Umum

Keutamaan Membaca Al-Quran: Melipatgandakan Pahala dan Mendapat Perlindungan Allah

×

Keutamaan Membaca Al-Quran: Melipatgandakan Pahala dan Mendapat Perlindungan Allah

Share this article

Al-Quran merupakan kitab suci bagi umat Islam yang diwahyukan kepada Nabi Muhammad SAW. Membaca Al-Quran adalah amalan yang sangat dianjurkan oleh Allah SWT dan Rasulullah. Di dalam Al-Quran banyak terdapat ayat-ayat yang memuji keutamaan membaca Al-Quran. Berikut adalah beberapa hadis tentang keutamaan membaca Al-Quran.

1. Membaca Al-Quran Mendatangkan Pahala yang Besar

Sebagaimana disebutkan dalam hadis dari Abu Umamah, Rasulullah SAW bersabda, “Bacalah Al-Quran. Karena ia akan datang pada hari kiamat sebagai pemberi syafaat bagi para pembacanya.” (HR. Muslim). Dalam hadis lain, Rasulullah juga bersabda, “Siapa yang membaca satu huruf dari kitab Allah, maka ia mendapat satu kebaikan. Kebaikan tersebut dilipatgandakan menjadi 10 kebaikan yang semisal dengannya.” (HR. Tirmidzi).

Dari hadis-hadis tersebut, kita bisa memahami bahwa membaca Al-Quran merupakan amalan yang sangat dianjurkan oleh Allah SWT dan Rasulullah. Dengan membaca Al-Quran, kita akan mendapat pahala yang besar dan melipatgandakan kebaikan yang kita lakukan.

2. Membaca Al-Quran Sebagai Perlindungan dari Siksa Kubur

Membaca Al-Quran juga mempunyai keutamaan sebagai perlindungan dari siksa kubur. Rasulullah SAW bersabda, “Bacalah Al-Quran, karena ia akan datang pada hari kiamat sebagai pemberi syafaat bagi para pembacanya. Bacalah dua ayat yang terdapat di surat Al-Baqarah, karena ia akan memberikan perlindungan bagi pembacanya di dunia dan di akhirat.” (HR. Muslim).

Dari hadis tersebut, kita bisa memahami bahwa membaca Al-Quran juga merupakan perlindungan dari siksa kubur. Oleh karena itu, sangat penting bagi kita untuk membiasakan diri membaca Al-Quran setiap hari.

3. Membaca Al-Quran Membawa Ketenangan Hati

Membaca Al-Quran juga bisa membawa ketenangan hati. Allah SWT berfirman dalam Al-Quran, “Ingatlah hanya dengan mengingat Allah hati menjadi tentram.” (QS. Ar-Ra’d: 28). Dalam hadis yang diriwayatkan oleh Abu Hurairah, Rasulullah SAW bersabda, “Tidaklah hati seorang manusia merasa tenang dan tentram kecuali dengan mengingat Allah.” (HR. Bukhari).

Pos Terkait:  Praktik Tawasul dalam Pandangan Ahlussunah wal Jamaah

Dari hadis tersebut, kita bisa memahami bahwa membaca Al-Quran bisa membawa ketenangan hati. Oleh karena itu, kita harus selalu membiasakan diri membaca Al-Quran setiap hari, agar hati kita selalu tenang dan damai.

4. Membaca Al-Quran Membawa Kebaikan untuk Keluarga

Membaca Al-Quran juga bisa membawa kebaikan untuk keluarga. Dalam hadis yang diriwayatkan oleh Abdullah bin Amr bin Al-Ash, Rasulullah SAW bersabda, “Bacalah Al-Quran dalam keluargamu, karena ia akan menjadi pemberi cahaya di antara kalian di hari kiamat.” (HR. Tirmidzi).

Dari hadis tersebut, kita bisa memahami bahwa membaca Al-Quran bisa membawa kebaikan untuk keluarga. Oleh karena itu, kita harus selalu membiasakan diri membaca Al-Quran bersama keluarga.

5. Membaca Al-Quran Membuka Pintu Rezeki

Membaca Al-Quran juga bisa membuka pintu rezeki. Dalam hadis yang diriwayatkan oleh Abdullah bin Mas’ud, Rasulullah SAW bersabda, “Siapa yang membaca satu huruf dari kitab Allah, maka ia mendapat satu kebaikan. Kebaikan tersebut dilipatgandakan menjadi 10 kebaikan yang semisal dengannya. Aku tidak mengatakan Alif Lam Mim itu satu huruf, akan tetapi Alif satu huruf, Lam satu huruf, dan Mim satu huruf.”

