Umum

Sujud Sahwi: Pengertian, Cara, dan Keutamaannya

×

Sujud Sahwi: Pengertian, Cara, dan Keutamaannya

Share this article

Pengertian Sujud Sahwi

Sujud sahwi adalah sujud yang dilakukan sebagai pengganti rakaat yang terlewat atau sebagai penebus kesalahan dalam shalat. Sujud sahwi bisa dilakukan setelah salam shalat atau langsung setelah melakukan kesalahan dalam shalat.Sujud sahwi tidak diwajibkan dalam shalat, namun sangat dianjurkan untuk dilakukan oleh umat muslim ketika melakukan kesalahan dalam shalat.

Cara Melakukan Sujud Sahwi

Untuk melakukan sujud sahwi, pertama-tama kita harus duduk dengan posisi tuma’ninah setelah salam shalat. Kemudian, kita membaca bacaan sujud sahwi, “Subhaana robbiyal ‘alaa wa bihamdih” sebanyak satu kali.Setelah itu, kita melakukan sujud dengan posisi seperti saat sujud biasa. Dalam sujud sahwi, kita membaca bacaan sujud seperti saat sujud biasa, yaitu “Subhaana robbiyal ‘alaa” sebanyak tiga kali.Setelah itu, kita bangkit dari sujud dan kembali ke posisi duduk tuma’ninah. Kemudian, kita membaca bacaan sujud sahwi lagi, “Subhaana robbiyal ‘alaa wa bihamdih” sebanyak satu kali.Setelah itu, kita melakukan sujud lagi dengan posisi seperti saat sujud biasa. Dalam sujud kedua ini, kita membaca bacaan sujud seperti saat sujud biasa, yaitu “Subhaana robbiyal ‘alaa” sebanyak tiga kali.Setelah itu, kita bangkit dari sujud dan kembali ke posisi duduk tuma’ninah. Setelah itu, sujud sahwi selesai dilakukan.

Pos Terkait:  Siapa Kaum Rum yang Disebutkan Nabi Akan Khianat dan Memerangi Umat Muslim?

Keutamaan Melakukan Sujud Sahwi

Ada beberapa keutamaan yang bisa kita dapatkan ketika melakukan sujud sahwi. Pertama, sujud sahwi dapat menjadi penebus kesalahan dalam shalat. Ketika kita melakukan kesalahan dalam shalat, sujud sahwi bisa menjadi sarana untuk memohon maaf kepada Allah dan memperbaiki kesalahan yang kita lakukan.Kedua, sujud sahwi dapat meningkatkan kualitas shalat kita. Dengan melakukan sujud sahwi, kita dapat memperhatikan setiap gerakan dalam shalat dengan lebih baik. Hal ini akan membuat kita lebih fokus dalam shalat dan meningkatkan kualitas shalat kita.Ketiga, sujud sahwi juga dapat menjadi sarana untuk memperbaiki shalat yang kurang sempurna. Ketika kita merasa kurang khusyuk dalam shalat atau melakukan kesalahan dalam shalat, sujud sahwi bisa menjadi sarana untuk memperbaiki shalat yang kurang sempurna tersebut.

Kesimpulan

Sujud sahwi adalah sujud yang dilakukan sebagai pengganti rakaat yang terlewat atau sebagai penebus kesalahan dalam shalat. Sujud sahwi bisa dilakukan setelah salam shalat atau langsung setelah melakukan kesalahan dalam shalat.Untuk melakukan sujud sahwi, kita harus duduk dengan posisi tuma’ninah setelah salam shalat. Kemudian, kita membaca bacaan sujud sahwi, “Subhaana robbiyal ‘alaa wa bihamdih” sebanyak satu kali.Setelah itu, kita melakukan sujud dengan posisi seperti saat sujud biasa. Dalam sujud sahwi, kita membaca bacaan sujud seperti saat sujud biasa, yaitu “Subhaana robbiyal ‘alaa” sebanyak tiga kali.Ada beberapa keutamaan yang bisa kita dapatkan ketika melakukan sujud sahwi. Pertama, sujud sahwi dapat menjadi penebus kesalahan dalam shalat. Kedua, sujud sahwi dapat meningkatkan kualitas shalat kita. Ketiga, sujud sahwi juga dapat menjadi sarana untuk memperbaiki shalat yang kurang sempurna.Oleh karena itu, sebagai umat muslim, kita sebaiknya selalu memperhatikan setiap gerakan dalam shalat dengan baik dan melakukan sujud sahwi ketika melakukan kesalahan dalam shalat. Dengan begitu, kita akan bisa memperbaiki kesalahan dalam shalat dan memperbaiki kualitas shalat kita.

Pos Terkait:  Ilmu Padi Seperti Apa?