Umum

Hukum Air Liur Kucing: Najis Ataukah Suci?

×

Hukum Air Liur Kucing: Najis Ataukah Suci?

Share this article

Apakah air liur kucing termasuk Najis ataukah Suci? Ini adalah pertanyaan yang sering muncul di kalangan umat Islam. Sebagai umat Islam, kita diharuskan untuk menjaga kebersihan dan kebersihan adalah sebagian dari iman. Oleh karena itu, penting bagi kita untuk mengetahui apakah air liur kucing termasuk najis ataukah suci.

Apa itu Najis?

Najis dalam Islam adalah segala sesuatu yang dianggap kotor dan harus dihindari. Najis dapat berupa benda atau zat yang dapat menimbulkan penyakit atau bahaya bagi manusia. Najis juga dapat berasal dari binatang atau manusia. Dalam Islam, terdapat beberapa jenis najis, yaitu najis mutawassithah dan najis mughallazah. Najis mutawassithah adalah najis yang dapat dihilangkan dengan air, sedangkan najis mughallazah adalah najis yang sulit dihilangkan dengan air.

Apa itu Air Liur Kucing?

Air liur kucing adalah cairan yang dihasilkan oleh kelenjar ludah kucing. Cairan ini digunakan untuk membantu proses pencernaan makanan. Air liur kucing mengandung enzim yang membantu pemecahan protein dan lemak dalam makanan. Air liur kucing juga mengandung bakteri dan virus yang dapat menyebabkan penyakit pada manusia.

Pos Terkait:  Doa Wukuf di Arafah: Keutamaan dan Makna yang Mendalam

Apakah Air Liur Kucing Najis?

Menurut pendapat mayoritas ulama, air liur kucing termasuk najis mutawassithah. Hal ini berarti air liur kucing dapat dihilangkan dengan air. Oleh karena itu, air liur kucing harus dibersihkan jika terkena pakaian atau benda lainnya.

Penjelasan Dalam Al-Quran dan Hadist

Al-Quran dan Hadist memberikan penjelasan tentang najis dan bagaimana cara membersihkannya. Dalam Al-Quran, Allah SWT berfirman, “Dan bersihkanlah pakaianmu dari najis” (QS Al-Mudatsir: 4). Dalam Hadist, Rasulullah SAW bersabda, “Sesungguhnya Allah bersih dan mencintai kebersihan, maka bersihkanlah najis” (HR Al-Bukhari dan Muslim).

Bahaya Air Liur Kucing

Sebagian besar kucing dapat membawa bakteri dan virus yang dapat menyebabkan penyakit pada manusia. Beberapa penyakit yang dapat disebarkan oleh kucing melalui air liurnya antara lain:

  • Salmonella
  • Ringworm
  • Giardia
  • Toxoplasmosis
  • Campylobacter

Cara Membersihkan Air Liur Kucing

Jika terkena air liur kucing, segera bersihkan dengan air dan sabun. Pastikan untuk membersihkan dengan baik, karena air liur kucing dapat menyebar dan menyebabkan infeksi pada tubuh manusia. Jika terkena pakaian atau benda lainnya, segera cuci dengan air dan sabun. Jangan biarkan air liur kucing mengering pada pakaian atau benda lainnya.

Pos Terkait:  Manfaat Menunaikan Haji Bagi Individu

Kesimpulan

Dalam Islam, menjaga kebersihan adalah sebagian dari iman. Oleh karena itu, penting bagi kita untuk mengetahui apakah air liur kucing termasuk najis ataukah suci. Menurut mayoritas ulama, air liur kucing termasuk najis mutawassithah. Oleh karena itu, air liur kucing harus dibersihkan jika terkena pakaian atau benda lainnya. Selain itu, air liur kucing dapat menyebarkan bakteri dan virus yang dapat menyebabkan penyakit pada manusia. Oleh karena itu, pastikan untuk membersihkan dengan baik jika terkena air liur kucing.