Umum

Pengertian Rezeki dan Ayat Al-Quran yang Membahas Tentangnya

×

Pengertian Rezeki dan Ayat Al-Quran yang Membahas Tentangnya

Share this article

Rezeki adalah sebuah istilah yang sering kita dengar dalam kehidupan sehari-hari. Namun, apakah pengertian sebenarnya dari rezeki itu sendiri? Rezeki adalah segala sesuatu yang diberikan oleh Allah SWT kepada hamba-Nya dengan tujuan untuk memenuhi kebutuhan hidupnya. Rezeki tidak hanya terbatas pada uang, namun juga termasuk dalam hal-hal seperti kesehatan, kebahagiaan, dan kesuksesan dalam hidup.

Dalam ayat-ayat Al-Quran, Allah SWT banyak membahas tentang rezeki. Berikut beberapa ayat yang membahas tentang rezeki:

1. Surah Al-Baqarah Ayat 155

“Dan sungguh Kami akan menguji kamu dengan sedikit ketakutan, kelaparan, kekurangan harta, jiwa, dan buah-buahan. Dan berikanlah berita gembira kepada orang-orang yang sabar.”

Ayat ini menjelaskan bahwa Allah SWT akan menguji hamba-Nya dengan berbagai macam ujian, termasuk kekurangan harta atau rezeki. Namun, Allah juga memberikan kabar gembira bagi orang-orang yang sabar dalam menghadapi ujian tersebut.

2. Surah Al-Ankabut Ayat 62

“Dan barangsiapa yang bertawakkal kepada Allah, maka Allah akan mencukupi (keperluan)nya. Sesungguhnya Allah melaksanakan urusan yang (dikehendaki)Nya. Sesungguhnya Allah telah mengadakan ketentuan bagi tiap-tiap sesuatu.”

Ayat ini mengajarkan bahwa orang yang bertawakkal kepada Allah SWT dan berusaha keras dalam mencari rezeki, maka Allah akan memberikan kecukupan kepadanya. Allah juga menjelaskan bahwa segala sesuatu telah diatur oleh-Nya dan akan diberikan kepada setiap orang sesuai dengan ketentuan yang telah ditetapkan.

3. Surah Al-Isra Ayat 30

“Sesungguhnya Tuhanmu melapangkan rezeki bagi siapa yang Dia kehendaki dan menyempitkannya (bagi siapa yang Dia kehendaki). Sesungguhnya Dia Maha Mengetahui dan Maha Melihat hamba-hamba-Nya.”

Ayat ini menjelaskan bahwa Allah SWT memiliki kekuasaan penuh dalam memberikan atau mengurangi rezeki kepada hamba-Nya. Allah memberikan rezeki kepada siapa yang Dia kehendaki, dan juga mengetahui dengan pasti siapa yang layak untuk menerima rezeki tersebut.

Pos Terkait:  Ayat-Ayat Al Quran Tentang Keutamaan

4. Surah At-Talaq Ayat 2-3

“Dan barangsiapa bertakwa kepada Allah, niscaya Allah akan mengadakan jalan keluar baginya. Dan memberikan rezeki kepadanya dari arah yang tidak disangka-sangkanya. Dan barangsiapa yang bertawakkal kepada Allah, niscaya Allah akan mencukupkan (keperluan)nya. Sesungguhnya Allah melaksanakan urusan yang (dikehendaki)Nya. Sesungguhnya Allah telah mengadakan ketentuan bagi tiap-tiap sesuatu.”

Ayat ini mengajarkan bahwa orang yang bertakwa kepada Allah SWT dan bertawakkal kepada-Nya, maka Allah akan memberikan jalan keluar dari segala masalah dan memberikan rezeki yang tidak disangka-sangka. Allah juga akan memberikan kecukupan kepada orang yang bertawakkal kepada-Nya dan mengatur segala sesuatu dengan ketentuan yang telah ditetapkan.

5. Surah Al-Anbiya Ayat 79

“Dan Kami tidak menurunkan suatu bencana pun, kecuali dengan izin Kami. Dan barangsiapa yang beriman kepada Allah, niscaya Dia akan memberikan petunjuk kepada hatinya. Dan Allah Maha Mengetahui segala sesuatu.”

