Bolehkah Shalat Qabliyah Maghrib?

Posted on

Shalat merupakan salah satu rukun Islam yang wajib dilakukan oleh setiap umat Muslim. Shalat sendiri terdiri dari lima waktu yang telah ditentukan oleh agama Islam. Salah satu waktu shalat yang terpenting adalah shalat Maghrib. Namun, seringkali kita mendengar pertanyaan apakah boleh melakukan shalat qabliyah Maghrib? Berikut penjelasan tentang shalat qabliyah Maghrib.

Apa itu Shalat Qabliyah?

Shalat qabliyah adalah shalat sunnah yang dilakukan sebelum melakukan shalat fardhu. Shalat qabliyah ini termasuk dalam shalat sunnah muakkad, yaitu shalat sunnah yang sangat dianjurkan untuk dilakukan.

Shalat Qabliyah Maghrib

Shalat qabliyah Maghrib biasanya dilakukan sekitar 10 hingga 15 menit sebelum waktu Maghrib tiba. Shalat qabliyah Maghrib ini dilakukan dengan empat rakaat, dan setiap rakaat terdiri dari dua kali salam. Shalat qabliyah Maghrib ini termasuk dalam shalat sunnah muakkad yang sangat dianjurkan untuk dilakukan.

Bolehkah Melakukan Shalat Qabliyah Maghrib?

Menurut pandangan mayoritas ulama, shalat qabliyah Maghrib boleh dilakukan. Hal ini berdasarkan hadis yang diriwayatkan oleh Abu Daud dari Ibnu Umar ra, bahwa Rasulullah SAW sering melakukan shalat qabliyah Maghrib. Namun, ada juga pendapat yang mengatakan bahwa melakukan shalat qabliyah Maghrib tidak dianjurkan karena dapat mengganggu waktu persiapan makan dan minum untuk berbuka puasa.

Pos Terkait:  Pengertian Hukum Taklifi dan Hukum Wadhi

Keutamaan Shalat Qabliyah Maghrib

Shalat qabliyah Maghrib memiliki banyak keutamaan bagi yang melakukannya. Beberapa keutamaan dari shalat qabliyah Maghrib adalah sebagai berikut:

  • Mendapatkan pahala yang besar dari Allah SWT
  • Menjadi kebiasaan yang baik dalam menjalankan ibadah shalat
  • Meningkatkan kualitas shalat fardhu Maghrib
  • Mendapatkan pahala yang berlipat ganda karena dilakukan sebelum waktu shalat fardhu
  • Menjauhkan diri dari godaan setan

Cara Melakukan Shalat Qabliyah Maghrib

Berikut adalah cara melakukan shalat qabliyah Maghrib:

  1. Membaca niat shalat sunnah qabliyah Maghrib
  2. Membaca doa iftitah
  3. Mengerjakan empat rakaat shalat dengan dua kali salam di setiap rakaatnya
  4. Membaca tasyahhud akhir dan salam
  5. Membaca doa setelah salam

Kesimpulan

Shalat qabliyah Maghrib adalah shalat sunnah yang sangat dianjurkan untuk dilakukan. Dalam melakukan shalat qabliyah Maghrib, kita harus mengikuti tata cara yang benar agar mendapatkan pahala yang besar dari Allah SWT. Meskipun ada beberapa pendapat yang mengatakan bahwa melakukan shalat qabliyah Maghrib tidak dianjurkan, namun mayoritas ulama mengatakan bahwa shalat qabliyah Maghrib boleh dilakukan.

Pos Terkait:  Arti yang Terkandung dalam Keluarga