Ayat-Ayat Al Quran Tentang Keutamaan

Posted on

Dalam Al-Quran, terdapat banyak ayat yang membahas tentang keutamaan dan kebaikan. Ayat-ayat tersebut menjadi inspirasi bagi umat Islam untuk selalu berbuat kebaikan dan meningkatkan kualitas iman. Berikut ini beberapa ayat Al-Quran tentang keutamaan yang patut untuk diketahui.

1. Ayat Tentang Keutamaan Taqwa

Allah SWT berfirman dalam surah Al-Hujurat ayat 13, “Hai manusia, sesungguhnya Kami menciptakan kamu dari seorang laki-laki dan seorang perempuan dan menjadikan kamu berbangsa-bangsa dan bersuku-suku supaya kamu saling kenal-mengenal. Sesungguhnya orang yang paling mulia di antara kamu di sisi Allah ialah orang yang paling taqwa di antara kamu. Sesungguhnya Allah Maha Mengetahui lagi Maha Mengenal.”

Artinya, keutamaan manusia bukanlah dari keturunan, kekayaan, atau status sosial, melainkan dari taqwa atau keimanan yang kuat kepada Allah SWT.

2. Ayat Tentang Keutamaan Berbuat Baik

Allah SWT berfirman dalam surah Al-Maidah ayat 2, “Dan tolong-menolonglah kamu dalam kebajikan dan takwa, dan jangan tolong-menolong dalam dosa dan pelanggaran. Dan bertakwalah kepada Allah, sesungguhnya Allah amat berat siksa-Nya.”

Artinya, Allah SWT menyuruh umat Islam untuk selalu berbuat baik, membantu sesama, dan menjauhi perbuatan dosa dan kejahatan.

3. Ayat Tentang Keutamaan Berilmu

Allah SWT berfirman dalam surah Al-Zumar ayat 9, “Apakah orang yang mengetahui sama dengan orang yang tidak mengetahui? Sesungguhnya hanya orang yang berakal saja yang dapat mengambil pelajaran.”

Artinya, Allah SWT memberikan keutamaan bagi orang yang mencari ilmu dan meningkatkan pengetahuannya.

Pos Terkait:  Ketika Berdoa, Coba Lakukan Empat Anjuran Syekh Abdul Qadir Jaelani Ini

4. Ayat Tentang Keutamaan Bersabar

Allah SWT berfirman dalam surah Al-Baqarah ayat 153, “Hai orang-orang yang beriman, mintalah pertolongan (kepada Allah) dengan sabar dan shalat. Sesungguhnya Allah beserta orang-orang yang sabar.”

Artinya, Allah SWT menyuruh umat Islam untuk selalu bersabar dalam menghadapi segala ujian dan cobaan dalam hidup.

5. Ayat Tentang Keutamaan Berdoa

Allah SWT berfirman dalam surah Al-Baqarah ayat 186, “Dan apabila hamba-hamba-Ku bertanya kepadamu tentang Aku, maka (jawablah), sesungguhnya Aku dekat. Aku mengabulkan permohonan orang yang berdoa apabila ia memohon kepada-Ku, maka hendaklah mereka itu memenuhi (segala perintah-Ku) dan hendaklah mereka beriman kepada-Ku, agar mereka selalu berada dalam kebenaran.”

Artinya, Allah SWT memperlihatkan keutamaan doa dan meminta umat Islam untuk selalu berdoa kepada-Nya dengan ikhlas dan tawakkal.

6. Ayat Tentang Keutamaan Pemberi Sedekah

Allah SWT berfirman dalam surah Al-Baqarah ayat 261, “Perumpamaan (nafkah yang dikeluarkan oleh) orang-orang yang menafkahkan hartanya di jalan Allah adalah serupa dengan sebutir benih yang menumbuhkan tujuh bulir, pada tiap-tiap bulir seratus biji. Allah melipat gandakan (ganjaran) bagi siapa yang Dia kehendaki. Dan Allah Maha Luas (karunia-Nya) lagi Maha Mengetahui.”

