Umum

Bacaan Sholat Isya: Panduan Lengkap untuk Sholat Malam

×

Bacaan Sholat Isya: Panduan Lengkap untuk Sholat Malam

Share this article

Sholat Isya merupakan salah satu sholat malam yang sangat diutamakan dalam Islam. Sholat ini dilakukan setelah sholat Maghrib dan sebelum sholat Subuh. Sholat Isya memiliki bacaan yang berbeda dengan sholat lainnya. Berikut ini adalah panduan lengkap mengenai bacaan sholat Isya.

1. Niat Sholat Isya

Sebelum memulai sholat Isya, hendaknya membuat niat terlebih dahulu. Niat sholat Isya dapat dilakukan dengan ucapan, “Aku niat sholat Isya dua rakaat karena Allah ta’ala”. Niat sholat harus dilakukan dengan sungguh-sungguh dan ikhlas.

2. Takbiratul ihram

Setelah membuat niat, lakukanlah takbiratul ihram. Takbiratul ihram dilakukan dengan mengangkat kedua tangan sejajar dengan bahu, kemudian ucapkan takbir berikut ini: “Allahu Akbar”.

3. Membaca Doa Iftitah

Setelah melakukan takbiratul ihram, membaca doa iftitah merupakan langkah selanjutnya. Doa iftitah dapat dibaca dengan lafadz berikut: “Subhanakallahumma wa bihamdika wa tabarakasmuka wa ta’ala jadduka wa la ilaha ghairuk.”

Pos Terkait:  Hukum Melihat Aurat: Pandangan Agama dan Adab dalam Berpakaian

4. Membaca Surat Al-Fatihah

Setelah membaca doa iftitah, maka bacaan selanjutnya adalah membaca surat Al-Fatihah. Surat Al-Fatihah merupakan surat yang wajib dibaca dalam setiap sholat. Bacalah surat ini dengan khusyuk dan tajwid yang baik.

5. Membaca Surat Al-Ikhlas

Setelah membaca surat Al-Fatihah, maka bacalah surat Al-Ikhlas. Surat Al-Ikhlas merupakan surat yang pendek namun memiliki makna yang dalam. Bacalah surat ini dengan tajwid yang baik.

6. Rukuk

Setelah membaca surat Al-Ikhlas, maka lakukanlah rukuk. Rukuk dilakukan dengan membungkukkan badan dan meletakkan kedua tangan di atas lutut. Selama rukuk, bacalah doa berikut: “Subhanallahil adzim.”

7. I’tidal

Setelah rukuk, maka lakukanlah i’tidal. I’tidal dilakukan dengan berdiri kembali dan mengangkat kedua tangan sejajar dengan bahu. Selama i’tidal, bacalah doa berikut: “Sami’allahu liman hamidah, rabbana wa lakal hamd.”

8. Sujud Pertama

Setelah i’tidal, maka lakukanlah sujud pertama. Sujud pertama dilakukan dengan meletakkan dahi, hidung, kedua tangan, lutut, dan ujung kaki di atas lantai. Selama sujud pertama, bacalah doa berikut: “Subhanallahil a’la.”

9. Duduk Antara Dua Sujud

Setelah sujud pertama, maka lakukanlah duduk antara dua sujud. Duduk antara dua sujud dilakukan dengan duduk bersila dan meletakkan kedua tangan di atas lutut. Selama duduk antara dua sujud, bacalah doa berikut: “Rabbighfirli, warhamni, wajburni, warfa’ni, warzuqni.”

10. Sujud Kedua

Setelah duduk antara dua sujud, maka lakukanlah sujud kedua. Sujud kedua dilakukan dengan meletakkan dahi, hidung, kedua tangan, lutut, dan ujung kaki di atas lantai. Selama sujud kedua, bacalah doa berikut: “Subhanallahil a’la.”

11. Duduk Tawarruk

Setelah sujud kedua, maka lakukanlah duduk tawarruk. Duduk tawarruk dilakukan dengan duduk bersila dan meletakkan tangan kanan di atas paha kanan dan tangan kiri di atas paha kiri. Selama duduk tawarruk, bacalah doa berikut: “Allahumma ighfirli warhamni wajburni wahdini warzuqni.”