Ayat ini menjelaskan bahwa segala sesuatu yang terjadi dalam kehidupan kita telah diatur oleh Allah SWT. Allah memberikan ujian atau bencana kepada hamba-Nya dengan izin-Nya. Namun, bagi orang yang beriman kepada-Nya, Allah akan memberikan petunjuk kepada hatinya untuk menghadapi ujian tersebut.

6. Surah Al-Mulk Ayat 15

“Dia Dialah yang menjadikan segala yang ada di bumi untuk kamu. Maka berjalan-jalanhlah di antara tanda-tanda-Nya dan makanlah dari rezeki yang diberikan-Nya; dan hanya kepada-Nya-lah kamu akan dikembalikan.”

Ayat ini menjelaskan bahwa Allah SWT yang menciptakan segala sesuatu di bumi untuk kepentingan hamba-Nya. Allah juga memerintahkan kita untuk memanfaatkan segala tanda-tanda kebesaran-Nya dan memakan rezeki yang telah diberikan-Nya. Kita juga harus selalu mengingat bahwa segala sesuatu akan dikembalikan kepada Allah SWT pada akhirnya.

7. Surah Al-An’am Ayat 162

“Katakanlah: “Sesungguhnya shalatku, ibadahku, hidupku, dan matiku hanyalah untuk Allah, Tuhan semesta alam.”

Ayat ini mengajarkan bahwa segala hal yang kita lakukan dalam hidup ini harus ditujukan hanya kepada Allah SWT sebagai Tuhan semesta alam. Hal ini termasuk dalam mencari rezeki dan mengaplikasikan nilai-nilai Islam dalam kehidupan sehari-hari.

8. Surah Al-Qasas Ayat 77

“Dan carilah pada apa yang telah dianugerahkan Allah kepadamu negeri akhirat, dan janganlah kamu melupakan bahagianmu dari kenikmatan dunia dan berbuat baiklah (kepada orang lain) sebagaimana Allah telah berbuat baik kepadamu, dan janganlah kamu berbuat kerusakan di bumi. Sesungguhnya Allah tidak menyukai orang-orang yang berbuat kerusakan.”

Pos Terkait:  Suhail bin 'Amr, Sahabat Nabi yang Wafat Terkena Wabah

Ayat ini mengajarkan bahwa sebagai hamba-Nya, kita harus mencari keberkahan dan berkat dari Allah SWT dalam mencari rezeki. Namun, kita juga tidak boleh lupa untuk berbuat baik kepada orang lain dan tidak merusak bumi. Hal ini akan membuat Allah SWT senang dengan kita dan memberikan berkah dalam hidup kita.

9. Surah Al-Hijr Ayat 20

“Dan Kami tidak menyediakan rezeki bagi mereka; tetapi mereka adalah orang-orang yang diberi rezeki dengan kelimpahan.”

Ayat ini menjelaskan bahwa Allah SWT tidak menyediakan rezeki bagi orang-orang yang hanya mengharapkan kekayaan dunia semata. Namun, Allah memberikan rezeki dengan kelimpahan kepada orang-orang yang beriman dan bertawakkal kepada-Nya.

10. Surah Al-Insyirah Ayat 5-6

“Sesungguhnya bersama kesulitan itu ada kemudahan. Sesungguhnya bersama kesulitan itu ada kemudahan.”

Ayat ini mengajarkan bahwa setiap kesulitan yang kita hadapi dalam mencari rezeki pasti akan diiringi dengan kemudahan dari Allah SWT. Kita harus tetap sabar dan bertawakkal kepada-Nya dalam menghadapi setiap ujian yang diberikan.

11. Surah Al-Anbiya Ayat 35

“Dan Kami jadikan di bumi ini tempat kediaman dan tempat peristirahatan bagi kamu. Dan di situlah kamu akan dibangkitkan (pada hari kiamat).”

Ayat ini mengajarkan bahwa Allah SWT telah menciptakan bumi sebagai tempat tinggal dan tempat peristirahatan bagi kita sebagai hamba-Nya. Namun, kita juga harus selalu mengingat bahwa pada akhirnya kita akan dibangkitkan oleh Allah SWT dan bertanggung jawab atas segala hal yang telah kita lakukan dalam hidup ini.

12. Surah Ar-Rum Ayat 39

“Apa yang kamu berikan sebagai sedekah, niscaya Allah akan menggantinya dengan yang lebih baik dari yang kamu berikan, dan Allah Maha Memberi rezeki dengan melimpah karunia-Nya.”

