Umum

Nama-nama Lain Hari Kiamat dalam Al-Quran

×

Nama-nama Lain Hari Kiamat dalam Al-Quran

Share this article

Hari Kiamat merupakan momen penting yang akan datang bagi setiap manusia. Di dalam Al-Quran, ada banyak nama lain yang merujuk pada hari kiamat. Berikut adalah beberapa nama lain hari kiamat dalam Al-Quran.

1. Yaum al-Qiyamah

Yaum al-Qiyamah artinya Hari Kebangkitan. Ini adalah salah satu nama lain dari hari kiamat yang paling populer di dalam Al-Quran. Nama ini merujuk pada momen ketika semua manusia akan dibangkitkan dari kuburnya dan datang ke hadapan Allah SWT.

2. As-Sa’ah

As-Sa’ah artinya saat yang ditunggu-tunggu. Nama ini merujuk pada momen ketika semua manusia akan dipanggil oleh Allah SWT untuk menghadap-Nya.

3. Yawm al-Taghabun

Yawm al-Taghabun artinya Hari Perhitungan. Nama ini merujuk pada momen ketika Allah SWT akan memperhitungkan semua amalan manusia. Setiap perbuatan baik atau buruk yang dilakukan manusia akan diperhitungkan pada hari ini.

4. Al-Haqqah

Al-Haqqah artinya Hari Kebenaran. Nama ini merujuk pada momen ketika Allah SWT akan menunjukkan kebenaran dari segala hal. Semua orang akan menyadari bahwa hanya Allah SWT yang memiliki kekuasaan mutlak atas segala sesuatu.

5. Al-Qariah

Al-Qariah artinya Hari Kiamat. Nama ini merujuk pada momen ketika bumi akan berguncang dengan hebat. Semua manusia akan merasakan guncangan tersebut dan menyadari bahwa hari kiamat sudah tiba.

6. An-Nashir

An-Nashir artinya Sang Pemberi Peringatan. Nama ini merujuk pada momen ketika Allah SWT akan memberikan peringatan kepada manusia tentang akhirat. Semua manusia akan mendengar peringatan tersebut dan menyadari bahwa mereka harus mempersiapkan diri untuk hari kiamat.

7. Al-Qiyamah

Al-Qiyamah artinya Kebangkitan. Nama ini sering digunakan sebagai sinonim dari Yaum al-Qiyamah. Ini adalah momen ketika semua manusia akan dibangkitkan dari kuburnya dan datang ke hadapan Allah SWT.

Pos Terkait:  Manfaat dan Keutamaan Wudhu Sebelum Ibadah

8. Al-Ghashiyah

Al-Ghashiyah artinya Hari Penutup. Nama ini merujuk pada momen ketika segala sesuatu akan ditutup oleh Allah SWT. Semua manusia akan menyadari bahwa akhirat sudah dekat dan mereka harus mempersiapkan diri untuk menghadapi hari kiamat.

9. Al-Mathurat

Al-Mathurat artinya Hari Pembersih. Nama ini merujuk pada momen ketika Allah SWT akan membersihkan dunia dari segala jenis dosa dan kejahatan. Semua manusia akan menyadari bahwa hanya mereka yang beriman dan beramal saleh yang akan diselamatkan di hari kiamat.

10. Al-Waqi’ah

Al-Waqi’ah artinya Hari Terjadinya. Nama ini merujuk pada momen ketika akhirat akan terjadi. Semua manusia akan menyadari bahwa hari kiamat sudah tiba dan mereka harus mempersiapkan diri untuk menghadap Allah SWT.

11. Al-Hajj

Al-Hajj artinya Hari Haji. Nama ini merujuk pada momen ketika semua manusia akan melakukan haji ke hadapan Allah SWT. Haji merupakan salah satu rukun Islam yang wajib dilakukan oleh setiap muslim yang mampu.

12. Al-Infitar

Al-Infitar artinya Hari Terbelahnya. Nama ini merujuk pada momen ketika langit dan bumi akan terbelah oleh Allah SWT. Semua manusia akan menyadari bahwa hari kiamat sudah tiba dan mereka harus mempersiapkan diri untuk menghadap Allah SWT.

13. Al-Mursalat

Al-Mursalat artinya Hari Terbang. Nama ini merujuk pada momen ketika malaikat akan terbang ke seluruh penjuru dunia untuk memanggil manusia ke hadapan Allah SWT. Semua manusia akan menyadari bahwa hari kiamat sudah tiba dan mereka harus mempersiapkan diri untuk menghadap Allah SWT.

14. Ad-Dukhan

Ad-Dukhan artinya Hari Kabut. Nama ini merujuk pada momen ketika seluruh bumi akan tertutup oleh kabut yang tebal. Semua manusia akan merasakan kegelapan tersebut dan menyadari bahwa hari kiamat sudah tiba.

15. Al-Qadr

Al-Qadr artinya Hari Takdir. Nama ini merujuk pada momen ketika Allah SWT akan menentukan takdir setiap manusia. Semua manusia akan menyadari bahwa hanya Allah SWT yang memiliki kekuasaan mutlak atas segala sesuatu dan mereka harus mempersiapkan diri untuk menghadap Allah SWT di hari kiamat.