Pos Terkait:  Soal Ujian Semester Ganjil SKI Kelas

12. Tasyahud Awal

Setelah duduk tawarruk, maka lakukanlah tasyahud awal. Tasyahud awal dilakukan dengan duduk bersila dan mengangkat jari telunjuk tangan kanan sambil membaca syahadat berikut: “Ashhadu an la ilaha illallah, wa ashhadu anna Muhammadan Rasulullah.”

13. Salam ke Kanan

Setelah tasyahud awal, maka lakukanlah salam ke kanan dengan mengucapkan salam berikut: “Assalamu’alaikum wa rahmatullah.”

14. Tasyahud Akhir

Setelah salam ke kanan, maka lakukanlah tasyahud akhir. Tasyahud akhir dilakukan dengan duduk bersila dan mengangkat jari telunjuk tangan kanan sambil membaca syahadat berikut: “Ashhadu an la ilaha illallah, wa ashhadu anna Muhammadan Rasulullah.”

15. Salam ke Kiri

Setelah tasyahud akhir, maka lakukanlah salam ke kiri dengan mengucapkan salam berikut: “Assalamu’alaikum wa rahmatullah.”

16. Rakaat Kedua

Setelah salam ke kiri, maka lakukanlah rakaat kedua dengan melakukan langkah-langkah seperti pada rakaat pertama. Namun pada rakaat kedua, bacalah surat Al-Fatihah dan surat pendek lainnya setelah membaca Al-Fatihah.

17. Rukuk

Setelah membaca surat pendek pada rakaat kedua, maka lakukanlah rukuk seperti pada rakaat pertama.

18. I’tidal

Setelah rukuk, maka lakukanlah i’tidal seperti pada rakaat pertama.

19. Sujud Pertama

Setelah i’tidal, maka lakukanlah sujud pertama seperti pada rakaat pertama.

20. Duduk Antara Dua Sujud

Setelah sujud pertama, maka lakukanlah duduk antara dua sujud seperti pada rakaat pertama.

Pos Terkait:  Saudariku Ayo Pahami Macam-Macam Zina yang Lain

21. Sujud Kedua

Setelah duduk antara dua sujud, maka lakukanlah sujud kedua seperti pada rakaat pertama.

22. Duduk Tawarruk

Setelah sujud kedua, maka lakukanlah duduk tawarruk seperti pada rakaat pertama.

23. Tasyahud Awal

Setelah duduk tawarruk, maka lakukanlah tasyahud awal seperti pada rakaat pertama.

24. Salam ke Kanan

Setelah tasyahud awal, maka lakukanlah salam ke kanan seperti pada rakaat pertama.

25. Tasyahud Akhir

Setelah salam ke kanan, maka lakukanlah tasyahud akhir seperti pada rakaat pertama.

26. Salam ke Kiri

Setelah tasyahud akhir, maka lakukanlah salam ke kiri seperti pada rakaat pertama.

27. Doa Setelah Sholat

Setelah menyelesaikan sholat Isya, bacalah doa setelah sholat berikut: “Subhanallah, walhamdulillah, wala ilaha illallah, wallahu akbar.”

28. Dzikir Setelah Sholat

Setelah membaca doa setelah sholat, maka lakukanlah dzikir setelah sholat. Dzikir setelah sholat dapat berupa membaca tasbih, tahmid, takbir, tahlil, atau istighfar. Bacalah dzikir ini dengan khusyuk dan ikhlas.

29. Keutamaan Sholat Isya

Sholat Isya memiliki keutamaan yang sangat besar di dalam Islam. Sholat Isya dapat menambah keimanan dan ketakwaan kepada Allah ta’ala. Selain itu, sholat Isya juga dapat menjadi penghapus dosa-dosa yang telah dilakukan sebelumnya.

30. Kesimpulan

Dalam melaksanakan sholat Isya, hendaknya dilakukan dengan khusyuk dan ikhlas. Bacalah bacaan sholat Isya dengan tajwid yang baik dan benar. Selain itu, jangan lupa untuk membaca doa-doa dan dzikir setelah sholat. Semoga sholat Isya kita diterima oleh Allah ta’ala dan menjadi amal yang bermanfaat bagi kita di dunia dan akhirat. Aamiin.