Umum

Jangan Remehkan Ucapan Insya Allah

×

Jangan Remehkan Ucapan Insya Allah

Share this article

Insya Allah, sebuah kalimat yang sering kita dengar dan ucapkan dalam kehidupan sehari-hari. Namun, sayangnya banyak orang yang meremehkan makna dari kalimat ini. Padahal, insya Allah memiliki arti yang sangat penting dan bermakna dalam kehidupan kita sebagai seorang muslim.

Apa Arti Insya Allah?

Insya Allah merupakan kalimat yang berasal dari bahasa Arab yang artinya adalah jika Allah menghendaki. Kalimat ini biasa digunakan sebagai ungkapan harapan atau doa yang diucapkan oleh seseorang ketika akan melakukan suatu hal atau menjawab suatu pertanyaan.

Namun, seringkali kita melupakan arti dari insya Allah itu sendiri. Kita hanya mengucapkannya tanpa memperhatikan makna dan artinya. Padahal, insya Allah memiliki makna yang begitu dalam dan dapat memberikan pengaruh besar bagi kehidupan kita sebagai seorang muslim.

Kenapa Insya Allah Penting?

Insya Allah penting karena memberikan pengaruh besar bagi kehidupan kita sebagai seorang muslim. Dengan mengucapkan insya Allah, kita mengakui bahwa segala sesuatu hanya bisa terjadi jika Allah menghendaki. Kita tidak bisa mengatur segala sesuatu dengan kehendak kita sendiri.

Pos Terkait:  Khutbah Jumat: Maulid Nabi Tiba, Jaga Akhlak Generasi

Dalam Al-Quran, Allah juga menegaskan pentingnya mengucapkan insya Allah. Seperti dalam Surat Al-Kahf ayat 23-24 yang artinya:

Dan janganlah kamu sekali-kali mengatakan terhadap sesuatu: “Sesungguhnya aku akan mengerjakan itu besok”,
kecuali (dengan menyebut): “Insya Allah”.

Dalam surat ini, Allah mengingatkan kita untuk selalu mengucapkan insya Allah ketika akan melakukan sesuatu. Hal ini menunjukkan bahwa insya Allah memiliki makna yang sangat penting dalam kehidupan kita sebagai seorang muslim.

Insya Allah Sebagai Doa

Insya Allah juga sering digunakan sebagai doa. Ketika kita berdoa, kita harus yakin bahwa hanya Allah yang bisa mengabulkan doa kita. Oleh karena itu, kita harus selalu mengakhiri doa kita dengan mengucapkan insya Allah.

Dalam Al-Quran, Allah juga menegaskan pentingnya berdoa dan memohon pertolongan-Nya. Seperti dalam Surat Al-Baqarah ayat 186 yang artinya:

Apabila hamba-hamba-Ku bertanya kepadamu tentang Aku, maka (jawablah), bahwa Aku adalah dekat. Aku mengabulkan permohonan orang yang berdoa apabila ia memohon kepada-Ku. Maka hendaklah mereka itu memenuhi (segala perintah-Ku) dan hendaklah mereka beriman kepada-Ku, agar mereka selalu berada dalam kebenaran.

Dalam surat ini, Allah menegaskan bahwa Dia dekat dengan hamba-Nya dan mengabulkan permohonan orang yang berdoa. Oleh karena itu, kita harus selalu berdoa dan memohon pertolongan serta keberkahan dari Allah.

Pos Terkait:  Bagaimana Cara Menebus Dosa Karena Tinggalkan Shalat Jumat

Insya Allah Sebagai Penyemangat

Insya Allah juga dapat digunakan sebagai penyemangat ketika kita mengalami kesulitan atau kegagalan. Dengan mengucapkan insya Allah, kita menyadari bahwa segala sesuatu hanya bisa terjadi jika Allah menghendaki. Kita tidak boleh menyerah dan harus terus berusaha dengan ikhtiar yang maksimal.

Dalam Al-Quran, Allah juga menegaskan pentingnya berusaha dan tidak menyerah. Seperti dalam Surat Al-Ankabut ayat 69 yang artinya:

Orang-orang yang berjihad di jalan Kami, benar-benar akan Kami tunjukkan kepada mereka jalan-jalan Kami. Sungguh Allah benar-benar beserta orang-orang yang berbuat baik.

Dalam surat ini, Allah menegaskan bahwa orang-orang yang berusaha dengan ikhtiar yang maksimal akan diberikan petunjuk dan bantuan dari-Nya. Oleh karena itu, kita harus terus berusaha dan tidak menyerah dalam menghadapi kesulitan atau kegagalan.

Insya Allah Sebagai Pengingat

Insya Allah juga dapat digunakan sebagai pengingat untuk selalu mengandalkan Allah dalam segala hal. Dengan mengucapkan insya Allah, kita menyadari bahwa segala sesuatu hanya bisa terjadi jika Allah menghendaki. Kita tidak boleh meremehkan kekuasaan dan pertolongan Allah yang selalu ada di samping kita.

Dalam Al-Quran, Allah juga menegaskan pentingnya mengandalkan-Nya dan tidak meremehkan kekuasaan-Nya. Seperti dalam Surat Al-Ankabut ayat 65 yang artinya:

Maka apabila mereka naik kapal, mereka berdoa kepada Allah dengan memurnikan ketaatan kepada-Nya, tetapi setelah mereka selamat kepada darat, sebagian dari mereka mempersekutukan (Allah) dengan (sesuatu yang lain).

Dalam surat ini, Allah menegaskan bahwa banyak orang yang hanya mengandalkan-Nya ketika mengalami kesulitan, namun setelah selamat mereka kembali mempersekutukan Allah dengan hal-hal yang lain. Oleh karena itu, kita harus selalu mengandalkan Allah dalam segala hal dan tidak meremehkan kekuasaan serta pertolongan-Nya.

Pos Terkait:  Hukum Bacaan Qalqalah Kubro dan Sugro

Kesimpulan

Dalam kehidupan sehari-hari, kita seringkali mengucapkan insya Allah tanpa memperhatikan makna dan artinya. Padahal, insya Allah memiliki arti yang sangat penting dan bermakna dalam kehidupan kita sebagai seorang muslim. Dengan mengucapkan insya Allah, kita mengakui bahwa segala sesuatu hanya bisa terjadi jika Allah menghendaki. Kita tidak bisa mengatur segala sesuatu dengan kehendak kita sendiri.

Insya Allah juga dapat digunakan sebagai doa, penyemangat, dan pengingat untuk selalu mengandalkan Allah dalam segala hal. Oleh karena itu, kita harus selalu mengucapkan insya Allah dengan penuh kesadaran dan memperhatikan makna serta artinya. Semoga kita selalu dijaga dan diberikan kekuatan serta petunjuk oleh Allah dalam menjalani kehidupan ini. Amin.