Umum

Ini Ternyata Makna Lagu Ilir Ilir

×

Ini Ternyata Makna Lagu Ilir Ilir

Share this article

Ada banyak lagu daerah yang sangat terkenal di Indonesia. Salah satunya adalah lagu Ilir Ilir. Lagu yang berasal dari Jawa Tengah ini memiliki makna yang sangat mendalam. Banyak orang yang hanya mengetahui liriknya saja tanpa mengetahui arti yang terkandung di dalamnya. Oleh karena itu, pada artikel kali ini kita akan membahas makna dari lagu Ilir Ilir.

Asal Usul Lagu Ilir Ilir

Lagu Ilir Ilir berasal dari daerah Jawa Tengah, tepatnya dari daerah Klaten dan Solo. Lagu ini sering dinyanyikan dalam acara-acara adat seperti pernikahan, khitanan, dan lain-lain. Lagu ini juga sering dinyanyikan dalam acara keagamaan seperti pengajian dan sholawatan.

Makna dari Lirik Lagu Ilir Ilir

Lirik dari lagu Ilir Ilir sebenarnya memiliki makna yang sangat mendalam. Lagu ini menceritakan tentang perjalanan seseorang dalam menemukan jati dirinya dan akhirnya menemukan kebahagiaan dan kedamaian dalam hidupnya.

Pada bait pertama, lagu ini menceritakan tentang seseorang yang sedang berjalan menuju ke arah timur. Timur di sini melambangkan awal perjalanan seseorang dalam mencari jati dirinya. Pada bait kedua, lagu ini menceritakan tentang seseorang yang sudah sampai di tengah perjalanan dan mulai merasa lelah. Namun, dia tidak putus asa dan terus berjalan menuju tujuannya. Pada bait ketiga, lagu ini menceritakan tentang seseorang yang akhirnya sampai di tujuannya dan menemukan kebahagiaan dan kedamaian dalam hidupnya.

Pos Terkait:  Ujian Keimanan Yang Dihadapi Oleh Umat Islam

Makna dari Kata “Ilir Ilir”

Kata “Ilir Ilir” yang sering diulang-ulang dalam lagu ini sebenarnya memiliki makna yang sangat dalam. Kata “Ilir” berasal dari bahasa Jawa yang berarti hilir atau bawah. Sedangkan kata “Ilir-Ilir” memiliki makna yang lebih dalam yaitu keadaan yang tidak jelas atau keadaan yang belum jelas. Dalam konteks lagu ini, kata “Ilir Ilir” melambangkan keadaan seseorang yang sedang mencari jati dirinya dan belum menemukannya.

Makna dari Bait Keempat

Pada bait keempat, lagu ini menceritakan tentang seseorang yang sudah menemukan jati dirinya dan mencapai kebahagiaan dan kedamaian dalam hidupnya. Namun, dia tidak lupa akan rasa syukurnya kepada Tuhan yang telah membimbingnya dalam perjalanan hidupnya. Bait keempat ini sebenarnya mengajarkan kita untuk selalu bersyukur atas segala nikmat yang telah diberikan oleh Tuhan.

Kesimpulan

Lagu Ilir Ilir sebenarnya memiliki makna yang sangat mendalam. Lagu ini mengajarkan kita untuk selalu mencari jati diri dan tidak putus asa dalam mencapainya. Lagu ini juga mengajarkan kita untuk selalu bersyukur atas segala nikmat yang telah diberikan oleh Tuhan. Oleh karena itu, kita harus menghargai lagu daerah seperti Ilir Ilir yang memiliki makna yang sangat mendalam.

Pos Terkait:  Sekilas Kisah Firaun: Kezaliman dan Nasib Tragisnya