Pengertian Qanaah dan Contoh Perilaku

Posted on

Qanaah merupakan sebuah sikap yang dianjurkan dalam Islam. Sikap ini diartikan sebagai kepuasan hati yang didapatkan oleh seorang muslim atas segala yang telah Allah berikan kepadanya. Dalam bahasa Inggris, qanaah dapat diartikan sebagai contentment. Qanaah merupakan salah satu sifat yang harus dimiliki oleh setiap muslim. Dengan sikap qanaah, seorang muslim dapat merasa tenang dan bahagia dengan apa yang telah diberikan Allah.

Contoh Perilaku yang Menunjukkan Qanaah

Ada beberapa contoh perilaku yang menunjukkan sikap qanaah. Berikut ini adalah beberapa di antaranya:

1. Bersyukur dengan Apa yang Dimiliki

Seorang muslim yang memiliki sikap qanaah selalu bersyukur dengan apa yang telah diberikan Allah kepadanya. Dia tidak pernah merasa kurang atau tidak puas dengan apa yang dimilikinya. Dia selalu berusaha untuk mensyukuri apa yang telah diberikan Allah kepadanya, baik yang besar maupun yang kecil.

2. Tidak Merasa Iri dengan Orang Lain

Seorang muslim yang memiliki sikap qanaah tidak akan merasa iri dengan orang lain. Dia selalu merasa cukup dan merasa senang dengan apa yang dimilikinya. Dia tidak pernah membandingkan dirinya dengan orang lain dan merasa bahwa dirinya lebih baik atau lebih buruk dari orang lain.

Pos Terkait:  Tafsir Surat Al-Bayyinah Ayat 1: Komitmen Ahli Kitab Sebelum

3. Selalu Berusaha untuk Meningkatkan Diri

Meskipun merasa cukup dengan apa yang dimilikinya, seorang muslim yang memiliki sikap qanaah selalu berusaha untuk meningkatkan dirinya. Dia tidak pernah merasa puas dengan kemampuan atau pengetahuannya yang ada saat ini. Dia selalu berusaha untuk belajar dan meningkatkan kemampuan dirinya agar bisa lebih bermanfaat bagi orang lain.

4. Tidak Suka Mengeluh

Seorang muslim yang memiliki sikap qanaah tidak suka mengeluh. Dia selalu merasa bersyukur dengan apa yang dimilikinya dan tidak pernah merasa bahwa hidupnya tidak adil. Dia selalu berusaha untuk mengambil hikmah dari setiap cobaan yang Allah berikan kepadanya.

5. Selalu Berusaha untuk Membantu Orang Lain

Seorang muslim yang memiliki sikap qanaah selalu berusaha untuk membantu orang lain. Dia tidak pernah terlalu sibuk dengan kepentingan dirinya sendiri sehingga lupa untuk membantu orang lain. Dia selalu berusaha untuk memberikan manfaat bagi orang lain dengan apa yang dimilikinya.

Kesimpulan

Qanaah merupakan sikap yang sangat penting bagi setiap muslim. Dengan sikap qanaah, seorang muslim dapat merasa tenang dan bahagia dengan apa yang telah diberikan Allah kepadanya. Ada beberapa contoh perilaku yang menunjukkan sikap qanaah, di antaranya adalah bersyukur dengan apa yang dimiliki, tidak merasa iri dengan orang lain, selalu berusaha untuk meningkatkan diri, tidak suka mengeluh, dan selalu berusaha untuk membantu orang lain.