Soneta dengan personel yang terdiri dari beberapa musisi terkenal seperti Ikang Fawzi, Elvy Sukaesih, dan lain-lain.Album pertama Soneta yang berjudul “Gitar Tua” dirilis pada tahun 1974. Album ini sukses besar dan membuat nama Rhoma Irama semakin dikenal oleh masyarakat Indonesia.Selama karirnya, Rhoma Irama telah merilis lebih dari 40 album dan banyak lagu-lagu hits seperti “Begadang”, “Keramat”, “Pantun Cinta”, “Darah Muda”, dan masih banyak lagi.

Pos Terkait:  Tidak Direstui Orangtua? Begini Caranya

Pengaruh dan Kontribusi

Rhoma Irama dikenal sebagai pelopor aliran musik dangdut modern di Indonesia. Ia berhasil menggabungkan unsur-unsur musik dangdut dengan musik rock dan pop sehingga menghasilkan suara yang unik dan segar.Selain itu, Rhoma Irama juga dikenal sebagai sosok yang memperkenalkan musik dangdut ke luar negeri. Ia telah melakukan tour ke beberapa negara seperti Malaysia, Brunei, Singapura, dan Australia.Rhoma Irama juga dikenal sebagai sosok yang mengajarkan nilai-nilai religi melalui lirik-lirik lagu dangdutnya. Ia sering menampilkan tema-tema religi dalam lagu-lagunya sehingga mampu memberikan inspirasi dan motivasi bagi pendengarnya.

Kontroversi

Meskipun sudah menjadi legenda di dunia musik Indonesia, Rhoma Irama juga pernah terlibat dalam beberapa kontroversi. Salah satu kontroversi yang paling terkenal adalah ketika ia dituduh mempromosikan paham-paham PKI melalui lagu-lagu dangdutnya.Rhoma Irama juga pernah terlibat dalam beberapa masalah hukum seperti kasus penganiayaan pada tahun 2004 dan kasus penyalahgunaan narkoba pada tahun 2013.

Keberhasilan

Rhoma Irama telah meraih banyak keberhasilan selama karirnya di dunia musik. Ia telah mendapatkan banyak penghargaan di antaranya adalah Lifetime Achievement Award dari Anugerah Musik Indonesia pada tahun 2000 dan penghargaan Bintang Mahaputra dari pemerintah Indonesia pada tahun 2003.Selain itu, Rhoma Irama juga diakui oleh majalah Rolling Stone sebagai salah satu musisi terbaik sepanjang masa di Indonesia.

Pos Terkait:  Perbedaan Tafsir dan Takwil

Keluarga

Rhoma Irama menikah dengan penyanyi dangdut Elvy Sukaesih pada tahun 1975. Namun, pernikahan mereka berakhir dengan perceraian pada tahun 1980.Ia kemudian menikah lagi dengan penyanyi dangdut Rica Rachim pada tahun 1996 dan dikaruniai dua orang anak.

Kesimpulan

Rhoma Irama adalah sosok legendaris dalam dunia musik Indonesia. Ia telah memberikan kontribusi besar dalam mengembangkan musik dangdut modern dan membawa nama Indonesia ke kancah internasional.Meskipun pernah terlibat dalam beberapa kontroversi, Rhoma Irama tetap diakui sebagai salah satu musisi terbaik sepanjang masa di Indonesia.