Umum

Bacaan Sholat Ashar

×

Bacaan Sholat Ashar

Share this article

Sholat Ashar adalah salah satu sholat yang wajib dilakukan oleh umat muslim setiap harinya. Sholat Ashar dilakukan pada waktu setelah matahari condong ke barat hingga matahari terbenam. Pada kesempatan kali ini, kita akan membahas tentang bacaan sholat Ashar yang seharusnya dibaca saat melaksanakan sholat.

Bacaan Niat Sholat Ashar

Sebelum memulai sholat Ashar, sebaiknya kita membaca niat terlebih dahulu. Niat sholat Ashar dilakukan dengan mengucapkan kalimat “Aku niat sholat Ashar dua rakaat karena Allah ta’ala”. Hal ini harus dilakukan dengan sungguh-sungguh dan penuh kesadaran.

Bacaan Takbiratul Ihram

Setelah membaca niat, kita harus mengucapkan takbiratul ihram. Takbiratul ihram dilakukan dengan mengangkat kedua tangan sejajar dengan bahu dan mengucapkan “Allahu Akbar”. Dalam sholat Ashar, takbiratul ihram hanya dilakukan sekali pada rakaat pertama.

Bacaan Al-Fatihah

Setelah mengucapkan takbiratul ihram, kita harus membaca surat Al-Fatihah. Surat Al-Fatihah adalah surat pembuka dalam Al-Quran yang sangat penting dan harus dibaca dalam setiap sholat. Surat Al-Fatihah dibaca dengan khusyuk dan perlahan-lahan.

Pos Terkait:  Proses Pemilihan Khalifah Selepas Umar bin Khaththab Wafat

Bacaan Surat Pendek

Setelah membaca Al-Fatihah, kita harus membaca surat pendek lainnya. Surat pendek yang biasanya dibaca pada sholat Ashar adalah surat Al-Ikhlas dan Al-Kafirun. Kita dapat memilih salah satu atau membaca keduanya secara bergantian.

Rukuk

Setelah membaca surat pendek, kita harus melakukan rukuk. Rukuk dilakukan dengan membungkukkan badan hingga tangan menyentuh lutut. Pada posisi ini, kita harus membaca doa rukuk dengan khusyuk dan perlahan-lahan.

I’tidal

Setelah rukuk, kita harus kembali ke posisi berdiri tegak dan membaca i’tidal. I’tidal dilakukan dengan mengucapkan “Sami’allahu liman hamidah, rabbana wa lakal hamd”.

Sujud

Setelah i’tidal, kita harus melakukan sujud. Sujud dilakukan dengan membungkukkan badan dan meletakkan dahi, hidung, kedua tangan, lutut, dan ujung kaki di atas lantai. Pada posisi ini, kita harus membaca doa sujud dengan khusyuk dan perlahan-lahan.

Duduk Antara Dua Sujud

Setelah sujud, kita harus duduk sejenak sebelum melakukan sujud kedua. Duduk antara dua sujud dilakukan dengan meletakkan kedua kaki di bawah tubuh dan meletakkan tangan di atas lutut. Pada posisi ini, kita harus membaca doa duduk antara dua sujud dengan khusyuk dan perlahan-lahan.

Sujud Kedua

Setelah duduk antara dua sujud, kita harus melakukan sujud kedua seperti pada sujud pertama. Pada posisi ini, kita harus membaca doa sujud kedua dengan khusyuk dan perlahan-lahan.

Pos Terkait:  Hukum Menyakiti Hati Orang Lain

Duduk Tasyahud Akhir

Setelah sujud kedua, kita harus duduk tasyahud akhir. Tasyahud akhir dilakukan dengan duduk bersila dan membaca tasyahud akhir dengan khusyuk dan perlahan-lahan.

Salam

Setelah membaca tasyahud akhir, kita harus mengucapkan salam sebagai tanda akhir dari sholat Ashar. Salam dilakukan dengan mengangkat tangan sejajar dengan bahu dan mengucapkan “Assalamu’alaikum warahmatullah”.

Kesimpulan

Sholat Ashar adalah salah satu sholat wajib yang harus dilakukan oleh umat muslim setiap harinya. Dalam melaksanakan sholat Ashar, kita harus membaca bacaan-bacaan yang sudah ditentukan dengan khusyuk dan perlahan-lahan. Dengan membaca bacaan sholat Ashar dengan baik dan benar, kita dapat memperoleh pahala yang besar dari Allah SWT.