Ayat ini mengajarkan bahwa setiap sedekah yang kita berikan akan digantikan dengan yang lebih baik oleh Allah SWT. Allah juga memberikan rezeki dengan melimpah karunia-Nya kepada orang-orang yang beriman dan bertawakkal kepada-Nya.

13. Surah Al-Jumu’ah Ayat 10

“Dan apabila shalat telah selesai, maka bertebaranlah kamu di muka bumi dan carilah karunia Allah dan ingatlah Allah banyak-banyak supaya kamu beruntung.”

Ayat ini mengajarkan bahwa setelah shalat selesai, kita harus berusaha mencari karunia Allah SWT dan selalu mengingat-Nya dalam setiap langkah hidup kita. Hal ini akan membawa keberkahan dan kebahagiaan dalam hidup kita.

14. Surah Al-Qasas Ayat 82

“Dan apabila kamu melihat mereka, tubuh mereka mengagumkan. Dan apabila mereka berkata, kamu dengarkanlah perkataan mereka. Mereka adalah seakan-akan tiang-tiang yang tersandar. Mereka mengira bahwa tiap-tiap teriakan yang keras ditujukan kepada mereka. Mereka itulah musuh-musuh yang sebenarnya, maka waspadalah terhadap mereka. Semoga Allah membinasakan mereka! Bagaimana mereka dipalingkan (dari kebenaran)?”

Pos Terkait:  Doa untuk Anak Sakit: Cara Menenangkan Hati dan Menghadapi Ujian Hidup

Ayat ini mengajarkan bahwa dalam mencari rezeki, kita harus berhati-hati terhadap orang-orang yang hanya menginginkan keuntungan semata. Kita harus selalu waspada dan menghindari orang-orang yang dapat membahayakan hidup kita.

15. Surah Al-Ankabut Ayat 58

“Dan orang-orang yang beriman dan beramal saleh, sesungguhnya Kami tidak akan membiarkan sia-sia amal mereka. Sesungguhnya Kami akan menetapkan bagi mereka ganjaran yang paling baik terhadap apa yang telah mereka kerjakan.”

Ayat ini menjelaskan bahwa orang-orang yang beriman dan beramal saleh dalam mencari rezeki, Allah SWT akan memberikan ganjaran terbaik kepada mereka. Hal ini menjadi motivasi bagi kita untuk selalu berusaha dalam mencari rezeki dengan cara yang halal dan berkah.

16. Surah Al-Baqarah Ayat 267

“Hai orang-orang yang beriman, nafkahkanlah (di jalan Allah) sebagian dari hasil usahamu yang baik-baik dan sebagian dari apa yang Kami keluarkan dari bumi untuk kamu. Dan janganlah kamu memilih yang buruk-buruk untuk dinafkahkan sedangkan kamu sendiri tidak mau mengambilnya melainkan dengan memincingkan (mata) terhadapnya. Dan ketahuilah, bahwasanya Allah Maha Kaya dan Maha Terpuji.”

Ayat ini mengajarkan bahwa sebagai orang yang beriman, kita harus mempunyai sikap dermawan dalam mencari rezeki dan memberikan sedekah kepada orang yang membutuhkan. Kita juga harus memilih yang terbaik dari hasil usaha kita untuk dinafkahkan dan tidak memilih yang buruk-buruk.

17. Surah Al-Baqarah Ayat 245

“Siapakah yang mau meminjamkan kepada Allah pinjaman yang baik (menafkahkan hartanya di jalan Allah), maka Allah akan melipatgandakan pembayaran kepadanya dengan lipat ganda yang banyak. Dan Allah menyempitkan dan melapangkan (rezeki) dan kepada-Nya-lah kamu dikembalikan.”

Ayat ini mengajarkan bahwa jika kita meminjamkan hartanya di jalan Allah SWT, maka Allah akan memberikan balasan yang berlipat ganda kepada kita. Allah juga mengetahui dan mengatur segala sesuatu dalam kehidupan kita, termasuk dalam memberikan rezeki.

18. Surah Al-Hijr Ayat 22

“Dan Kami tidak menurunkan Al-Quran kecuali untuk dijadikan petunjuk bagi manusia, dan penjelasan-penjelasan yang ada di dalamnya, dan rahmat bagi