Pos Terkait:  Gunung Api di Bawah Kota Aden di Yaman dan Tanda Akhir Zaman

16. Al-A’raf

Al-A’raf artinya Tembok Pembatas. Nama ini merujuk pada momen ketika manusia akan berada di atas tembok pembatas antara surga dan neraka. Semua manusia akan menyadari bahwa hanya mereka yang beriman dan beramal saleh yang akan masuk surga di hari kiamat.

17. At-Takwir

At-Takwir artinya Hari Gulung Tikar. Nama ini merujuk pada momen ketika Allah SWT akan menggulung langit dan bumi seperti gulung tikar. Semua manusia akan menyadari bahwa hari kiamat sudah tiba dan mereka harus mempersiapkan diri untuk menghadap Allah SWT.

18. Al-Muddatsir

Al-Muddatsir artinya Hari Terbungkus. Nama ini merujuk pada momen ketika manusia akan dibungkus oleh kain kafan. Semua manusia akan menyadari bahwa hari kiamat sudah tiba dan mereka harus mempersiapkan diri untuk menghadap Allah SWT.

19. Al-Muntasir

Al-Muntasir artinya Sang Pemenang. Nama ini merujuk pada momen ketika Allah SWT akan menang atas iblis dan setan-setan yang menyesatkan manusia. Semua manusia akan menyadari bahwa hanya Allah SWT yang memiliki kekuasaan mutlak atas segala sesuatu dan mereka harus mempersiapkan diri untuk menghadap Allah SWT.

20. Al-Humazah

Al-Humazah artinya Sang Pengumpat. Nama ini merujuk pada momen ketika manusia akan dihakimi atas segala perbuatan buruk yang mereka lakukan di dunia. Semua manusia akan menyadari bahwa hanya mereka yang beriman dan beramal saleh yang akan diselamatkan di hari kiamat.

21. Al-Qari’ah

Al-Qari’ah artinya Hari Kiamat. Nama ini sering digunakan sebagai sinonim dari Al-Qiyamah. Ini adalah momen ketika semua manusia akan dibangkitkan dari kuburnya dan datang ke hadapan Allah SWT.

22. At-Tatfif

At-Tatfif artinya Hari Penyelewengan. Nama ini merujuk pada momen ketika manusia akan dihakimi atas segala perbuatan buruk yang mereka lakukan di dunia. Semua manusia akan menyadari bahwa hanya mereka yang beriman dan beramal saleh yang akan diselamatkan di hari kiamat.

23. Al-Inshiqaq

Al-Inshiqaq artinya Hari Terbelahnya. Nama ini sering digunakan sebagai sinonim dari Al-Infitar. Ini adalah momen ketika langit dan bumi akan terbelah oleh Allah SWT.

Pos Terkait:  Shalat di Raudhah Nabi Muhammad SAW

24. An-Naba’

An-Naba’ artinya Kabar Gembira. Nama ini merujuk pada momen ketika manusia akan mendapatkan kabar gembira atau kabar buruk tentang nasib mereka di akhirat. Semua manusia akan menyadari bahwa mereka harus mempersiapkan diri untuk menghadap Allah SWT.

25. Al-Mursalaat

Al-Mursalaat artinya Hari Terbang. Nama ini sering digunakan sebagai sinonim dari Al-Mursalat. Ini adalah momen ketika malaikat akan terbang ke seluruh penjuru dunia untuk memanggil manusia ke hadapan Allah SWT.

26. Al-Qariah

Al-Qariah artinya Hari Kiamat. Nama ini sering digunakan sebagai sinonim dari Al-Ghashiyah. Ini adalah momen ketika bumi akan berguncang dengan hebat.

27. Al-Qamar

Al-Qamar artinya Hari Bulan. Nama ini merujuk pada momen ketika bulan akan terbelah menjadi dua oleh Allah SWT. Semua manusia akan menyadari bahwa hari kiamat sudah tiba dan mereka harus mempersiapkan diri untuk menghadap Allah SWT.

28. Al-Munafiqun

Al-Munafiqun artinya Orang Munafik. Nama ini merujuk pada momen ketika manusia akan dihakimi atas segala perbuatan buruk yang mereka lakukan di dunia. Semua manusia akan menyadari bahwa hanya mereka yang beriman dan beramal saleh yang akan diselamatkan di hari kiamat.

29. Al-Adzariyat

Al-Adzariyat artinya Angin yang Menerbangkan. Nama ini merujuk pada momen ketika manusia akan dihakimi atas segala perbuatan buruk yang mereka lakukan di dunia. Semua manusia akan menyadari bahwa hanya mereka yang beriman dan beramal saleh yang akan diselamatkan di hari kiamat.

30. Al-Hakumut Takathur

Al-Hakumut Takathur artinya Persaingan Dunia. Nama ini merujuk pada momen ketika manusia akan dihakimi atas segala perbuatan buruk yang mereka lakukan di dunia. Semua manusia akan menyadari bahwa hanya mereka yang beriman dan beramal saleh yang akan diselamatkan di hari kiamat.

Kesimpulan

Itulah beberapa nama lain hari kiamat dalam Al-Quran. Semua nama tersebut menggambarkan momen penting yang akan datang bagi setiap manusia. Kita harus mempersiapkan diri dengan baik untuk menghadapi hari kiamat dan berusaha untuk selalu beriman dan beramal saleh. Semoga Allah SWT selalu memberikan kita petunjuk yang benar dan mengampuni segala dosa-dosa kita.