Dari hadis tersebut, kita bisa memahami bahwa membaca Al-Quran juga bisa membuka pintu rezeki. Oleh karena itu, kita harus selalu membiasakan diri membaca Al-Quran setiap hari, agar selalu mendapat berkah dari Allah SWT.

6. Membaca Al-Quran Sebagai Sumber Hidayah

Membaca Al-Quran juga bisa menjadi sumber hidayah bagi kita. Allah SWT berfirman dalam Al-Quran, “Kitab ini (Al-Quran) tidak ada keraguan padanya; petunjuk bagi mereka yang bertakwa.” (QS. Al-Baqarah: 2).

Dari ayat tersebut, kita bisa memahami bahwa Al-Quran adalah petunjuk bagi mereka yang bertakwa. Oleh karena itu, kita harus selalu membiasakan diri membaca Al-Quran setiap hari, agar selalu mendapat hidayah dari Allah SWT.

7. Membaca Al-Quran Sebagai Amalan Terbaik

Membaca Al-Quran juga merupakan amalan terbaik yang bisa kita lakukan. Rasulullah SAW bersabda, “Sebaik-baik di antara kamu adalah yang belajar Al-Quran dan mengajarkannya.” (HR. Bukhari).

Dari hadis tersebut, kita bisa memahami bahwa membaca Al-Quran merupakan amalan terbaik yang bisa kita lakukan. Oleh karena itu, kita harus selalu membiasakan diri membaca Al-Quran setiap hari, agar selalu mendapat berkah dari Allah SWT.

Pos Terkait:  Wafatnya Rasulullah SAW dan Tanggapan: Waktu, Peristiwa, dan Dampaknya

8. Membaca Al-Quran sebagai Sumber Kebahagiaan

Membaca Al-Quran juga bisa menjadi sumber kebahagiaan bagi kita. Allah SWT berfirman dalam Al-Quran, “Barangsiapa yang mengikuti petunjuk-Ku, niscaya tidak akan sesat dan tidak akan celaka.” (QS. Thaha: 123).

Dari ayat tersebut, kita bisa memahami bahwa mengikuti petunjuk Allah SWT bisa membawa kebahagiaan bagi kita. Oleh karena itu, kita harus selalu membiasakan diri membaca Al-Quran setiap hari, agar selalu mengikuti petunjuk Allah SWT.

9. Membaca Al-Quran Membuat Doa-doa Dikabulkan

Membaca Al-Quran juga bisa membuat doa-doa kita dikabulkan oleh Allah SWT. Dalam hadis yang diriwayatkan oleh Abu Hurairah, Rasulullah SAW bersabda, “Bacalah Al-Quran, karena sesungguhnya ia akan datang pada hari kiamat sebagai pemberi syafaat bagi para pembacanya. Bacalah dua ayat terakhir dari surat Al-Baqarah, karena ia akan memberikan perlindungan bagi pembacanya di dunia dan di akhirat.” (HR. Muslim).

Dari hadis tersebut, kita bisa memahami bahwa membaca Al-Quran bisa membuat doa-doa kita dikabulkan oleh Allah SWT. Oleh karena itu, kita harus selalu membiasakan diri membaca Al-Quran setiap hari, agar selalu mendapat berkah dari Allah SWT.

10. Membaca Al-Quran Membuat Pintu Surga Terbuka

Membaca Al-Quran juga bisa membuat pintu surga terbuka bagi kita. Rasulullah SAW bersabda, “Bacalah Al-Quran, karena sesungguhnya ia akan datang pada hari kiamat sebagai pemberi syafaat bagi para pembacanya. Bacalah Al-Quran, karena sesungguhnya ia akan menjadi syafaat bagi para pembacanya pada hari kiamat. Bacalah Al-Quran, karena sesungguhnya ia akan menjadi cahaya bagi para pembacanya pada hari kiamat.” (HR. Muslim).

Dari hadis tersebut, kita bisa memahami bahwa membaca Al-Quran bisa membuat pintu surga terbuka bagi kita. Oleh karena itu, kita harus selalu membiasakan diri membaca Al-Quran setiap hari, agar selalu mendapat berkah dari Allah SWT.

