Umum

Doa Setelah Sholat Wajib

×

Doa Setelah Sholat Wajib

Share this article

Sholat wajib merupakan salah satu kewajiban yang harus dilakukan oleh setiap muslim. Setelah menyelesaikan sholat wajib, ada beberapa doa yang sebaiknya dibaca. Tujuannya adalah untuk memohon ampun kepada Allah SWT dan memperoleh keberkahan dari-Nya. Berikut ini adalah beberapa doa setelah sholat wajib yang bisa diamalkan.

1. Doa Setelah Sholat Subuh

Setelah menyelesaikan sholat subuh, sebaiknya membaca doa berikut:

“Allahumma ajirni minan naar”

Artinya: Ya Allah, lindungilah aku dari siksa neraka”.

Doa ini sangat penting untuk dibaca setelah sholat subuh karena setan biasanya sangat aktif pada waktu pagi hari. Dengan membaca doa ini, kita memohon perlindungan dari Allah SWT agar terhindar dari godaan setan.

2. Doa Setelah Sholat Dzuhur

Setelah menyelesaikan sholat dzuhur, sebaiknya membaca doa berikut:

“Allahumma inni zalamtu nafsi zulman katsiran wa la yaghfirudz dzunuba illa anta faghfirli makhfiratan min indika warhamni innaka antal gafururrahim”

Artinya: Ya Allah, sesungguhnya aku telah menganiaya diriku sendiri dengan aniaya yang besar dan tidak ada yang dapat mengampuni dosa kecuali Engkau, maka ampunilah aku dengan ampunan yang berasal dari-Mu dan berilah aku rahmat karena sesungguhnya Engkau Maha Pengampun lagi Maha Penyayang”.

Doa ini sangat penting untuk membantu kita memohon ampunan kepada Allah SWT dan memperoleh rahmat-Nya. Kita harus selalu mengakui kesalahan kita dan memohon ampunan-Nya agar kita dapat hidup dengan penuh keberkahan.

Pos Terkait:  Hukum Melaksanakan Shalat Zhuhur setelah Shalat Jumat

3. Doa Setelah Sholat Ashar

Setelah menyelesaikan sholat ashar, sebaiknya membaca doa berikut:

“Allahumma inni a’udzubika minadz dzalimi wa akhthaa’i wa a’udzubika min an ushriqa bika syai’an wa ana a’lamu bihi wa astaghfiruka limaa laa a’lamu bihi tubtu anhu wa tabarratu minal kufri wash syirki ila imanika wa tawajjahtu wajhiya lilladzi fatharas samaawaati wal ardha haniifan musliman wa maa ana minal musyrikiin”

Artinya: Ya Allah, aku berlindung kepada-Mu dari perbuatan zalim dan kesalahan, aku berlindung kepada-Mu dari menyekutukan-Mu dengan sesuatu yang aku ketahui dan aku memohon ampunan-Mu untuk kesalahan yang tidak aku ketahui, aku bertaubat dari kekafiran dan kesyirikan ke iman-Mu, aku menghadapkan wajahku kepada-Mu, aku menjauhi kekafiran dan kesyirikan, aku adalah orang yang selalu tunduk dan berserah diri kepada-Mu, aku bukanlah orang yang menyekutukan-Mu”.

Doa ini sangat penting untuk membantu kita memohon ampunan kepada Allah SWT dan memperoleh keberkahan-Nya. Dengan membaca doa ini, kita memohon perlindungan dari perbuatan zalim dan kesalahan serta menyatakan bahwa kita hanya tunduk kepada Allah SWT.

4. Doa Setelah Sholat Maghrib

Setelah menyelesaikan sholat maghrib, sebaiknya membaca doa berikut:

“Allahumma anta al-salam wa minka al-salam. Tabarakta ya dhal jalali wal ikram”

Artinya: Ya Allah, Engkau adalah sumber kedamaian dan dari-Mu datanglah kedamaian. Maha Suci Engkau, wahai pemilik keagungan dan kemuliaan”.

Doa ini sangat penting untuk membantu kita memohon kedamaian dari Allah SWT. Dengan membaca doa ini, kita menyatakan bahwa Allah SWT adalah sumber kedamaian dan kita memohon agar kita selalu hidup dalam kedamaian.

Pos Terkait:  Salim, Sahabat Nabi yang Syahid Sesaat Sebelum Menikah

5. Doa Setelah Sholat Isya

Setelah menyelesaikan sholat isya, sebaiknya membaca doa berikut:

“Allahumma bika asbahnaa wa bika amsaynaa wa bika nahyaa wa bika namuutu wa ilaikal mashiir”

Artinya: Ya Allah, dengan rahmat dan karunia-Mu kita bangun di pagi hari, dan dengan rahmat dan karunia-Mu kita hidup di siang hari, dan dengan rahmat dan karunia-Mu kita hidup di malam hari, dan dengan rahmat dan karunia-Mu kita mati, dan kepada-Mu tempat kembali kita”.

Doa ini sangat penting untuk membantu kita menyadari bahwa segala sesuatu yang kita lakukan hanya bisa dilakukan dengan rahmat dan karunia dari Allah SWT. Kita juga harus selalu mengingat bahwa kita semua akan kembali kepada-Nya.

Kesimpulan

Doa setelah sholat wajib adalah salah satu cara untuk memohon ampunan kepada Allah SWT dan memperoleh keberkahan dari-Nya. Dengan membaca doa setelah sholat wajib, kita dapat menjaga hati dan pikiran kita tetap tenang serta terhindar dari godaan setan. Selain itu, kita juga dapat memperoleh rahmat dan karunia dari Allah SWT serta menyadari bahwa segala sesuatu hanya bisa dilakukan dengan rahmat dan karunia dari-Nya.