Umum

Kandungan Al Quran Surat Az Zumar Ayat: Mengenal Ayat-Ayat Penuh Makna

×

Kandungan Al Quran Surat Az Zumar Ayat: Mengenal Ayat-Ayat Penuh Makna

Share this article

Pendahuluan

Surat Az Zumar merupakan salah satu surat di dalam Al Quran yang memiliki banyak ayat-ayat penuh makna. Salah satu ayat yang terdapat di dalam surat tersebut adalah surat Az Zumar ayat 53, yang berbunyi “Katakanlah: “Hai hamba-hamba-Ku yang melampaui batas terhadap diri mereka sendiri, janganlah kamu berputus asa dari rahmat Allah. Sesungguhnya Allah mengampuni dosa-dosa semuanya. Sesungguhnya Dia-lah Yang Maha Pengampun lagi Maha Penyayang.”Ayat ini mengajarkan kita untuk tidak pernah berputus asa dari rahmat Allah, meskipun kita telah melakukan dosa-dosa yang besar. Selain itu, terdapat banyak lagi ayat-ayat penuh makna yang terdapat di dalam Surat Az Zumar yang perlu kita ketahui.

Ayat 2: Allah Mahakuasa

Surat Az Zumar ayat 2 menyatakan bahwa Allah Mahakuasa atas segala sesuatu. Ayat ini mengajarkan kita untuk selalu mengandalkan kekuasaan Allah dalam setiap hal yang kita hadapi. Allah Mahakuasa dan bisa mengatasi segala masalah yang kita hadapi.

Pos Terkait:  Tanda Hati yang Mati, Kering, Tertutup, dan Gelap menurut

Ayat 9: Allah Maha Mengetahui

Surat Az Zumar ayat 9 menyatakan bahwa Allah Maha Mengetahui segala sesuatu yang terjadi di dunia ini. Ayat ini mengajarkan kita untuk selalu mengandalkan Allah dalam setiap langkah yang kita ambil, karena Allah Maha Mengetahui segala sesuatu yang terjadi di dunia ini.

Ayat 22: Allah Menjaga Hati Orang-Orang Yang Bertakwa

Surat Az Zumar ayat 22 menyatakan bahwa Allah menjaga hati orang-orang yang bertakwa. Ayat ini mengajarkan kita untuk selalu menjaga hati kita agar selalu dalam keadaan yang baik, karena Allah senantiasa menjaga hati orang-orang yang bertakwa.

Ayat 36: Allah Menjaga Orang-Orang Yang Beriman

Surat Az Zumar ayat 36 menyatakan bahwa Allah senantiasa menjaga orang-orang yang beriman. Ayat ini mengajarkan kita untuk selalu beriman kepada Allah dan selalu mengandalkan-Nya dalam setiap hal yang kita hadapi.

Ayat 53: Allah Maha Pengampun dan Maha Penyayang

Surat Az Zumar ayat 53 menyatakan bahwa Allah Maha Pengampun dan Maha Penyayang. Ayat ini mengajarkan kita untuk selalu berharap kepada rahmat Allah dan tidak pernah berputus asa dari-Nya, karena Allah senantiasa mengampuni dosa-dosa kita.

Ayat 64: Allah Menyediakan Surga Bagi Orang-Orang Yang Bertakwa

Surat Az Zumar ayat 64 menyatakan bahwa Allah menyediakan Surga bagi orang-orang yang bertakwa. Ayat ini mengajarkan kita untuk selalu bertakwa dan berusaha untuk selalu mendekatkan diri kepada Allah, karena hanya dengan bertakwa kita dapat memperoleh Surga yang telah disediakan Allah.

Ayat 71: Allah Memenuhi Doa Orang-Orang Yang Bertakwa

Surat Az Zumar ayat 71 menyatakan bahwa Allah akan memenuhi doa orang-orang yang bertakwa. Ayat ini mengajarkan kita untuk selalu berdoa kepada Allah dan berusaha untuk selalu bertakwa, karena hanya orang-orang yang bertakwa yang akan mendapatkan keberkahan Allah.

Ayat 73: Allah Menjaga Orang-Orang Yang Bertakwa

Surat Az Zumar ayat 73 menyatakan bahwa Allah senantiasa menjaga orang-orang yang bertakwa. Ayat ini mengajarkan kita untuk selalu bertakwa dan mengandalkan Allah dalam setiap hal yang kita hadapi, karena Allah senantiasa menjaga orang-orang yang bertakwa.

