Umum

Isi Kandungan Al Quran Surat At Takatsur

×

Isi Kandungan Al Quran Surat At Takatsur

Share this article

Pengantar

Al Quran merupakan kitab suci bagi umat Islam yang berisi petunjuk hidup yang harus dijadikan sebagai pedoman. Salah satu surat yang terdapat di dalam Al Quran adalah Surat At Takatsur. Surat ini termasuk ke dalam golongan surat Makkiyah yang terdiri dari 8 ayat. Surat At Takatsur memiliki banyak makna dan pesan yang dapat diambil oleh umat Islam. Berikut ini adalah isi kandungan Al Quran surat At Takatsur.

Ayat 1

Surat At Takatsur ayat 1 berbunyi “Alhaakumut takatsur”. Ayat ini memiliki arti “Bermegah-megahan telah melalaikanmu”. Ayat ini mengajarkan umat Islam untuk tidak terlalu terpaku pada harta, kekayaan, dan dunia yang fana. Karena kehidupan di dunia hanya sementara, sementara kehidupan di akhirat adalah kekal.

Ayat 2

Surat At Takatsur ayat 2 berbunyi “Hatta zurtumul mukhabir”. Ayat ini memiliki arti “Hingga kamu masuk ke dalam kuburan”. Ayat ini mengingatkan umat Islam bahwa kematian adalah pasti dan tidak ada yang bisa menghindarinya. Oleh karena itu, umat Islam harus selalu mempersiapkan diri untuk menghadapi kematian dengan melakukan amalan-amalan yang baik.

Ayat 3

Surat At Takatsur ayat 3 berbunyi “Kalla sawfa ta’lamun”. Ayat ini memiliki arti “Sekali-kali kamu akan mengetahui”. Ayat ini menunjukkan bahwa pada akhirnya semua manusia akan mengetahui kebenaran dan hakikat kehidupan. Oleh karena itu, umat Islam harus selalu berusaha untuk memperbaiki diri dan melakukan amalan-amalan yang baik agar dapat mendapatkan kebahagiaan di akhirat.

Pos Terkait:  Manusia yang Tidak Merugi: Apa yang Membuat Mereka Berbeda?

Ayat 4

Surat At Takatsur ayat 4 berbunyi “Thumma kalla sawfa ta’lamun”. Ayat ini memiliki arti “Kemudian sekali-kali kamu akan mengetahui”. Ayat ini mengingatkan umat Islam bahwa pada akhirnya semua manusia akan mempertanggungjawabkan segala perbuatannya di hadapan Allah SWT. Oleh karena itu, umat Islam harus selalu berusaha untuk melakukan amalan-amalan yang baik agar mendapatkan ridha Allah SWT.

Ayat 5

Surat At Takatsur ayat 5 berbunyi “Kalla law ta’lamunal ‘ilma al yaqin”. Ayat ini memiliki arti “Sekali-kali jika kamu mengetahui dengan pasti”. Ayat ini menunjukkan pentingnya ilmu dan pengetahuan dalam kehidupan umat Islam. Oleh karena itu, umat Islam harus selalu berusaha untuk meningkatkan ilmu dan pengetahuannya agar dapat melakukan amalan-amalan yang baik.

Ayat 6

Surat At Takatsur ayat 6 berbunyi “La tarawunna al jaheema”. Ayat ini memiliki arti “Sungguh kamu pasti akan melihat neraka Jahannam”. Ayat ini mengingatkan umat Islam tentang keberadaan neraka Jahannam yang sangat mengerikan. Oleh karena itu, umat Islam harus selalu berusaha untuk menjauhi perbuatan-perbuatan yang dapat membawa ke neraka Jahannam.

Ayat 7

Surat At Takatsur ayat 7 berbunyi “Thumma la tarawunnaha ‘ainal yaqin”. Ayat ini memiliki arti “Kemudian kamu pasti akan melihatnya dengan mata kepala sendiri”. Ayat ini menunjukkan bahwa neraka Jahannam bukanlah sekedar cerita atau khayalan belaka, melainkan benar-benar ada dan dapat dilihat oleh manusia. Oleh karena itu, umat Islam harus selalu berusaha untuk menjauhi perbuatan-perbuatan yang dapat membawa ke neraka Jahannam.

Pos Terkait:  Arti Nama Nabi Ishaq dan Makna yang Terkandung di Dalamnya

Ayat 8

Surat At Takatsur ayat 8 berbunyi “Thumma la tus’alunna yauma’idzin ‘anin na’im”. Ayat ini memiliki arti “Kemudian pada hari itu kamu pasti akan ditanya tentang kenikmatan”. Ayat ini mengingatkan umat Islam bahwa pada akhirnya semua manusia akan dimintai pertanggungjawaban atas segala kenikmatan yang diterimanya di dunia. Oleh karena itu, umat Islam harus selalu berusaha untuk beramal shaleh agar mendapatkan kenikmatan di akhirat.

Demikianlah isi kandungan Al Quran surat At Takatsur. Surat ini mengajarkan umat Islam untuk tidak terlalu terpaku pada harta, kekayaan, dan dunia yang fana. Umat Islam harus selalu mempersiapkan diri untuk menghadapi kematian dengan melakukan amalan-amalan yang baik. Pada akhirnya semua manusia akan dimintai pertanggungjawaban atas segala perbuatannya di hadapan Allah SWT. Oleh karena itu, umat Islam harus selalu berusaha untuk melakukan amalan-amalan yang baik agar mendapatkan ridha Allah SWT.