Umum

Zakat Fitrah Sha Berapa Sih?

×

Zakat Fitrah Sha Berapa Sih?

Share this article

Pengertian Zakat Fitrah

Zakat fitrah merupakan zakat yang wajib dikeluarkan oleh setiap muslim pada bulan Ramadan atau menjelang hari raya Idul Fitri. Zakat fitrah juga disebut dengan zakat al-fitr atau sedekah fitrah. Zakat fitrah memiliki tujuan untuk mensucikan jiwa dari sifat kikir dan egois serta membantu orang-orang yang kurang mampu.

Berapa Besaran Zakat Fitrah?

Besaran zakat fitrah ditentukan berdasarkan jenis makanan pokok di daerah tempat tinggal masing-masing muslim. Di Indonesia, zakat fitrah umumnya dikeluarkan dalam bentuk beras atau uang. Berdasarkan perhitungan, besaran zakat fitrah adalah 2,5 kilogram beras atau setara dengan harga beras 1 kilogram. Jadi, jika harga beras di daerah Anda Rp10.000 per kilogram, maka besaran zakat fitrah yang harus dikeluarkan adalah Rp25.000.

Kapan Masa Pembayaran Zakat Fitrah?

Masa pembayaran zakat fitrah dimulai pada akhir bulan Ramadan atau tepatnya menjelang hari raya Idul Fitri. Pembayaran zakat fitrah dapat dilakukan sebelum pelaksanaan shalat Idul Fitri atau pada hari-hari sebelumnya. Namun, pembayaran zakat fitrah juga dapat dilakukan sebelum akhir bulan Ramadan.

Pos Terkait:  Amalan pada Jumat Terakhir Bulan Rajab

Siapa Yang Wajib Membayar Zakat Fitrah?

Setiap muslim yang sudah baligh, berakal, dan memiliki penghasilan yang mencukupi untuk memenuhi kebutuhan hidupnya dan keluarganya wajib membayar zakat fitrah. Zakat fitrah juga wajib dikeluarkan untuk setiap anggota keluarga, termasuk bayi yang baru lahir.

Bagaimana Cara Membayar Zakat Fitrah?

Pembayaran zakat fitrah dapat dilakukan dengan dua cara, yaitu dengan memberikan beras atau uang. Jika dikeluarkan dalam bentuk beras, maka beras tersebut harus sesuai dengan jenis makanan pokok yang biasa dikonsumsi di daerah Anda. Sedangkan, jika dikeluarkan dalam bentuk uang, maka besaran uang yang harus dikeluarkan sesuai dengan harga beras yang berlaku di daerah Anda.

Ke Mana Zakat Fitrah Diberikan?

Zakat fitrah dapat diberikan kepada mustahik atau orang yang berhak menerima zakat, seperti fakir miskin, anak yatim, janda, kaum dhuafa, dan lain sebagainya. Zakat fitrah juga dapat diberikan kepada lembaga-lembaga amil zakat atau penyalur zakat yang terpercaya.

Manfaat Membayar Zakat Fitrah

Membayar zakat fitrah memiliki banyak manfaat, di antaranya:1. Meningkatkan kesadaran dan kepedulian sosial2. Mengurangi kesenjangan sosial3. Mensucikan jiwa dari sifat kikir dan egois4. Membantu orang-orang yang kurang mampu5. Mendapatkan pahala yang berlipat ganda

Pos Terkait:  Ozil: Pemain Sepak Bola Terkenal Dunia

Kesimpulan

Zakat fitrah adalah zakat yang wajib dikeluarkan oleh setiap muslim pada bulan Ramadan atau menjelang hari raya Idul Fitri. Besaran zakat fitrah ditentukan berdasarkan jenis makanan pokok di daerah tempat tinggal masing-masing muslim. Pembayaran zakat fitrah dapat dilakukan dengan memberikan beras atau uang. Zakat fitrah dapat diberikan kepada mustahik atau lembaga-lembaga amil zakat yang terpercaya. Membayar zakat fitrah memiliki banyak manfaat, antara lain meningkatkan kesadaran sosial, mengurangi kesenjangan sosial, dan mendapatkan pahala yang berlipat ganda. Oleh karena itu, mari kita senantiasa memperhatikan kewajiban membayar zakat fitrah dengan sungguh-sungguh.