Artinya, Allah SWT memberikan keutamaan bagi orang yang dermawan dan selalu memberikan sedekah di jalan Allah SWT.

7. Ayat Tentang Keutamaan Menjaga Hubungan Keluarga

Allah SWT berfirman dalam surah Al-Isra ayat 23-24, “Dan Tuhanmu telah memerintahkan agar kamu jangan menyembah selain Dia dan hendaklah kamu berbuat baik pada ibu bapakmu dengan sebaik-baiknya. Jika salah seorang di antara keduanya atau kedua-duanya sampai berumur lanjut dalam pemeliharaanmu, maka sekali-kali janganlah kamu mengatakan kepada keduanya perkataan “ah” dan janganlah membentak keduanya dan ucapkanlah kepada keduanya perkataan yang baik.”

Artinya, Allah SWT memerintahkan umat Islam untuk selalu menjaga hubungan keluarga dan menghormati orang tua.

8. Ayat Tentang Keutamaan Berjihad di Jalan Allah

Allah SWT berfirman dalam surah Al-Baqarah ayat 195, “Dan pergunakanlah harta bendamu di jalan Allah dan janganlah kamu membuang dirimu ke dalam kebinasaan dengan tanganmu sendiri dan berbuat baiklah (kepada orang lain). Sesungguhnya Allah menyukai orang-orang yang berbuat baik.”

Artinya, Allah SWT memberikan keutamaan bagi orang yang berjihad di jalan-Nya dan selalu berbuat baik kepada sesama manusia.

9. Ayat Tentang Keutamaan Berbuat Adil

Allah SWT berfirman dalam surah Al-Maidah ayat 8, “Hai orang-orang yang beriman, hendaklah kamu jadi orang yang selalu menegakkan keadilan, menjadi saksi karena Allah, sekalipun terhadap dirimu sendiri atau ibu bapak dan kaum kerabatmu. Jika ia kaya ataupun miskin, maka Allah lebih tahu kepadanya. Maka janganlah kamu mengikuti hawa nafsu untuk tidak mengadakan keadilan. Dan jika kamu memutar-balikkan (kata-kata) atau enggan (melakukannya), maka sesungguhnya Allah adalah Maha Mengetahui apa yang kamu kerjakan.”

Pos Terkait:  Lafal Niat Mandi Sunnah Shalat Idul Fitri

Artinya, Allah SWT memerintahkan umat Islam untuk selalu berbuat adil dan menegakkan keadilan dalam segala hal.

10. Ayat Tentang Keutamaan Menjaga Shalat

Allah SWT berfirman dalam surah Al-Baqarah ayat 45, “Dan penuhilah shalat, dan berikanlah zakat dan ruku’lah beserta orang-orang yang ruku’.”

Artinya, Allah SWT memberikan keutamaan bagi orang yang selalu menjaga shalat dan melaksanakan kewajiban agama dengan baik.

11. Ayat Tentang Keutamaan Beriman

Allah SWT berfirman dalam surah Al-Baqarah ayat 4, “Dan orang-orang yang beriman kepada (kitab) yang telah diturunkan kepadamu (Muhammad) dan kitab-kitab yang telah diturunkan sebelummu, serta mereka yakin akan adanya akhirat.”

Artinya, Allah SWT memberikan keutamaan bagi orang yang memiliki iman yang kuat dan yakin akan keberadaan akhirat.

12. Ayat Tentang Keutamaan Berpuasa

Allah SWT berfirman dalam surah Al-Baqarah ayat 183, “Hai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kamu agar kamu bertaqwa.”

Artinya, Allah SWT memberikan keutamaan bagi orang yang mampu untuk menjalankan ibadah puasa dengan baik dan penuh keikhlasan.

13. Ayat Tentang Keutamaan Berhijrah

Allah SWT berfirman dalam surah Al-Baqarah ayat 218, “Sesungguhnya orang-orang yang beriman, orang-orang yang berhijrah dan berjihad di jalan Allah, mereka itu mengharapkan rahmat Allah, dan Allah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang.”

