Umum

Sujud Tilawah: Pengertian, Hukum, dan Keutamaannya

×

Sujud Tilawah: Pengertian, Hukum, dan Keutamaannya

Share this article

Pengertian Sujud Tilawah

Sujud tilawah adalah sujud yang dilakukan ketika membaca ayat-ayat tertentu dalam Al-Quran. Sujud tilawah merupakan salah satu bentuk ibadah yang dianjurkan dalam Islam. Sujud tilawah dilakukan sebagai bentuk rasa syukur dan ketaatan kepada Allah atas nikmat yang diberikan-Nya.

Hukum Sujud Tilawah

Hukum sujud tilawah adalah sunnah. Sunnah adalah segala sesuatu yang dilakukan oleh Nabi Muhammad SAW. Sunnah dibagi menjadi dua, yaitu sunnah muakkadah dan sunnah ghairu muakkadah. Sujud tilawah termasuk dalam sunnah ghairu muakkadah. Artinya, sujud tilawah tidak wajib dilakukan, tetapi sangat dianjurkan.

Cara Melakukan Sujud Tilawah

Cara melakukan sujud tilawah sangat mudah. Setelah membaca ayat-ayat yang memerintahkan untuk sujud, kita langsung melakukan sujud. Sujud tilawah dilakukan seperti sujud biasa, dengan menempelkan dahi dan hidung ke lantai. Selanjutnya, kedua tangan diletakkan di samping badan atau di atas lantai.

Ayat-Ayat yang Memerintahkan untuk Sujud Tilawah

Terdapat beberapa ayat dalam Al-Quran yang memerintahkan untuk sujud tilawah. Beberapa ayat tersebut antara lain:1. Surah Al-A’raf ayat 206″Sesungguhnya orang-orang yang di sisi Tuhanmu tidak merasa sombong untuk menyembah-Nya. Mereka bertasbih kepada-Nya dan sujud.”2. Surah Ar-Ra’d ayat 15″Dan bagi Allah-lah bersujud segala yang di langit dan segala yang di bumi, baik dengan sukarela maupun terpaksa, dan bayangkanlah dirimu di antara mereka yang bersujud.”3. Surah An-Najm ayat 62″Maka bersujudlah kepada Allah dan jadilah orang yang bersama-sama dengan orang-orang yang bersujud.”

Pos Terkait:  Cara Melunasi Utang pada Orang yang Sulit Ditemukan

Keutamaan Sujud Tilawah

Sujud tilawah memiliki banyak keutamaan. Beberapa keutamaan sujud tilawah antara lain:1. Mendapat PahalaMelakukan sujud tilawah akan mendapat pahala dari Allah. Pahala yang diberikan oleh Allah sangat besar, bahkan tidak terbayangkan oleh manusia.2. Meningkatkan KetaqwaanSujud tilawah bisa meningkatkan ketaqwaan kita kepada Allah. Dengan melakukan sujud tilawah, kita akan lebih sadar dan mengingat betapa besar dan mulianya Allah.3. Menghilangkan KecemasanMelakukan sujud tilawah juga bisa menghilangkan kecemasan dan kegelisahan dalam hati. Kita akan merasa tenang dan damai setelah melakukan sujud tilawah.

Kesimpulan

Sujud tilawah adalah sujud yang dilakukan ketika membaca ayat-ayat tertentu dalam Al-Quran. Sujud tilawah merupakan salah satu bentuk ibadah yang dianjurkan dalam Islam. Hukum sujud tilawah adalah sunnah ghairu muakkadah. Sujud tilawah dilakukan sebagai bentuk rasa syukur dan ketaatan kepada Allah atas nikmat yang diberikan-Nya. Sujud tilawah memiliki banyak keutamaan, antara lain mendapat pahala, meningkatkan ketaqwaan, dan menghilangkan kecemasan.