11. Membaca Al-Quran sebagai Amalan yang Paling Disukai Allah SWT

Membaca Al-Quran juga merupakan amalan yang paling disukai oleh Allah SWT. Rasulullah SAW bersabda, “Sesungguhnya Allah SWT sangat menyukai orang yang membaca Al-Quran dengan suara merdu dan tartil.” (HR. Tirmidzi).

Dari hadis tersebut, kita bisa memahami bahwa membaca Al-Quran merupakan amalan yang paling disukai oleh Allah SWT. Oleh karena itu, kita harus selalu membiasakan diri membaca Al-Quran dengan suara merdu dan tartil.

12. Membaca Al-Quran sebagai Amalan yang Dapat Menghapus Dosa

Membaca Al-Quran juga bisa menghapus dosa-dosa kita. Rasulullah SAW bersabda, “Bacalah Al-Quran, karena sesungguhnya ia akan datang pada hari kiamat sebagai pemberi syafaat bagi para pembacanya. Bacalah Al-Quran, karena sesungguhnya ia akan menjadi syafaat bagi para pembacanya pada hari kiamat. Bacalah Al-Quran, karena sesungguhnya ia akan menjadi cahaya bagi para pembacanya pada hari kiamat.” (HR. Muslim).

Pos Terkait:  Fakta Tentang Al Quran: Memahami Lebih Dalam tentang Kitab Suci Islam

Dari hadis tersebut, kita bisa memahami bahwa membaca Al-Quran bisa menghapus dosa-dosa kita. Oleh karena itu, kita harus selalu membiasakan diri membaca Al-Quran setiap hari, agar selalu mendapat berkah dari Allah SWT.

13. Membaca Al-Quran sebagai Amalan yang Dapat Menambah Ilmu dan Kecerdasan

Membaca Al-Quran juga bisa menambah ilmu dan kecerdasan kita. Allah SWT berfirman dalam Al-Quran, “Dan sesungguhnya Kami telah memudahkan Al-Quran untuk pelajaran. Maka adakah orang yang mau mengambil pelajaran?” (QS. Al-Qamar: 17).

Dari ayat tersebut, kita bisa memahami bahwa Al-Quran adalah kitab suci yang memudahkan kita untuk belajar. Oleh karena itu, kita harus selalu membiasakan diri membaca Al-Quran setiap hari, agar selalu mendapat ilmu dan kecerdasan dari Allah SWT.

14. Membaca Al-Quran sebagai Amalan yang Dapat Membawa Ketenangan Batin

Membaca Al-Quran juga bisa membawa ketenangan batin. Rasulullah SAW bersabda, “Barangsiapa yang membaca satu huruf dari kitab Allah, maka ia mendapat satu kebaikan. Kebaikan tersebut dilipatgandakan menjadi 10 kebaikan yang semisal dengannya. Aku tidak mengatakan Alif Lam Mim itu satu huruf, akan tetapi Alif satu huruf, Lam satu huruf, dan Mim satu huruf.” (HR. Tirmidzi).

Dari hadis tersebut, kita bisa memahami bahwa membaca Al-Quran bisa membawa ketenangan batin. Oleh karena itu, kita harus selalu membiasakan diri membaca Al-Quran setiap hari, agar hati kita selalu tenang dan damai.

15. Membaca Al-Quran sebagai Amalan yang Dapat Membawa Keberkahan

Membaca Al-Quran juga bisa membawa keberkahan. Rasulullah SAW bersabda, “Barangsiapa yang membaca satu huruf dari kitab Allah, maka ia mendapat satu kebaikan. Kebaikan tersebut dilipatgandakan menjadi 10 kebaikan yang semisal dengannya. Aku tidak mengatakan Alif Lam Mim itu satu huruf, akan tetapi Alif satu huruf, Lam satu huruf, dan Mim satu huruf.” (HR. Tirmidzi).

Dari hadis tersebut, kita bisa memahami bahwa membaca Al-Quran bisa membawa keberkahan. Oleh karena itu, kita harus selalu membiasakan diri membaca Al-Quran setiap hari, agar selalu mendapat berkah dari Allah SWT.

16. Membaca Al-Quran sebagai Amalan yang Dapat Menjaga Hati dari Kemunafikan

Membaca Al-Quran juga bisa menjaga hati kita dari kemunafikan. Allah SWT berfirman