Artinya, Allah SWT memberikan keutamaan bagi orang yang berhijrah dan berjihad di jalan-Nya untuk menegakkan kebenaran.

14. Ayat Tentang Keutamaan Beriman Kepada Allah SWT

Allah SWT berfirman dalam surah Al-Baqarah ayat 256, “Tidak ada paksaan untuk (memasuki) agama (Islam); sesungguhnya telah jelas (perbedaan) antara jalan yang benar dengan jalan yang sesat. Karena itu barangsiapa yang ingkar kepada syaitan dan beriman kepada Allah, maka sesungguhnya ia telah berpegang kepada buhul tali yang amat kuat yang tidak akan putus. Dan Allah Maha Mendengar lagi Maha Mengetahui.”

Artinya, Allah SWT memberikan keutamaan bagi orang yang beriman dan selalu memegang teguh agama Islam.

Pos Terkait:  Maulid Simthud Durar: Penyusun, Keutamaan, dan Cara

15. Ayat Tentang Keutamaan Menjaga Amanah

Allah SWT berfirman dalam surah Al-Ahzab ayat 72, “Sesungguhnya Kami telah menawarkan amanat kepada langit, bumi dan gunung-gunung, maka mereka enggan untuk memikulnya dan mereka khawatir akan mengkhianatinya, dan dipikullah amanat itu oleh manusia. Sesungguhnya manusia itu amat zalim dan amat bodoh.”

Artinya, Allah SWT memberikan keutamaan bagi orang yang selalu menjaga amanah dengan baik dan tidak mengkhianati kepercayaan yang diberikan oleh orang lain.

16. Ayat Tentang Keutamaan Berbuat Ihsan

Allah SWT berfirman dalam surah Al-Baqarah ayat 195, “Dan pergunakanlah harta bendamu di jalan Allah dan janganlah kamu membuang dirimu ke dalam kebinasaan dengan tanganmu sendiri dan berbuat baiklah (kepada orang lain). Sesungguhnya Allah menyukai orang-orang yang berbuat baik.”

Artinya, Allah SWT memberikan keutamaan bagi orang yang selalu berbuat ihsan dan melakukan kebaikan kepada sesama manusia.

17. Ayat Tentang Keutamaan Berbuat Kebaikan pada Orang Tua

Allah SWT berfirman dalam surah Al-Isra ayat 23, “Dan Tuhanmu telah memerintahkan agar kamu jangan menyembah selain Dia dan hendaklah kamu berbuat baik pada ibu bapakmu dengan sebaik-baiknya. Jika salah seorang di antara keduanya atau kedua-duanya sampai berumur lanjut dalam pemeliharaanmu, maka sekali-kali janganlah kamu mengatakan kepada keduanya perkataan “ah” dan janganlah membentak keduanya dan ucapkanlah kepada keduanya perkataan yang baik.”

Artinya, Allah SWT memberikan keutamaan bagi orang yang selalu berbuat baik dan menghormati orang tua dengan baik.

18. Ayat Tentang Keutamaan Membaca Al-Quran

Allah SWT berfirman dalam surah Al-Baqarah ayat 121, “Orang yang mengikuti Rasul, nabi yang ummi yang (namanya) mereka dapati tertulis di dalam Taurat dan Injil yang ada di sisi mereka. Yang menyuruh mereka mengerjakan yang makruf dan melarang mereka dari yang mungkar dan menghalalkan bagi mereka segala yang baik dan mengharamkan bagi mereka segala yang buruk dan membuang dari mereka beban-beban dan belenggu yang ada pada mereka. Maka orang-orang yang beriman kepadanya dan memuliakan dia serta menolongnya serta mengikuti cahaya yang diturunkan kepadanya; mereka itulah orang-orang yang beruntung.”

Artinya, Allah SWT memberikan keutamaan bagi orang yang selalu membaca Al-Quran dan mengamalkan ajaran yang terkandung di dalamnya.

19. Ayat Tentang Keutamaan Berbuat Baik