Pos Terkait:  Ayat Al-Quran Tentang Jual Beli

Ayat 74: Allah Menjadikan Surga Sebagai Balasan Bagi Orang-Orang Yang Bertakwa

Surat Az Zumar ayat 74 menyatakan bahwa Allah akan menjadikan Surga sebagai balasan bagi orang-orang yang bertakwa. Ayat ini mengajarkan kita untuk selalu bertakwa dan berusaha untuk selalu mendekatkan diri kepada Allah, karena hanya dengan bertakwa kita dapat memperoleh Surga yang telah disediakan Allah.

Ayat 75: Allah Mengampuni Dosa-Dosa Orang-Orang Yang Bertobat

Surat Az Zumar ayat 75 menyatakan bahwa Allah akan mengampuni dosa-dosa orang-orang yang bertobat. Ayat ini mengajarkan kita untuk selalu berusaha untuk memperbaiki diri dan selalu berdoa kepada Allah agar selalu diberi kekuatan untuk tetap bertobat.

Ayat 82: Allah Maha Kuasa Atas Segala Sesuatu

Surat Az Zumar ayat 82 menyatakan bahwa Allah Maha Kuasa atas segala sesuatu. Ayat ini mengajarkan kita untuk selalu mengandalkan kekuasaan Allah dalam setiap hal yang kita hadapi, karena hanya dengan mengandalkan Allah kita dapat mengatasi segala masalah yang kita hadapi.

Ayat 84: Allah Mengetahui Apa Yang Tersembunyi dan Yang Tidak Tersembunyi

Surat Az Zumar ayat 84 menyatakan bahwa Allah mengetahui apa yang tersembunyi dan yang tidak tersembunyi. Ayat ini mengajarkan kita untuk selalu berhati-hati dalam setiap hal yang kita lakukan, karena Allah senantiasa mengetahui apa yang tersembunyi dan yang tidak tersembunyi.

Ayat 87: Allah Menjadikan Al Quran Sebagai Petunjuk dan Rahmat Bagi Umat Manusia

Surat Az Zumar ayat 87 menyatakan bahwa Allah menjadikan Al Quran sebagai petunjuk dan rahmat bagi umat manusia. Ayat ini mengajarkan kita untuk selalu membaca Al Quran dan mengamalkan ajaran-ajaran yang terkandung di dalamnya, karena Al Quran merupakan petunjuk dan rahmat bagi umat manusia.

Pos Terkait:  Inilah Dosa Terhapus Hanya Dengan

Ayat 89: Allah Menunjukkan Jalan Yang Benar Bagi Orang-Orang Yang Bertakwa

Surat Az Zumar ayat 89 menyatakan bahwa Allah senantiasa menunjukkan jalan yang benar bagi orang-orang yang bertakwa. Ayat ini mengajarkan kita untuk selalu bertakwa dan mengandalkan Allah dalam setiap hal yang kita hadapi, karena hanya orang-orang yang bertakwa yang akan diberi petunjuk oleh Allah.

Ayat 103: Allah Memiliki Kekuasaan dan Pengaruh Yang Besar

Surat Az Zumar ayat 103 menyatakan bahwa Allah memiliki kekuasaan dan pengaruh yang besar. Ayat ini mengajarkan kita untuk selalu mengandalkan kekuasaan Allah dalam setiap hal yang kita hadapi, karena hanya dengan mengandalkan Allah kita dapat mengatasi segala masalah yang kita hadapi.

Ayat 105: Allah Menunjukkan Jalan Keluar Bagi Orang-Orang Yang Sabar

Surat Az Zumar ayat 105 menyatakan bahwa Allah senantiasa menunjukkan jalan keluar bagi orang-orang yang sabar. Ayat ini mengajarkan kita untuk selalu bersabar dan mengandalkan Allah dalam setiap hal yang kita hadapi, karena hanya orang-orang yang sabar yang akan diberi jalan keluar oleh Allah.

Ayat 108: Allah Mengetahui Apa Yang Tersembunyi dan Yang Tidak Tersembunyi

Surat Az Zumar ayat 108 menyatakan bahwa Allah mengetahui apa yang tersembunyi dan yang tidak tersembunyi. Ayat ini mengajarkan kita untuk selalu berhati-hati dalam setiap hal yang kita lakukan, karena Allah senantiasa mengetahui apa yang tersembunyi dan yang tidak tersembunyi.

Kesimpulan

Surat Az Zumar merupakan salah satu surat di dalam Al Quran yang memiliki banyak ayat-ayat penuh makna. Ayat-ayat di dalam surat tersebut mengajarkan kita untuk selalu mengandalkan kekuasaan Allah dalam setiap hal yang kita hadapi, selalu mengandalkan rahmat Allah, mengandalkan petunjuk Allah, dan selalu mengandalkan Allah dalam setiap langkah yang kita ambil. Semoga kita senantiasa diberi hidayah oleh Allah dan selalu dijaga oleh-Nya. Amin.